Bagi sebagian besar cewek, rambut membawa peran besar dalam hal penampilan. Tatanan rambut pun memberi pengaruh besar dalam kesna pertama dalam pertemanan atau pekerjaan. Pun untuk yang berhijab, rambut tetap menjadi prioritas teratas untuk merawatnya. Malah, butuh perawatan ekstra agar rambut lebih sehat dalam keadaan tertutupi oleh hijab.

Saat sedang di rumah, tak jarang gerah mendera. Kamu pun jangan sampai terlalu asik dibuat mager untuk menata rambutmu. Dengan sisir dan kelihaian tangan, rambutmu bisa tetap rapi walau terasa gerah di dalam rumah. Pun ketika akan kamu tata sebelum pergi keluar, bisa diandalkan. Tips ini juga bisa dicoba untuk ukhti yang berhijab saat santai-santai sendiri di dalam rumah. Selamat mencoba untuk kerapihan yang gampang dicoba ini, girls!

1.  Cepolan messy yang berantakan ini mudah banget dicoba di rambut. Cukup putar-putar lalu karetin biar ga lepas

Acak-acakan tapi wajib dicoba! via weheartit.com

Untukmu yang berambut panjang, banyak sekali tatanan rambut yang bisa kamu coba untuk mencoba variasi baru. Mencepol rambut pun bisa jadi walau kamu membuat secara asal-asalan. Tapi, hasilnya nggak kalah rapi dan buat kamu menawan kok. Yang lebih lagi, kamu nggak akan perlu merasakan gerah berkepanjangan saat bersantai di dalam rumah.

Cara untuk membuat cepolan ini bisa dibilang mudah. Sisir atau rapikan dengan jari rambut panjangmu, setelah itu putar-putar supaya tidak mudah terlepas saat diikat. Setelah terpelintir secara sempurna, kamu bisa bentuk bulatan spiral dan merekatkannya dengan karet. Taraaaa! Rambutmu bisa terkuncir sempurna. Terlihat messy tapi tetap bisa diandalkan dan mudah, kan?

2. Siapkan bun kecil dan kuncir kuda, cepolan rapi nan cantik ini bisa kamu dapatkan segera!

Advertisement

Siapkan bun gede dulu via www.styleoholic.com

Saat di rumah, mungkin kamu ingin mencoba tatanan rambut baru, walaupun hanya berdasarkan iseng belaka. Rambut panjangmu pun bisa disulap menjadi lebih rapi haya dengan sebuah bun kecil. Pun langkahnya mudah diikuti.

  • Pertama, bagi rambutmu menjadi tiga bagian. Buat kuncir kepang kuda di bagian tengahnya.
  • Pasang bun berukuran kecil atau sedang di kuncir kudamu tadi. Perlahan masukkan rambut yang terurai untuk menutupi bun-nya.
  • Bagian kanan dan kirinya, bisa kamu selipkan melingkari bun untuk membuat bagian belakang lebih rapi.

Nah, tak hanya bisa tampil lebih fresh, rambutmu bisa jadi lebih enak dipandang dan rapi, kan?

3. Sebenarnya, cepol ala pramugari bisa kamu praktekkan sendiri, lho. Berbekal bobby pin sudah cukup!

Jepit memang jadi penyelamat via www.everafterguide.com

Tatanan rambut kakak-kakak pramugari kadang cukup merarik perhatian. Tetap rapi dengan cepolan yang terlihat susah, bikin kamu makin penasaran dan ingin bisa bikin cepolan kayak gitu. Ternyata, kamu juga bisa mempraktekkan cepolan ini dalam waktu singkat lho.

  • Kepang semua rambutmu jadi satu. Di dekat karet kunciranmu, belah sedikit. Setelah itu, masukkan semua rambutmu yang sudah dikuncir tadi di dalamnya.
  • Gulung ke dalam dan rapikan. Pakai jepit hitam atau bobby pin supaya rambutnya tidak mudah lepas.

Mudah kan? Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu untuk merapikan dengan sisir atau tangan. Gerah sudah tak terasa lagi!

4. Iseng-iseng melilitkan rambut panjangmu, akan tercipta cepolan sederhana yang nggak bikin kamu menyesal

Gulung-gulung via www.everafterguide.com

Berbahagialah kalau kamu memiliki rambut panjang. Mau bikin cepolan nggak akan dibuat ribet. Coba saja pelintir rambutmu sampai ke ujung, setelah itu lilitkan dan tali dengan karet. Viola! Ternyata semudah itu ya menghindari gerah dan bikin rambut rapi dalam sekejap.

5. Berawal dari kuncir kuda, cepolan tinggi bisa jadi andalan saat kamu buru-buru harus pergi ke kondangan

Anti gerah via id.pinterest.com

Membuat cepolan sederhana dan tinggi, semua bisa berawal dari kepang kuda sederhana lho. Setelah itu, yang kamu butuhkan adalah bun berukuran besar, atau jika tidak punya kamu bisa pakai karet besar. Pasang di kuncir kudamu, lalu ratakan rambutnya untuk menutupi bun-nya. Agar lebih apik hasilnya, sisa rambutnya bisa kamu jadikan kepang untuk dililitkan. Nah, bisa kamu andalkan buat pergi ke kondangan mendadak kan?

6. Untuk rambut yang panjangnya tanggung sebahu, bikin cepolan bukan sekadar jadi angan-angan. Siapkan jepit rambut saja

Ala pramugari~ via www.gurl.com

Punya rambut yang panjangnya nanggung sebahu, nggak selamanya merepotkan kok. Bahkan untuk bisa dibikin cepolan, sudah tak lagi sekadar harap. Biar gerah tak lagi menyerang sambil mengisi waktu luang ketika di rumah, kamu bisa ikuti langkah-langkah sederhana ini.

  • Sisihkan sebagian rambut di kanan kiri dekat telinga. Kuncir kuda rapi sisa rambut lainnya,
  • Buat plintiran di bagian kanan kirinya dan menjepitnya di bagian tengah belakang rambut.
  • Di kunciran kuda, belah sedikit untuk memasukkan sisa rambutnya ke dalam, termasuk lilitan yang sudah ada.
  • Terakhir, kamu hanya perlu merapikannya dengan sisir atau tangan.

Asal tanganmu mau belajar buat lebih lihai bereksperimen dengan rambut, bisa kok!

7. Kepang dua memang mengingatkan masa-masa SD, tapi bisa tercipta cepolan yang nggak kalau apik

Tinggal set set set! via alittlesliceof.blogspot.co.id

Kalau kamu melihat adek-adek SD yang lagi kegandrungan dengan kepang dua, menyenangkan memang sambil bernostalgia. Asal kamu tahu, dengan kepangan sederhana ini bisa tercipta. Lilitkan saja dengan karet atau bobby pin. Solusi terbaik sudah bisa didapat, kan?

8. Ternyata rambut juga bisa dibikin simpul. Jepit akan jadi pelengkap dan penyelamatmu!

Nggak butuh waktu lama, kan? via www.lovethispic.com

Jika mendengar kata simpul, yang ada di pikiranmu pasti tidak jauh-jauh dari tali. Memang, tali bisa disimpul dengan mudah. Tapi, rambutmu pun juga bisa dicepol dengan ikatan dasar simpul, lho. Awalnya, kamu hanya perlu membagi rambutmu jadi dia bagian. Dari bagian tersebut, kamu buat simpul seperti biasa. Setelahnya, kamu hanya perlu melilitkan supaya tidak terlalu besar. Untuk mengakhiri cepola sederhana ini, jepit hitam bisa jadi penyelamat rambutmu dari rasa gerah yang menyerang secara mendadak!

9. Cepolan ber-volume bisa didapat seperti teknik sederhana rambut kakak-kakak Pramugari. Asal rambutmu panjang, akan terasa lebih gampang

Coba contek bisa apa nggak? via yogabycandace.com

Kadang, cepolan bisa juga dibikin yang bervolume. Tenang, kamu nggak perlu menyasak rambutmu–yang notabene dibenci oleh sebagian besar wanita. Dengan langkah yang sama seperti cepolan kakak-kakak pramugari, yang bikin beda adalah teknik memasukkan rambut ke dalamya. Yaitu jangan memasukan semua ke dalam, cukup sedikit saja. Itu yang akan memberikan kesan berisi di cepolanmu. Mau mencoba?

10. Cepolan tinggi bikin kamu terlihat rapi maksimal. Semudah memutar-mutar dan mengikatnya dengan karet saja, kok

Seperti membuat cepol biasa, cepolan yang lebih tinggi nggak akan bikin kamu makin kurang kok level kekeceannya. Kamu hanya berbekal memutar-mutar rambutmu supaya lebih rapi dan nggak ada helai yang tertinggal. Setelah itu, untuk lebih rekat kamu perlu menguncirnya menggunakan karet kecil. Tak ada alasan untuk tampil menarik dengan kadar kegerahan yang berkurang.

Nah, itu dia beberapa tips mudah untuk membuat cepolan sederhana yang bis amengurangi kadar gerah ketika sedang bersantai di rumah. Mana nih yang sering kamu pake cepolannya?