Banyak para cowok beranggapan, memiliki kumis, atau dengan tambahan rambut halus di wajah, bisa membuat seseorang cowok terlihat lebih tua dari biasanya. Nggak heran kalau cowok banyak yang ogah memelihara kumisnya. Takut disebut bapak-bapak kalau lagi belanja di minimarket.

Namun, perubahan tren gaya dan penampilan cowok kini seperti kembali ke masa lalu. Kumis jadi sesuatu yang harus dan wajib dipelihara cowok muda, bukan hanya bapak-bapak. Sekarang, cowok yang punya kumis punya nilai plus tersendiri. Mau tau alasannya? Bisa jadi hal ini adalah alasan yang bisa kamu pertimbangkan kenapa harus segera memelihara kumis.

Keuntungan visual yang bisa didapat seorang cowok dengan berkumis: lebih terlihat keren dengan polesan vintage kalau berstelan rapi

Cowok-cowok berkumis memang kerap dicap nggak rapi orangnya. Namun siapa sangka, kalau cowok yang punya kumis dan bulu-bulu halus, ketika didandani rapi, bisa tampak lebih keren dari cowok-cowok biasanya. Kesan kurang rapi bisa disulap dengan kesan vintage atau klasik. Kata cewek-cewek sih, mereka bakal luluh kalau lihat cowok yang kayak gini.

Tingkat kemachoan seorang cowok bisa jauh meninggi kalau kumis menghiasi wajahnya

Macho abis via media.meltystyle.fr

Advertisement

Setiap sebutan bagi cowok pasti didasari atas eksisnya atribut-atribut yang menempel di tubuhnya. Dan ihwal kemachoan, nggak ada atribut lain yang paling bisa diidentikan dengan machonya seorang cowok selain keberadaan kumis. Kumis yang menghiasi wajah seorang cowok bisa dengan mudah membuatnya lebih terlihat maskulin dan cowok banget. Bandingkan sendiri deh cowok yang nggak berkumis dengan cowok yang berkumis, menurutmu lebih macho mana?

Orang yang berkumis biasanya mendapat penilaian lebih tinggi dari orang-orang ihwal kewibawaan

Jadi kapten nih via www.sepak.com

Penampilan adalah hal pertama yang bisa membuat orang lain menaruh penilaian terhadap diri seseorang. Pun begitu tentang cowok berkumis. Cowok berkumis biasanya mendapat penilaian lebih dalam hal wibawa. Kehadiran bulu-bulu halus berupa kumis di wajah seorang cowok dapat lebih mempertegas mimik muka kala melakukan aktivitas komunikasi.

Cewek bisa dengan mudah memberikan penilaian seksi lho buat cowok-cowok yang mempunyai kumis

Seksi katanya via www.detikone.com

Gaya penampilan memang berubah-ubah. Tak seperti pada dekade pertama di abad 21, dekade kedua ini kumis mulai digandrungi cukup banyak cowok. Banyak artis-artis yang merawat kumisnya, diidolai kaum cewek, hingga akhirnya jadi tren masa kini. Nggak heran kalau sekarang kadar keseksian sesesorang bisa dinilai dari kumis yang menghiasi wajahnya. Para cewek pun mengakui hal tersebut, rata-rata mereka menilai cowok berkumis terlihat lebih seksi ketimbang mereka yang polosan.

Cowok berkumis dipandang lebih dewasa ketimbang mereka yang tak berkumis. Ini yang disukai cewek-cewek

Maternitas seorang cowok memang nggak bisa dengan mudah kita lihat dari masalah fisik, terutama kumis yang menghiasi bagian atas mulutnya. Namun, cowok berkumis memang punya kesan matang dan kerap diidentikan sebagai sosok yang dewasa. Walaupun cowok punya wajah baby face, kumis yang menghiasi wajahnya akan memberikan kesan lebih dewasa. Cewek mana sih yang nggak suka sama cowok yang dewasa.

Kumis dan rambut halus lain yang ada di wajah ternyata bisa mengurangi potensi kanker. Siapa yang sangka coba

Lebih jauh dari kemungkinan kanker via 2.bp.blogspot.com

Dari tadi kita membahas kumis yang punya dampak buat kepribadian seseorang saja, tapi siapa sangka kalau kumis juga memberikan manfaat kesehatan. Dikutip dari The Atlantic, kumis dan rambut halus lainnya di wajah dapat mengurangi kemungkinan terserang kanker kulit akibat radiasi dari sinar matahari. Wahhh, kalau tahu manfaatnya kayak gini, kayaknya kamu harus segera menumbuhkan kumismu deh. Jangan dicukur terus.

Ini serius. Menjaga dan tak mencukur habis kumismu bisa menghindari kamu dari kematian konyol

jarang kena pisau cukur via www.chanelmuslim.com

Semakin jarang kamu cukuran, semakin sedikit pula kemungkinan kamu melukai kulit wajah sendiri. Ternyata, tanpa antibiotik yang tepat, alat cukur yang terinfeksi dapat dengan mudah membunuh seseorang. Kalau pun akan mencukur rambut halus, seseorang harus memastikan pisau tak karatan. Kakak kandung penulis legendaries Henry David Thoreau, John Thoreau, jadi bukti. Dia meninggal karena infeksi akibat pisau cukur.

Walaupun kebanyakan dari poin-poin di atas banyak diambil atas asumsi masyarakat tentang kepribadian, tapi nggak ada salahnya kok kamu menjadikannya alasan kuat kenapa harus memelihara kumis. Biar nggak polos-polos banget gitu loh. Biar cewek-cewek bisa lebih tertarik sama kamu.