Wanita Indonesia di jaman dulu selalu identik dengan sanggul, terutama wanita Jawa. Tiada hari tanpa bersanggul, begitu katanya. Memang benar, kalau kita melihat foto-foto jadul wanita Indonesia era pasca-merdeka, hampir semua wanita memakai kebaya dan sanggul tradisional. Itu lho, sanggul yang cara pakainya harus disasak dulu terus dipasangi sanggul tambahan di bagian belakang. Kalau sekarang sanggul beginian lebih sering dipakai di acara pengantin, wanita jaman dulu memakainya setiap hari.

Sekarang, figur wanita berkebaya dan bersanggul makain jarang dilihat. Namun masih ada kok, cewek-cewek yang masih berdandan dengan gaya klasik nan timeless ini. Siapa saja, yuk simak.

Kebaya pink + sanggul tradisional dan selendang dihiasi dengan bros. Siap menjadi pusat perhatian pas kondangan. Jangan dress melulu dong

Kebaya biru donker berbahan brukat dipadu dengan sanggul sasak tradisional yang menawan. Siap diajak berkencan

Siapa tak terpesona dengan kebaya Kartini warna putih tulang ini? Sasakan dan giwangnya juga bikin mata menatap padamu, Mb

Berfoto dengan pasangan bertema tradisional? Kenapa enggak dicoba? Sesekali bosan dengan gaya modern itu sah-sah saja kok

Atau seperti ini. Kamu dan pasangan dijamin makin terlihat kece dan ningrat dengan gaya seperti ini

Atau menambahkan hiasan bunga emas di bagian sanggul tradisional yang kamu kenakan. Hmm, makin manis deh kamu

Memang sanggul tradisional ditata agak lama, kudu menyasak dulu dan membentuk sunggar seperti ini

Kebaya lurik dengan paduan sanggul tradisional begini, dipakai bareng pasangan buat prewedding. Dijamin fotomu akan terlihat beda!

Hari gini makin jarang lho yang kondangan pakai kebaya dan sanggul tradisional. Sesekali coba, berani?

Sanggul tradisional itu style yang cocok diterapkan model wajah apapun. Mau tirus atau tembem, tetap saja cantik

Kalau kamu menikah ntar, nggak ada salahnya ngedandanin brides-maid kamu dengan dandanan seperti ini

Kira-kira tampilan Mbak-mbak Jawa jaman dulu itu seperti ini. Gimana, cantik kan?

Kebaya hitam memang tak pernah gagal membuatmu makin mempesona. Yakin nggak mau coba?

Lalu, kondangan dengan kebaya biru tosca dan sanggul Jawa a la Mbak yang satu ini layak banget kamu coba lho

Foto session dengan temen satu geng dengan berbaju kebaya plus sanggul tradisional. Tradisi nggak selalu kuno

Nah, sudah tau kan, bagaimana kebaya dan sanggul tradisional versi modern nggak kalah cantik kan dengan model kebaya lain? Untukmu yang ingin melestarikan budaya, nggak ada salahnya lho, mengenakan busana ini dengan sanggul tradisional favoritmu. Cobain yuk.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya