Terlahir dan besar di negara berkembang seperti Indonesia, tak membuat mereka minder bahkan minim prestasi untuk menujukkan jati diri. Memiliki sudut pandang lain mengenai fashion telah mengibarkan nama baik mereka, para desainer berbakat asal Indonesia. Karya-karyanya sudah banyak diakui, bahkan hingga menembus pasar luar negeri. Tentu bukan sesuatu yang didapat dengan instan, melainkan kerja keras dan terus berkata ‘ya’ pada ketaatan. Salut!

Nah, kali ini Hipwee Style akan menghadirkan siapa saja mereka, lengkap dengan deretan prestasinya. Semoga kalian makin bangga dan sayang sama Indonesia, ya!

Menjadi ‘Ibu’ para hijabers di Indonesia, tak lantas membuatnya bangga. Dian Pelangi, desainer cantik yang menegaskan bahwa busana muslim tak seribet kelihatannya

Dian Pelangi via muslimah.co.id

Lahir dan besar di keluarga desainer, telah menjadikan Dian Pelangi sebagai salah satu desainer muda nan berprestasi di Indonesia. Karya-karyanya berupa busana muslim yang kini mendunia, telah mengharumkan nama dan negerinya sendiri. Unik dan kreatif, adalah dua kata yang lekat dengan perempuan cantik berhijab yang juga populer karena gaya berhijabnya yang banyak ditiru ini.

Bagi Dian Pelangi, pergi ke luar negeri itu bukan ajang gede-gedean gengsi. Dia perempuan berhijab yang aktif, dan sangat menggilai tingginya prestasi. Mengikuti pameran busana berskala Internasional juga telah diraihnya. Menepis anggapan bahwa liburan ke negeri orang itu hanya untuk foya-foya.

Bebas menyalurkan hobi itu yang utama, persis seperti prinsip hidup Barli Asmara

Advertisement

Barli Asmara via poloskaos1.blogpot.com

Barli percaya, desianer Indonesia itu cerdas dan sangat bisa diandalkan meski bukan di negara sendiri.

Mungkin menjadi desainer baju itu cita-cita kaum hawa, yang mustahil diraih dalam hidup para pria. Tapi berbeda dengan Barli Asmara, desainer cerdas asal Indonesia yang mendedikasikan diri sebagai perancang busana. Pria tampan kelahiran tahun 1978 di Bandung ini juga sangat total dalam menjalankan hobinya ini, yakni dengan memiliki butik sekaligus brand sendiri bagi baju-baju hasil karyanya. Pangsa pasar baju-baju Barli tak cukup di negeri sendiri saja, melainkan mancanegara yang telah menjadi pusat fashion dunia.

Sisca Phang, perancang gaun handmade dari negeri sendiri yang sangat diperhitungkan dalam ajang Hongkong Fashion Week

Sisca Phang via theacualstyle.com

Meski tergolong desianer pemula dan sangat muda di Indonesia, sikap minder dan takut gagal sangat tak layak jika disematkan pada diri Sisca. Gadis berwajah oriental ini telah membawa nama baik di Hongkong Fashion Week, setelah sebelumnya menang di acara Indonesia Fashion Design Competition (IFDC) pada tahun 2013. Memandang aksen payet pada gaun handmade adalah yang utama, membuat karya Sisca berupa busana ready to wear mendapat banyak permintaan dari buyer potensial di Jerman, Polandia dan Bahrain.

FYI : Aksen payet pada karya-karya Sisca ini dikerjakan oleh pengrajin asli Indonesia, yakni di Tangerang. WOW!

Banyak pujian yang datang kepada Tex Saverio, desainer asli Indonesia yang baju rancanganya digandrungi Kim Kardashian hingga Lady Gaga

Berawal dari butik kecil di Pluit, Jakarta, Tex Saverio yang lebih akrab disapa Rio mulai menemukan jalan keemasannya di bidang fashion. Usaha keras dan percaya diri yang tinggi membuat karya Rio kian memuncak, bahkan digandrungi kaum hawa prestisius di Hollywood, yakni Kim Kardashian dan Lady Gaga.

Berikut celoteh Kim Kardashian di twitter mengenai busana rancangan Rio…

Kim Kardashian aja muji ~ via fashionschooldaily.com

Nggak cuma itu, gaun Rio juga dipakai Jennifer Lawrence di poster film The Hunger Games, lho!

Dipakai Jenn Lawrence di poster film The Hunger Games! via valerie-lim.com

Bagi Rinda Salmun, mengusung tema kesenian pada setiap busana rancangannya adalah hal wajib. Ini nih, Indonesia banget!

Rinda Salmun via fimela.com

Kecintaan Rinda pada dunia seni bukan hanya di mulut saja, terbukti dengan banyaknya karya yang telah ia pasarkan hingga sekarang. Memfokuskan diri pada dunia fashion juga berhasil membuat nama Rinda lebih di kenal di mana-mana, khususnya Indonesia dan mancanegara. Berbeda dengan desianer lainnya, Rinda selalu memasukkan unsur seni murni dan garis-garis tegas khas Indonesia.

Salutnya, Rinda juga pernah merancang baju etnik nan unik bermotif wayang

salut deh, Mbak Rinda! via wolipop.detik.com

“Saya tidak mau lupa daratan dan memilih kembali ke Indonesia. London memang surga dunia, yang apa saja bisa saya dapatkan di sana. Tapi, saya rasa Indonesia lebih membutuhkan saya, khususnya dalam bidang padu padan busana.”

Rinda Salmun, Fashion Designer

Disanjung Tyra Banks karena baju rancangannya, membuat Rafi Ridwan dinobatkan sebagai desainer termuda sekaligus bisa mendunia

Rafi Ridwan via sebatasberita.com

“So, this is Rafi. Rafi is from Jakarta. Rafi is a prodigy. At 9 years old, he had his first collection fashion week, here in indonesia. And now he is 11. Rafi is also deaf, yes. And is an amazing prodigy.”

Tyra Banks

Rafi Ridwan via pasbanget.co

Usianya boleh saja belia, yakni bau menginjak 11 tahun. Tapi karyanya berupa gaun-gaun pesta, banyak diapresiasi pengamat fashion ternama sekelas Tyra Banks asal California, USA. Belum banyak yang tahu juga, kalau Rafi adalah seorang tuanrungu yang sudah banyak menghabiskan waktu di rumah sakit, untuk sekadar check up atau bahkan rawat inap karena sakit. Tapi Rafi tidak malu, dia tahu dia mampu!

Konsep colourfull and chic yang diusung Rafi pun sudah banyak dipamerkan di berbagai acara fashion show, dari yang biasa sampai yang bergengsi. Tonton bagaimana aksi fantastis Rafi bersama busana rancangannya di sini, ya!

Garis besarnya adalah, tidak ada hal mustahil jika kamu mau berusaha dan katakan tidak pada kata menyerah. Kembangkan bakat yang kamu punya, meski banyak orang mencibir usahamu akan sia-sia. Cheers!