Perempuan berhijab sekarang ini sudah jadi hal umum. Bahkan publik figur banyak yang sudah memutuskan untuk memakainya. Nggak bisa di pungkiri juga, perkembangan pemakainya berbanding lurus dengan dunia fashion hijab. Berbagai model jilbab semakin beragam, nggak lagi yang bentuknya segi empat biasa. Bahannya pun nggak hanya paris atau kain segi empat  biasa. Syal atau scraft saja sekarang ini bisa dijadikan bahan untuk jilbabmu.

Kebanyakan teman-temanmu yang berhijab pun sudah mengikuti perkembangan tren yang ada. Model jilbab mereka bisa berubah-ubah menyesuaikan acara atau kegiatan. Sedangkan kamu, masih tetap setia dengan jilbab sepanjang dada entah di acara atau kegiatan apapun. Kalau pun ada perubahan model, ukuran hijabmu juga tetap sepanjang dada. Memakai jilbab sepanjang dada juga bukan karena alasan syar’i semata.

1. Pakai jilbab sepanjang dada justru lebih simpel, nggak seribet jilbab modis yang lilit sana sini

jilbab sepanjang dada via www.instagram.com

Emang nggak ribet ya pakai jilbab panjang begitu?

Pertanyaan seperti itu udah sering banget keluar-masuk telingamu. Ukuran jilbabmu yang lebar dan panjang menjadi tolak ukur ribet untuk mereka. Padahal menurutmu, jilbab panjang yang menutupi bagian dada ini justru lebih simpel dari tren masa kini yang lilit sana sini. Pemakaiannya saja nggak memerlukan waktu lebih dari lima menit. Dan kalau dilihat-lihat, jilbab trend masa kini lebih rentan untuk berantakan. Berbeda dengan jilbab panjangmu yang tatanannya lebih awet, bahkan jika terkena terpaan angin. Pokoknya nggak ribet untuk touch-up berkali-kali.

2. Kalau orang berpikir jilbab sepanjang dada itu gerah, justru jilbabmu yang lebar memudah sirkulasi udara

Advertisement

jilbab sepanjang dada via www.instagram.com

Jilbab sepanjang dada juga nggak segerah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Meskipuan ukuran kembali jadi dasar anggapan itu muncul. Sementara, kamu sendiri selalu bertanya dalam hati, emangnya mereka yang pakai jilbab tumpuk-tumpuk entah di leher atau kepala nggak lebih gerah ya? Belum lagi mengingat jilbab tren masa kini yang bertumpuk itu terlihat lebih rapat di sana sini. Sedangkan jilbab panjangmu  yang lebih lebar dan longgar itu justru memungkinkan adanya sirkulasi udara.

3. Jilbab sepanjang dada pun bisa menjadi pengganti mukena saat kamu kurang nyaman dengan mukenan mushola

jilbab sepanjang dada via www.instagram.com

Saat di jalan dan waktu sholat tiba, sedangkan kamu sendiri lupa bawa mukena. Buatmu itu bukan hal yang perlu dipusingkan. Karena, jilbab panjangmu yang menutupi bagian dada pun bisa menjadi pengganti mukenan. Mengingat mukenan yang disedikan mushola seringnya tak nyaman dipakai karena bau yang kurang sedap. Daripada kekhusyuan sholatmu terganggu, kamu akhirnya memilih menggunakan bawahan mukenanya saja, dan atasanya ya tetap mengandalkan jilbab panjangmu.

Sebenarnya, itu satu wujud simpel dan fleksibelnya jilbab sepanjang dadamu.

4. Kamu juga lebih percaya diri karena jilbab sepanjang dada membuat gerakmu lebih fleksibel

jilbab sepanjang dada via www.instagram.com

Jilbab-jilbab masa kini kelihatannya memang lebih simpel dan fleksibel. Tapi, ini belum jadi jaminan loh untuk membuat kamu lebih percaya diri. Rasa percaya diri itu sebenaranya tumbuh dari rasa nyaman dan aman, tanpa ada secuil pun ke khawatiran. Misal, untuk kamu yang berhijab tapi gemar olahraga, jilbab panjangmu ini lebih memberi jaminan untuk menutupi bagian atas tubuhmu saat berlari atau melompat. Pokoknya jilbab sepanjang dada menjamin gerakanmu lebih fleksibel.

5. Karena baju atasanmu akan lebih tertutup jilbab, saat salah kostum, kamu tak akan pusing memikirkan

jilbab sepanjang dada via www.instagram.com

Demi menghindari salah kostum. Teman-temanmu yang memakai jilbab modern, mau nggak mau harus mencocokan pakaian dengan detail dari atas kepala hingga ke ujung kaki. Salah mencocokkan atasan dengan jilbab, wah… bisa langsung repot urusannya. Sedangkan kamu yang memakai jilbab sepanjang dada justru nggak akan direpotkan dengan hal semacam itu. Bahkan jika terlajur saltum, kamu akan lebih tenang, toh baju atasanmu sudah pasti lebih tertutup dengan jilbab panjang.

6. Pokoknya jilbab sepanjang dada lebih nyaman, bisa dipakai ke semua acara bahkan kondangan untuk tampil lebih anggun dan menawan

jilbab sepanjang dada via www.instagram.com

Menyesuaikan jilbab dengan acara atau kegiatan memberi penampilan yang lebih bervariasi. Namun, apalah arti bervariasi kalau kamu tak nyaman. Buatmu penampilan nggak harus modis sekali dengan mengikuti trend yang ada. Asal nyaman, dan pembawaan dirimu tetap baik dan tenang. Jilbab sepanjang dadamu pun sah-sah aja untuk dipakai ke acara seperti kodangan. Dijamin kamu masih tetap bisa tampil anggun dan menawan. Toh sederhana kan nggak harus mewah, ribet dan mengikuti trend.

Di tengah ramainya pandangan tentang hijab mana yang syar’i atau nggak syar’i. Sebenarnya memakai hijab tetap kembali ke pilihan masing-masing individu. Nggak perlu terlalu memusingkan anggapan ini itu, yang penting kamu nyaman, itu saja sudah cukup.

Kira-kira alasan kamu yang mana?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya