OOTD atau outfit of the day saat ini sudah kerap banget kita temui di sosial media, baik itu Instagram, Facebook, Path, Twitter, dan sebagainya. Pemuda atau pemudi yang melakukan aktifitas pemotretan dengan tujuan menampilkan busana yang mereka pakai kemudian mengunggahnya di akun sosial media dianggap sebagai tren yang semakin melonjak dari waktu ke waktu. Sebuah foto OOTD secara umum dinilai baik jika meliputi kriteria ini: hasil foto jelas, pencahayaan bagus, dan pakaian yang dikenakan terlihat menarik.

Memang, hasil foto yang profesional akan mudah didapatkan jika kameramu tipe semacam DSLR atau mirrorless. Namun tak perlu khawatir bagi kamu yang hanya menggunakan kamera smartphone. Karena saat ini teknologi kamera smartphone sudah semakin canggih. Dengan trik yang tepat, kamera smartphone kamu nggak kalah kok, dengan kamera canggih nan mahal. Nah khusus untuk kamu yang doyan OOTD, Hipwee Style khusus sediakan bermacam tips berfoto menggunakan kamera smartphone. Simak yuk.

1. Apapun kamera yang kamu pakai, pelajarilah komposisi foto yang baik agar hasilnya lebih enak dilihat

Contoh belajar komposisi via www.picmonkey.com

Komposisi adalah teknik penempatan point of view dari sebuah foto. Dalam hal ini, komposisi sangat bepengaruh pada hasil akhir dari foto tersebut. Sebagus apapun kameramu, kalau teknik pengambilan fotomu tidak melibatkan komposisi, maka dapat berpengaruh terhadap kualitas estetik yang ditimbulkan.

Ada banyak teknik penempatan komposisi. Salah satu yang cukup dikenal adalah third-zone. Yaitu menempatkan posisi poin menarik dari sebuah foto pada titik-titik yang disusun dari grid third-zone. Pokoknya nggak rugi deh, belajar komposisi foto.

Video tutorial tentang komposisi foto dapat disimak di sini

2. Salah satu kunci mendapatkan foto yang bagus adalah dengan mengambil banyak foto. Berfotolah yang banyak sampai menemukan satu yang terbaik. Sabar….

Ambil banyak foto via www.fashionforwardtrends.com

Sudah menjadi kebiasaan wajib, bahwa untuk mendapatkan foto yang bagus, kita harus mengambil banyak-banyak foto. Apalagi kalau cewek, berdasarkan survei kecil-kecilan, perbandingan foto yang diambil vs foto yang bagus bagi seorang cewek bisa 10:1. Artinya dari sepuluh foto yang diambil, hanya satu foto yang benar-benar bagus. Oleh karena itu, jangan malas-malas untuk mengambil banyak foto ya? Untuk mendapatkan foto yang bagus memang butuh usaha.

3. Supaya efektif, cobalah beberapa variasi pose. Bisa jadi pose yang terlihat ‘nggak sengaja’ malah jadi foto yang bagus, kan?

Pose mana yang bikin kamu paling cakep? Harus tau dong via s-media-cache-ak0.pinimg.com

Masih berkaitan dengan hasil foto, cobalah melakukan variasi pose. Misal satunya pose tersenyum, satunya candid, lakukan dalam beberapa pose sampai kamu mendapatkan hasil paling menarik. Tidak hanya wajah saja, pose badan juga perlu divariasikan agar pilihan foto terbaik makin banyak. Kita nggak tau kan, pose mana yang memberikan momen yang tepat untuk mendapatkan hasil yang bagus?

4. Pahami komposisi wajah kamu. Terutama angle yang membuatmu terlihat paling menarik

Komposit membuatmu tau angle terbaik via i.ytimg.com

Nah, untuk kamu yang gemar selfie, ada untungnya lho. Ketika kita sering berkaca dan melakukan potret diri (baca: selfie), lama kelamaan kamu akan paham angle terbaik dari wajah atau tubuhmu. Inilah yang dinamakan komposit foto. Kenapa seseorang bisa dikatakan fotogenic? Penyebabnya adalah mereka sudah mengetahui teknik komposit ini, sehingga bisa langsung memposisikan diri menjadi pose yang paling menarik saat difoto.

5. Jika sesi foto yang kamu lakukan menggunakan lampu flash, jangan gunakan sunscreen di makeup kamu ya

Efek sunscreen di kamera via beautyntea.com

Tahukah kamu, bahwa pemakaian sunscreen atau sunblock dapat menghasilkan efek whitecast pada foto? Yeah, penjelasan ilmiahnya adalah sunscreen mengandung bahan pemantul cahaya (namanya saja sunscreen), yang mengakibatkan jika kamu berfoto menggunakan flash, hasilnya malah jadi whitecast. Whitecast adalah munculnya semacam bercak putih di wajah di hasil foto. Padahal jika dilihat langsung ke kulit, tidak ada sama sekali.

6. Ajak teman yang punya selera fotografi mirip denganmu. Makin rame, makin seru. Makin mudah menyatukan pendapat juga

Punya partner fotografi via meaganbakerphotography.com

Pentingnya membawa teman adalah: dia yang suruh motoin. Hehe. Makin asyik kalau temanmu itu punya hobi yang sama utuk OOTD. Lebih asyik lagi kalau selera fotografi dia hampir sama seperti kamu. Kalian bisa saling foto deh. Kan cuma pakai smartphone, sehingga tidak butuh properti yang berat-berat.

7. Perhatikan detail busana yang ingin kamu perlihatkan. Pastikan detail itu menjadi pusat perhatian

Apa bagian paling menarik di busana kamu? Hijab? Pita? Atau sekedar bordiran di pagian pinggang? Jangan ragu untuk memusatkan perhatian fotomu ke bagian-bagian itu. Detail kecil dari sebuah busana itu sangat berpengaruh lho. Bahkan seandainya kamu sedang ogah foto full badan, kamu bisa cukup memotret bagian detail itu saja sudah cantik kok.

8. Pilih background yang tidak begitu ramai, agar fokus bisa langsung ke kamu dan busanamu.

Sesuaikan dengan background via cdnlava360.saturn.netdna-cdn.com

Ingat, kamu mau foto OOTD, bukan foto pemandangan alam yang ada kamunya. Jika fokus yang kamu inginkan adalah menonjolkan busana yang kamu kenakan, ada baiknya bijak dalam memilih background foto. Atau kalau kamu lebih jeli sedikit, buatlah fokus kamera mengarah ke kamu agar background tidak menganggu

9. Jelilah dalam menentukan cahaya penerangan untuk foto. Cahaya alami tentu lebih baik

Manfaatkan cahaya alami via cdnlava360.saturn.netdna-cdn.com

Cahaya adalah hal yang penting dalam foto OOTD. Cahaya alami alias matahari tentu menjadi pilihan utama. Berfotolah ketika cahaya sedang bagus-bagusnya yaitu ketika pagi setelah matahari agak naik, atau sore hari ketika matahari mulai turun. Ambil gambar dengan cara menghadap arah datangnya cahaya. Dengan demikian, kamera smartphone kamu akan lebih maksimal dalam mengambil gambar.

10. Yang paling penting, pilihlah kamera dengan fitur yang bagus seperti Samsung Galaxy A (2016)

Samsung Galaxy A (2016) adalah smartphone yang dilengkapi dengan fitur kamera canggih. Dengan kamera belakang berukuran 13 Mega Pixel dan kamera depan 5 Mega Pixel, niscaya aktifitas foto OOTD kamu akan semakin ciamik. Dan dengan lensa F1.9, hasil foto kamu dijamin maksimal biarpun minim cahaya. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan slot memori yang mampu menampung sampai 128 GB. Wah, ini ponsel atau harddiskya? Maka dari itu, kamu nggak perlu khawatir dengan kapasitas memori meskipun foto yang kamu ambil sangat banyak.

Nah, sudahkah kamu OOTD hari ini?