Bisa tampil cantik nan serasi bersama teman-teman itu nyenengin, ya. Selain nambah kekompakan, kalian yang sedari dulu sudah berteman pastinya akan tampak lebih percaya diri kalau bisa pakai baju yang dirancang sendiri namun tetap menawan. Tidak harus semuanya kalian bikin kembaran, cukup beberapa busana formal yang biasa kalian pakai untuk kondangan atau ke pesta, kebaya contohnya.

“Karena baju atau jaket komunitas susah terlalu mainstream. Sudah saatnya kalian bikin kebaya-kebaya cantik dan bisa kembaran sama teman-teman.”

1. Kebaya peplum putih dan jarik coklat ini memang sederhana. Tapi takkan gagal membuat tampilan kalian makin mempesona.

warna putih nggak ada matinya @inspirasi.kebaya

warna putih nggak ada matinya @inspirasi.kebaya via instagram.com

Meski warnanya putih dan mirip sama mempelai pengantin, kebaya berbentuk peplum dengan jarik berwarna coklat ini terbukti masih banyak diminati. Coba gih…

2. Hitam itu gorgeous! Terbukti, jika dipadukan dengan jarik dan selendang songket supaya tambah bagus.

hitam dan songket, ulala ~

hitam dan songket, ulala ~ via instagram.com

Advertisement

“Warna hitam tak selalu menandakan suasana duka. Zaman sudah modern, pepaduan warna hitam justru membuatmu makin manis dan elegan.”

3. Biar kelihatan ke-Ibuan, nggak ada salahnya kalian coba kebaya beludru yang eksotis nan berkelas ini.

perpaduan beludru dan jarik tradisional, good! @kebaya_inspiration

perpaduan beludru dan jarik tradisional, good! @kebaya_inspiration via instagram.com

Atasan berbahan beludru yang dibentuk menyerupai kutu baru ini memang sedang tren akhir-akhir ini. Kamu pun bisa memadukan dengan jarik biasa atau songket, supaya makin berkelas dan enak dipandang.

4. Tidak harus polos dan biasa, kutu baru pun bisa dikreasikan dengan motif, warna dan corak tertentu. Yuk, coba!

kebaya kutu baru ngga harus polos! @inspirasi.kebaya

kebaya kutu baru ngga harus polos! @inspirasi.kebaya via instagram.com

“Jangan hanya ‘bergantung’ pada kebaya kutu baru polos yang biasa. Segera wujudkan imajinasimu dengan motif, warna dan corak yang apik agar berbeda dari biasanya. Bonusnya, kalian makin kompak deh!”

5. Ini nih, contoh lain dari kebaya kutu baru yang punya warna cerah namun tetap cocok dipakai buat kembaran.

terbukti, kutu baru bisa kalian kreasikan sedemikian rupa @inspirasi.kebaya

terbukti, kutu baru bisa kalian kreasikan sedemikian rupa @inspirasi.kebaya via instagram.com

Warna shocking pink-nya cantik, ya?

6. Pakai kebaya kutu baru warna kuning kombinasi merah? Siapa takut!

kutu baru kuning? siapa takut! @inspirasi.kebaya

kutu baru kuning? siapa takut! @inspirasi.kebaya via instagram.com

Ajaklah teman-temanmu untuk berani berkesplorasi dengan warna-warna cerah, seperti kuning yang dipadukan dengan merah pada kebaya kutu baru. Berani?

7. Selain kuning, kebaya berbahan renda dengan warna hijau juga takkan gagal mempercantik penampilan kalian. Nggak percaya?

selain kuning, hijau pun bisa @inspirasi.kebaya

selain kuning, hijau pun bisa @inspirasi.kebaya via instagram.com

Walau sudah tak begitu kekinian, warna hijau pada kebaya masih tetap bagus kok buat dipakai. Coba saja kalau nggak percaya.

8. Tambah modern dan kekinian dengan peplum kebaya warna ungu, yuk!

cantik dengan kebaya warna ungu @kebaya_inspiration

cantik dengan kebaya warna ungu @kebaya_inspiration via instagram.com

“Jika kamu dan teman-teman tidak berhijab, mendesain atasan kebaya dengan bentuk peplum yang dilengkapi dengan jarik tradisional akan membuat penampilan kalian makin dewasa.”

9. Kembali memanjakan para pecinta warna ungu, karena ada atasan kebaya ungu berenda dengan jarik tradisional ini.

kembali manjakan seleramu pada warna ungu! @kebaya_inspiration

kembali manjakan seleramu pada warna ungu! @kebaya_inspiration via instagram.com

Tak masalah kalau seleramu masih bertahan pada kebaya semi-modern yang bagian atasnya berwarna cerah, seperti ungu atau warna-warna berani lainnya. Sah-sah saja, kok.

10. Nggak melulu coklat, setelan jarik putih dan kebaya biru terang ini juga menandakan kalau kalian masih mencintai tradisi lokal.

kebaya tradisional warna biru! @kebaya_inspiration

kebaya tradisional warna biru! @kebaya_inspiration via instagram.com

Jarik kebaya itu nggak cuma coklat aja, lho. Ada juga warna putih atau hitam yang bisa kalian coba.

11. Layaknya gadis Jawa yang anggun, kebaya komunitas tradisional bermotif bunga ini sangat layak kamu dan teman-teman pratikkan.

kembali ke era gadis jawa @kebaya_inspiration

kembali ke era gadis jawa @kebaya_inspiration via instagram.com

Sedikit flashback ke era Ibu Kartini dan gadis-gadis Jawa yang masih sering mengenakan kebaya, kamu dan teman-teman juga bisa membuat setelan kebaya bermotif bunga dan potongan jarik yang tradisional namun tetap anggun ini.

12. Hmm… Kebaya tradisional itu memang nggak ada matinya!

atau yang ini nih... @kebaya_inspiration

atau yang ini nih… @kebaya_inspiration via instagram.com

13. Mumpung belum banyak yang pakai, yuk segera buat kebaya kembar yang didominasi warna abu-abu ini!

kebaya warna abu-abu? It's okay @inspirasi.kebaya

kebaya warna abu-abu? It’s okay @inspirasi.kebaya via instagram.com

Nggak cuma buat identitas pertemanan kalian saja, kebaya kembar atau komunitas berwarna abu-abu muda ini juga akan membuat penampilan kalian makin modis serta adem buat dilihat.

14. Supaya nggak bosan, mix and match kebaya & songket modern bernuansa full colour ini juga layak buat jadi bahan pertimbangan.

yuk tampil full colour! @inspirasi.kebaya

yuk tampil full colour! @inspirasi.kebaya via instagram.com

Memang tidak semua orang itu menyukai desain kebaya yang terlalu sedehana atau biasa saja. Untuk mengatasinya, coba deh kalian padukan kebaya modern berbahan kain songket yang mengandung banyak warna, tapi minim motif biar nggak terlalu ramai.

15. Kalian tipe cewek yang stylish? Kebaya modern berwarna biru keunguan ini bisa jadi acuan, demi menambah kekompakan.

birunya cakep, ya? @kebaya_inspiration

birunya cakep, ya? @kebaya_inspiration via instagram.com

Sebagai satu kelompok yang menjunjung tinggi arti berbusana yang stylish, kamu dan teman-teman layak mencoba atasan kebaya berwarna biru keunguan yang anti mainstream, lengkap dengan jarik putih bermotif tradisional ini. Tunggu apalagi, yuk praktik!

16. Biarpun berbeda warna, niat buat kembaran kebaya juga bisa direalisasikan asal bentuk dan coraknya sama. Kayak deretan kebaya pastel ini nih…

nggak usah kembar, yang penting senada @kebaya_inspiration

nggak usah kembar, yang penting senada @kebaya_inspiration via instagram.com

“Tak sama bukan berarti tak senada. Seperti kebaya pastel yang berbeda warna, namun punya bentuk dan corak yang sama.”

17. Dominasi warna pink nggak cuma cantik buat atasan aja, tapi jariknya juga.

dominasi warna pink, cakep uga! @inspirasi_kebaya

dominasi warna pink, cakep uga! @inspirasi_kebaya via instagram.com

Selain pada atasan kebayanya, warna pink yang terang ini juga bisa membuat jarik tradisionalmu makin aduhai, lho.

18. Pengen makin kompak tapi tetap kalem? Desain kebaya semi-modern dengan warna cream saja.

warna cream, cakeup! @kebaya_inspiration

warna cream, cakeup! @kebaya_inspiration via instagram.com

Warna-warna kebaya modern itu nggak cuma yang terang saja, tapi juga warna-warna kalem seperti coklat muda yang bisa kapan saja kalian coba.

Jadi, desain kebaya kembaran mana yang akan kamu dan teman-teman coba dulu? Tenang, semuanya bagus dan modis, kok! Good Luck 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya