High heels are pleasure with pain. If you can’t walk with them, don’t wear them

Petuah langsung dari sang maestro pencipta high heels bersol merah yang menjadi ikon dunia, Christian Louboutin, ini secara gamblang mengelompokkan cewek jadi dua kategori. Pertama, mereka yang bisa menahan rasa sakit untuk dapat menyempurnakan tampilan fashion-nya dengan sepatu hak tinggi menawan sehingga kaki tampak lebih ramping dan panjang. Kedua adalah mereka yang bahkan tidak bisa berjalan lurus barang beberapa meter tanpa merintih kesakitan atau terpeleset. Louboutin menyarankan kelompok kedua sebaiknya tidak perlu repot berupaya memakai high heels karena memang dia tidak pernah mendesain sepatu-sepatunya untuk membuat pemakainya nyaman.

Nah bagi cewek yang berbangga diri menolak memakai sepatu hak tinggi atas nama kenyamanan sesuai anjuran Louboutin atau pun kalian yang tetap sesekali memaksakan diri walau tertatih-tatih, sebenarnya banyak alternatif gaya alas kaki lain yang nggak kalah keren. Kalau tanpa rasa sakit pun penampilanmu bisa sempurna, kenapa tidak?

1. Alternatif bagi cewek yang bermasalah dengan sepatu berhak tinggi, ya sepatu tanpa hak alias flat shoes. Model dan bentuknya yang semakin bervariasi seharusnya dapat menggantikan high heels dalam acara apapun

Bisa kelihatan mewah dengan material dan aksesoris yang tepat via g01.a.alicdn.com

Sudah nggak jaman lagi sepatu ‘teplek’ atau flat shoes dipandang sebagai warga kelas dua dalam dunia persepatuan. Meski selalu dipandang sebelah mata karena tidak pantas untuk acara-acara formal, sekarang dengan semakin bervariasinya desain dan aksesori yang bisa dipadu-padankan flat shoes-pun bisa jadi mewah dan elegan. Tinggal pilih saja model flat shoes yang sesuai dengan kebutuhanmu. Yakin deh kamu tidak perlu lagi merasa perlu memakai high heels

2. Tidak cuma bisa bergaya dalam acara apapun, pemakaian flat shoes yang cerdik juga mampu memberikan ilusi kaki panjang nan semampai selayaknya ketika memakai high heels. Tentu saja tanpa rasa sakit

Advertisement

Warna flats dan celana yang senada dapat memberi tampilan kaki lebih panjang via www.careergirldaily.com

Salah satu alasan utama kaum hawa rela menahan rasa sakit ketika memakai high heels adalah untuk mendapatkan siluet kaki yang lebih panjang dan semampai. Siluet yang didapatkan akibat pengangkatan ankle atau pergelangan kaki dan tumit ini ternyata juga dapat diakali dengan pemakaian translucent flats atau sepatu ‘teplek’ transparan. Efek memperpanjang bayangan kaki itu didapat dengan menyamakan warna sepatu dengan warna kulit lewat flats transparan. Jika memakai celana panjang, efek yang sama dapat dicapai dengan menyamakan warna sepatu dengan warna celana panjang.

3. Aksen strap atau tali di pergelangan kaki di flats bukan hanya pemanis, tapi juga memberikan kesan formal

Aksen simpel yang bisa mengubah tampilanmu jadi formal via 2.bp.blogspot.com

Tampilan formal untuk cewek-cewek profesional yang sudah banyak dapat undangan rapat atau urusan kantor lain sekarang punya pillihan lain selain heels. Salah satunya ankle strap flats atau flats bertali ini bisa jadi alternatif yang oke. Disamping jauh lebih nyaman daripada high heels, pilihan satu ini juga tetap bisa membuatmu tampil formal dan profesional.

4. Kalau meninggalkan high heels, berarti sekalian saja mencoba gaya maskulin dengan oxford shoes berbahan kulit. Supaya terlihat lebih tangguh

Ikon sepatu berhak tinggi ini semakin sering terlihat minus heels via poppys-style.com

Victoria Beckham yang pernah identik dengan sepatu-sepatu berhak super tinggi kini semakin sering terlihat memakai flats atau oxford shoes, sepatu kulit bergaya maskulin. Rumornya, dia ‘menggantungkan’ high heels nya karena sakit punggungnya jadi semakin menjadi jika mengenakan sepatu hak tinggi. Dengan pemilihan busana berwarna polos dasar dan sepatu kulit bergaya maskulin, tampilan Victorian Beckham tetap setajam dulu. Walau jarang terpikirkan, tampilan ini justru bisa sesuai dengan acara-acara formal dan semi-formal.

5. Sepatu bot setumit juga bisa jadi alternatif keren yang bisa cocok dengan berbagai pilihan bajumu

Cocok dengan jeans maupun rok via i.ytimg.com

Sepatu bot merupakan investasi fashion yang wajib dimiliki kalau kamu sama sekali tidak tertarik memakai high heels. Meskipun rada mahal di pasaran, satu sepatu bot berwarna dasar monokromatik seperti hitam, coklat, atau abu-abu bisa kamu padu-padankan dengan hampir apapun yang ada di lemari bajumu. Tampilan yang bisa bervariasi dari formal ke kasual ini menambah aksen edgy, bahkan untuk pakaian paling membosankan yang kamu miliki sekalipun.

6. Sekarang sepatu kets tidak hanya fungsional, tapi juga bisa jadi fashion statement

Yang nyaman juga bisa tetap gaya via s-media-cache-ak0.pinimg.com

Jaman sekarang sepatu kets bukan lagi hanya khusus dipakai di gym atau untuk jogging di pagi hari. Dari pergi ke kampus sampai jalan-jalan ke mall, sepatu kets jadi pilihan utama bagi para cewek aktif yang ingin bebas bergerak. Tampilan kasual yang mengutamakan kenyamanan ini juga tidak berarti gayanya monoton. Semua merek sports sekarang tidak hanya memikirkan fungsi tetapi juga berlomba-lomba untuk mempercantik desain sepatu ketsnya.

7. Terakhir untuk kamu yang masih butuh banget heels tapi nggak tahan berdiri pakai high heels, ada wedges heels yang memberikanmu keseimbangan sempurna

Keseimbangan sempurna via ae01.alicdn.com

Kalau ada diantara kalian yang menolak pakai high heels tapi butuh banget ‘diangkat ke atas’, wedges selalu bisa jadi pilihan yang lebih baik. Distribusi berat badan juga tidak akan tertumpu pada daerah tumit kaki saja seperti halnya high heels, tapi seluruh permukaan kaki sehingga akan lebih mudah untuk menyimbangkan diri.

Jadi kenapa lagi coba harus menahan sakit demi kesempurnaan fashion, kalau toh ada alternatif lain yang sama kerennya. Nah buat cewek yang memang memilih untuk tidak pakai high heels , sekarang tahu ‘kan banyak gaya lain tanpa sakit yang bisa kamu coba!