Merias bibir merupakan salah satu hal penting dalam berdandan, pun begitu dengan riasan mata. Kedua bagian wajah ini menjadi indikator yang digunakan untuk mengindetifikasikan apakah seorang cewek termasuk berdandan. Kamu baru dikatakan berdandan jika sudah melukis alis dan mewarnai bibir.

Riasan mata akan membuat matamu tampak lebih cantik dan indah. Selain melukis alis, ada cara lain untuk merias memepercantik tampilan mata, antara lain dengan mengaplikasikan eyeliner, eyeshadow atau maskara. Sayangnya, banyak cewek yang kesulitan untuk bisa merias mata menggunakan kombinasi alat make-up tersebut. Berikut Hipwee Style berikan tutorial untuk merias mata secara sederhana namun dengan hasil yang bikin penampilanmu kian cantik.

1. Untuk tampilan sehari-hari, gunakan eyeliner berwarna netral yang serasi dengan outfit apapun

Tampilan sehari-hari via www.youtube.com

Selain melukis alis, kamu bisa mengaplikasikan eyeliner berwarna netral seperti cokelat atau taupe agar tampilan mata terlihat lebih berdimensi. Gunakan spons yang kecil dan lebar dengan bulu yang halus dan tebal agar saat membaurkan eyeshadow bisa terlihat rapi dan nggak berantakan. Sapukan di kelopak mata, terutama di bagian lipatannya. Setelah itu baurkan sampai pada bagian atas kelopak mata dengan gradasi hingga eyeshadow nampak samar. Baru deh pakai eyeliner tipis-tipis untuk mempertegas kelopak mata.

2. Aplikasikan riasan smokey eyes untuk hang-out di malam hari demi kesan mata yang lebih dramatis

Smokey eyes via www.teenvogue.com

Advertisement

Nah, riasan mata ini cocok buatmu yang ingin menghadiri acara atau hang-out di malam hari dan perlu make-up yang lebih dramatis. Buatlah riasan smokey eyes menggunakan eyeshadow berwarna hitam, biru atau ungu. Bisa diaplikasikan seperti di seluruh kelopak mata atau di bagian lipatannya saja dengan membubuhkan warna shimmer silver pada bagian ujung kelopak mata supaya terlihat cantik. Jangan lupa aplikasikan juga eyeliner gelap tadi di bagian bawah kelopak mata untuk memberikan kesan kelopak mata yang lebih besar.

3. Biar nggak bosan, gunakan eyeliner berwarna untuk merias mata. Denger-denger memang lagi hits lagi lho!

dipoleskan di garis bawah mata via stylecaster.com

Ada beberapa eyeliner warna yang kurang mendapat perhatian, padahal bisa kamu gunakan untuk mempermanis tampilan wajah. Misalnya, bisa kamu aplikasikan di bagian waterline atau garis di bagian bawah mata. Kalau biasanya hanya pakai eyeliner hitam untuk kesan smokey, coba pakai eyeliner berwarna untuk memberi kesan yang berbeda. Jika kamu nggak ingin tampil terlalu berlebihan, gunakan dua warna eyeliner untuk dikombinasikan seperti hitam dan biru misalnya. Jika ingin mata terlihat lebih besar, pakai eyeliner warna putih atau nude di sepanjang waterline.

4. Atau, gunakan eyeliner warna terang sebagai pengganti eyeshadow. Pemakaiannya sederhana namun memberi statement yang tegas

Gunakan di sudut mata via www.beautyheaven.com.au

Beberapa eyeliner warna masih tergolong aman digunakan sebagai eyeshadow. Warna emas, ungu, dan hijau masih bisa digunakan sebagai pengganti eyeshadow jika kamu nggak ingi memulasnya di garis mata. Nggak perlu terlalu tebal, cukup gunakan tipis-tipis saja di kelopak mata atau bisa juga digunakan sebagai aksen tambahan di sudut luar mata. Jadi mirip ekornya eyeliner gitu deh, tapi berwarna. Lucu, ‘kan?

5. Gunakan eyeshadow dengan shimmer untuk menghadiri acara-acara tertentu seperti kondangan, misalnya

Untuk acara formal via www.lorealparisusa.com

Untuk menghadiri acara-acara formal dan penting seperti momen wisuda atau datang ke resepsi pernikahan, kamu perlu riasan mata yang lebih in dan manis. Pilih saja shimmery eyeshadow warna gold, silver, atau rose gold. Baurkan di bagian kelopak mata, lalu blend dengan warna transisi yang cocok dengan warna kulit aslimu. Jika ingin tampilan matamu terlihat lebih berdimensi, baurkan eyeliner warna gelap di bagian luar mata. Setelah itu tinggal aplikasikan eyeliner di garis mata dan pakai maskara deh!

Kelihatannya memang ribet sih, tapi kalau kamu mau mencoba, merias mata nggak akan sesulit yang dibayangkan kok. Yuk, belajar dari sekarang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya