Siapa sih yang nggak deg-degan ketika diajak makan malam bareng keluarga pasangan? Saking groginya, beberapa cewek kadang kebingungan untuk menentukan busana dan gaya riasan seperti apa yang cocok untuk dikenakan. Maklum, saat pasangan mengajakmu untuk bertemu orangtuanya, kesan pertama yang ditampilkan melalui pakaian adalah hal yang sangat penting.

Makan malam bersama keluarga pasangan nggak sama dengan peragaan busana. Jadi, jangan pernah berpikir untuk mengenakan dress dengan belahan terbuka di bagian punggung atau celana aladin yang super lebar.

Berikut Hipwee Style berikan inspirasi busana buatmu untuk menghadiri acara makan malam bareng keluarga pasangan. Dijamin stylish dan tetap sopan deh!

1. Tampil stylish nggak harus heboh, perpaduan blouse dan bawahan celana pensil akan membuatmu terlihat dewasa

blouse floral via thegoldengirlblog.com

kamu bisa memadukan blouse bermotif bunga-bunga andalanmu dengan bawahan celana pensil berwarna polos dan senada dengan blouse-nya. Buatmu yang berhijab, kenakan pashmina dengan warna pastel yang nggak terlalu mencolok. Jika sudah begini, tak perlu lagi kamu tambahkan aksesoris kalung karena atasan blouse kamu sudah cukup memberi statement dengan motifnya.

2. Mengenakan atasan basic dengan bawahan rok motif juga nggak mengurangi kesan simpel di tampilanmu

Advertisement

rok motif via www.justatinabit.com

Salah satu tips berpenampilan untuk bertemu dengan keluarga pasangan adalah mengenakan busana yang ‘anti gerah’. Nah, atasan basic yang dipadukan dengan rok bermotif rasanya cocok untuk jadi pilihan. Tapi ingat, atasan basic di sini bukan berarti kamu boleh pakai kaus lho ya, tapi atasan non kaus dengan warna polos yang nyaman dipakainya. Pemilihan roknya sendiri bisa kamu tentukan sesuai selera, boleh motif apapun, dan usahakan pilih yang midi atau maxi. Kamu boleh kenakan aksesoris berupa kalung ataupun syal tipis yang minimalis.

3. Bergaya kasual dengan mengenakan kemeja motif nggak ada salahnya kok. Padukan dengan bawahan celana slimfit, ya!

kemeja motif via id.pinterest.com

Biar nggak dikira kayak mau ngelamar kerja, kamu bisa pilih keja bermotif selain kotak-kotak. Banyak motif kemeja yang menarik dan nggak berlebihan seperti stripe atau kemeja dengan gradasi warna yang minimalis. Untuk bawahannya, kamu bisa pasangkan dengan celana slimfit berwarna gelap, kalau bisa usahakan yang berbahan kain. Jangan lupa untuk membawa serta sling bag kesayanganmu, ya!

4. Kamu yang feminin bisa kenakan terusan warna gelap atau bermotif yang nggak terlalu ramai

terusan via no.pinterest.com

Sama halnya dengan menghadiri acara makan malam lainnya, sah-sah saja jika kamu kenakan dress atau terusan untuk berbusana. Karena acaranya malam hari, maka sebaiknya kamu kenakan dress dengan warna gelap yang nggak terlalu mencolok. Atau, kamu juga boleh mengenakan dress bermotif yang sederhana dan nggak berlebihan. Selain kalung kamu bisa pilih scarf atau syal jika acara makan malamnya dilaksanakan di luar ruangan. Dan juga, hindari mengenakan high heels yang akan menyulitkan pergerakanmu. Sebagai penggantinya, kakmu bisa kenakan flat shoes atau wedges, ya!

5. Perpaduan outwear dan celana kulot bakal bikin tampilanku terlihat catchy. Tapi tetap kedepankan etika kesopananmu, ya!

outer via instagram.com

Kamu punya macam-macam outwear yang biasa dipakai hang out? Tenang, kamu tetap bisa manfaatkan jenis busana ini untuk bisa dipakai saat menghadiri jamuan makan malam bersama keluarga pasangan. Kuncinya, adalah pada bawahannya. Agar nggak terlalu memperlihatkan lekuk tubuh namun tetap stylish, kamu bisa kenakan celana kulot dengan warna yang tegas. Sedangkan untuk innernya — lagi-lagi hindari kaus dan kenakan baju polos yang senada warnanya dengan outer-nya. Kamu yang berhijab, usahakan memilih hijab dengan warna polos yang matching dengan atasannya, ya!

6. Selain memanfaatkan outer, padu padan kardigan panjang juga bisa kamu terapkan untuk tampil dewasa dan kekinian

kardigan panjang via instagram.fcgk6-1.fna.fbcdn.net

Celana panjang dan kaus lengan panjang? Hmm, gaya klasik yang membosankan. Agar gayamu makin menarik untuk dilihat, kenapa nggak kamu padu padankan celana panjang dan atasanmu dengan kardigan panjang? Pilihlah paduan warna yang serasi untuk ketiga macam busana yang akan kamu kenakan ini, mulai dari celana panjang, atasan sebagai inner dan juga kardigannya. Jika kamu mengenakan hijab, pilihlah hijab dengan warna yang netral juga agar nggak bertabrakan dengan warna-warna pada busana lainnya. Tambahan kalung sebagai aksesorisnya akan menambah gayamu terlihat lebih modis.

Nah, girls, jika kamu diajak pergi makan malam bersama keluarga pasangan, nggak perlu bingung dan oanik lagi saat menentukan gaya berpakaian. Dengan inspirasi berpenampilan yang sopan dan tetap stylish di atas, calon mertua sudah pasti akan terkesan dan nggak ragu-ragu buat bertanya, “Jadi, kapan?”, ehehe. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya