Mata besar atau belo adalah mata yang paling cantik buat banyak orang Indonesia. Kesan cute dan ekspresif kerap disematkan pada pemiliknya. Buat cewek bermata besar sendiri, fitur wajah mereka termasuk anugerah karena makin terlihat bagus jika didandani.

Tapi nggak semua dari kita cukup beruntung dianugerahi sepasang mata yang belo alami. Nah, buat kamu yang memiliki mata mungil, kamu bisa membuat fitur wajahmu tersebut terlihat lebih besar dengan sedikit makeup di daerah sekitar mata.

4 trik sederhana ini sudah cukup kok untuk membuat mata mungilmu lebih menarik perhatian. Simak yuk apa saja triknya!

1. Matamu bisa terlihat lebih besar dengan alis yang terawat atau dibentuk rapi

membuat alis yang rapi via www.preen.me

Sebelum mengaplikasikan makeup yang bisa membuat matamu lebih menonjol, pastikanlah kedua alismu sudah dirapikan. Alis yang rapi otomatis akan menarik perhatian orang pada bagian atas wajahmu dan kedua matamu. Untuk merapikannya, kalau alismu tebal, cabutlah sehingga bisa membingkai wajahmu dengan baik. Jangan sampai ada bulu halus di bagian bawah alis karena ini akan mengalihkan pandangan orang dari kelopak matamu, membuatnya tampak lebih kecil. Rapikan juga bulu halus di bagian atas alis, karena kalau tidak, penampilanmu akan terlihat berantakan.

Advertisement

Sementara jika alismu tipis sampai tak terlihat di kamera, kamu bisa membentuknya jadi cantik dengan pensil alis atau gel alis. Pastinya bentuk alis yang sesuai untukmu akan tergantung dari bentuk wajah alamimu. Nah, supaya alismu bisa terbentuk dengan sesuai, ikuti saja tutorialnya di artikel ini.

2. Eyeshadow warna lembut dan cerah bisa memberi efek belo pada matamu

Oleskan eyeshadow yang berwarna cerah via www.dailymotion.com

Poleskanlah eyeshadow berwarna cerah seperti lavender, krem, dan cokelat muda di daerah kelopak mata. Di bagian atasnya, poleskan warna berbeda yang sedikit lebih tua. Agar makeup bisa memberi ilusi bahwa matamu besar dan “dalam”, sapukan warna eyeshadow yang lebih tua hingga garisnya membentuk huruf “V” di pojok kedua mata (lihat gambar di atas). Ini adalah trik klasik untuk membuat matamu lebih menonjol.

Oh iya, agar eyeshadow-mu bertahan lama, sebelumnya oleskan base atau primer yang sesuai dengan kondisi kulitmu ya. Kamu juga bisa mengoleskan eyeshadow dalam beberapa layer agar warnanya bertahan seharian.

3. Cobalah pelajari cara membuat winged eyeliner

Winged eyeliner (credit: Iris Lee) via www.makeupbyiris.com

Meskipun sedikit sulit, dengan “sayap”-nya winged eyeliner bisa membuat ilusi bahwa matamu lebih besar dari sebenarnya. Tak perlu yang terlalu besar, dengan wing yang kecil sekalipun efeknya pada matamu sudah bisa dramatis. Jangan lupa, buat wing-nya dulu sebelum menebalkan garis di kelopak matamu. Dan jangan sampai ada jarak antara eyeliner-mu dengan ujung kelopak mata, karena jarak ini akan membuat garis eyeliner terkesan tidak rapi.

4. Lengkapi riasanmu dengan eyeliner putih di bagian bawah mata

Eyeliner putih bisa bikin beda via lawlessglam.com

Bagian bawah mata kerap terlupakan, padahal sama pentingnya untuk dirias dengan makeup. Supaya matamu terlihat lebih besar, kamu bisa menciptakan garis dengan eyeliner putih di sepanjang bagian bawah mata. Kamu juga bisa membubuhkan eyeshadow dengan warna terang di sekitar kelenjar air mata. Dengan begini, penampilanmu bukan hanya akan cute seperti boneka — kelopak matamu pun tampak semakin terbuka.

5. Jepit bulu mata, lalu bubuhkan maskara supaya matamu bisa “terbuka” dengan sempurna

Aplikasikan dengan tip kuas maskara via www.elle.com

Ini adalah trik klasik yang memang terbukti keampuhannya. Jepitlah bulu matamu hingga ke akar-akarnya dengan penjepit bulu mata yang berkualitas baik. Setelah itu, bubuhkan maskara pada bulu matamu. Supaya bulu matamu tidak saling menempel satu sama lain, cobalah membubuhkan maskara dengan ujung kuasnya saja secara diagonal.

Nah, itu tadi trik-trik makeup yang bisa kamu aplikasikan supaya matamu terlihat lebih belo alias besar. Tidak susah, ‘kan? Selamat mencoba ya! 😀