“Pakai pashmina itu ribet, butuh banyak jarum pentul dan menyita waktu!”

“Aku baru mulai berhijab, pengen banget tahu gimana cara praktis pakai pashmina”

Kalimat di atas mungkin mewakili perasaan beberapa cewek berhijab yang terkendala saat memakai pashmina. Sekilas, hijab panjang yang sebenarnya praktis ini memang agak rumit pengaplikasiannya, apalagi bagi pemula. Tapi hal ini tidak akan menimpamu kalau kamu tahu cara-cara tepat memakai pashmina, dari mulai pemilihan bahan sampai pemasangan jarum pentul di posisi yang tepat.

Beginilah trik mudah memakai pashmina menurut Hipwee Style…

1. Agar lebih mudah pakai pashmina, pilihlah dalaman hijab berbentuk ciput ninja, bukan ciput biasa.

ciput ninja lebih dianjurkan via hipwee.com

Advertisement

Perbedaan ciput ninja dan ciput biasa terletak pada bentuk dan fungsinya bagi cewek-cewek berhijab. Jika ciput biasa hanya menutupi kepala hingga telinga, kalau ciput ninja bisa lebih praktis karena bisa covering sampai ke bagian leher bahkan pundak.

Tanpa harus pakai tutorial khusus, memakai ciput ninja sebelum pashmina hanya butuh satu langkah, yakni sekali lilit ke belakang sampai depan. Kamu juga tidak memerlukan banyak jarum pentul, karena kecil kemungkinan kalau pashminamu akan melorot atau lepas.

“Pipimu yang tembem juga bukan halangan, karena sekarang ada inovasi ciput ninja yang anti tembem (antem). Yeaaay!”

2. Pemilihan bahan pashmina juga jangan sembarangan. Pilih bahan-bahan kaku dan jatuh, seperti katun atau spandek. Dijamin makin gampang deh!

jenis pashmina yang disarankan buatmu via tokopedia.com

Sebagai pecinta hijab, kamu tentu paham berbagai macam bahan hijab yang tersedia di pasaran. Dari mulai yang licin, kaku, tebal sampai jatuh, mungkin sudah kamu hafal di luar kepala. Namun, ada beberapa bahan yang sebaiknya kamu hindari ketika ingin lebih nyaman pakai pashmina, yaitu bahan-bahan licin dan menerawang. Akan lebih baik kalau kamu pilih bahan kaku atau jatuh, supaya makin mempermudah.

Jika kamu kesusahan, berikut Hipwee Style sajikan tipe-tipe bahan pashmina yang layak kamu coba :

  • bahan kaku : katun atau denim
  • bahan jatuh : spandek, polyster atau kashmir.

Tidak perlu mahal, yang penting nyaman dan kamu tidak kerepotan ketika mengenakannya. Good luck!

3. Kalau kurang suka bahan-bahan kaku atau jatuh, memilih bahan yang licin pun tidak apa-apa. Asalkan kamu tahu caranya…

cara gampang pakai pashmina licin via aksesorisjilbabmurah.com

Selain wajib memakai dalam hijab saat memakai pashmina, memperhatikan tekstur bahan juga menjadi pekerjaan rumahmu selanjutnya. Ada beberapa hijabers yang lebih suka bahan-bahan licin seperti cerutty atau chiffon, karena mungkin lebih modis dan elegan. Jika kamu pun demikian, sah-sah saja asalkan tahu bagaimana cara terbaik memakainya.

“Kalau memakai pashmina berbahan licin, jangan sekali-kali tanpa dalaman hijab. Berikan jarum pentul di bagian atas dan samping hijab, supaya kamu terhindar dari kemelorotan hijab.”

4. Meski pemula, kamu juga berhak tampil lebih modis dengan pashmina. Ini beberapa tutorial mudahnya.

Tak butuh jarum pentul, hanya bermodal ciput ninja saja. Ini nih hasilnya…

tanpa jarum pentul via caraberhijab.com

Dengan melipat terlebih dahulu bagian atas pashmina katunmu, bentuk modis nan elegan seperti di atas akan sangat mudah kamu dapatkan. Tidak usah pakai jarum pentul, supaya kamu makin ahli dan senang pakai hijab, terutama pashmina.

Atau, kamu bisa merapikan kedua sisi pashmina dengan jarum pentul supaya lebih rapi.

rapikan dengan dua jarum pentul via inkmyfashion.blogspot.com

Supaya penampilanmu dengan pashmina jauh lebih rapi, kamu bisa mencontek tutorial ala Rani Hatta yang sederhana ini. Menyediakan dua jarum pentul dan disematkan pada kedua sisi hijab sebagai tahap awal, akan memudahkanmu ke tahap selanjutnya yang cukup sekali lilit ke belakang.

5. Pengen gampang memadukan hijab dan bajumu? Pilih saja pashmina polos atau minim motif.

biar lebih aman, pilih pashmina polos via remajaupdate.com

Jika kamu ingin mengambil jalan aman, ada trik khusus yaitu dengan memilih pashmina polos atau minim motif. Baju-baju model apapun juga akan tampak oke jika kamu padukan dengan pashmina polos atau bermotif sekalipun. Kalau kurang PD dengan yang polos, kamu bisa pakai alternatif lain yaitu dengan pashmina bermotif bunga, abstrak atau bergaris.

Sebaliknya, pashmina bermotif dengan baju yang polos…

sebaliknya, pashminanya bermotif via aplus-fashion.blogspot.com

Asalkan tidak terlalu ramai, pashmina bermotif juga apik untuk menunjang penampilan serta memudahkanmu dalam mix and match dengan baju.

Kunci supaya kamu lebih mudah pakai pashmina adalah, pilih bahan yang tepat. That’s it!