High heels atau sepatu hak tinggi mungkin sudah nggak asing dikenakan bagi kebanyakan cewek. Terlebih buat kamu yang punya tubuh minimalis, karena jelas jenis sepatu yang satu itu akan sangat membantu. Bahkan, bisa jadi kamu yang girly banget sudah begitu akrab untuk mengenakannya.

Nggak salah sih kalau kamu menggunakan high heels dalam keseharian. Tapi, nyatanya akan ada efek samping yang bakal kamu rasain kalau terlalu sering menggunakan high heels. Untuk lebih memahami dan menjaga tubuhmu dari efek negatif penggunaan heels, yuk, simak beberapa hal di bawah ini.

1. Otot di dalam tubuhmu bisa mengecil lantaran high heels yang memaksa kakimu berjalan jinjit

kebanyakan jinjit 🙁 via www.schoonheidsschool.com

Pemakaian high heels yang cukup sering dan dalam waktu lama ternyata akan memicu masalah pada otot tubuhmu. Hal itu dikarenakan karena keadaan tubuh kamu yang nggak seimbang. Percaya atau tidak, jika kamu menggunakan heels dalam keseharian secara terus menerus dapat memperpendek otot kakimu, lho. Sebab secara nggak langsung, heels akan memaksa kakimu untuk berjalan jinjit.

2. Tubuhmu pun bisa melengkung akibat penggunaan heels yang terus menerus

yah melengkung 🙁 via www.e-konomista.pt

Advertisement

Penggunaan high heels yang terlalu sering juga akan membuat postur tubuh kamu berubah. Perubahan itu akan terjadi pada pinggul dan tulang belakangmu yang akan menjadi nggak sejajar. Nah, itulah yang kemudian menyebabkan tubuhmu menjadi terlihat seperti melengkung. Selain itu, heels juga akan memengaruhi cara berjalanmu saat kamu nggak menggunakan heels dalam kehidupan sehari-hari.

3. Bahkan, tumor jinak pun bisa mengintaimu jika kamu terlalu sering menggunakan high heels

kok serem ya 🙁 via www.footankledc.com

Bukan menakuti, tapi nyatanya tumor jinak pun bisa mengintaimu lantaran penggunaan heels yang terlampau sering. Hal itu dikarenakan bentuk heels yang terlalu tinggi akan mengakibatkan penebalan jaringan saraf pada jari kaki ketiga dan keempat. Itulah yang kemudian bisa menimbulkan rasa nyeri pada jari-jari kaki sehingga dapat memicu tumor jinak.

4. Bukan nggak mungkin kakimu akan sering keseleo akibat dari sepatu tinggi yang kamu kenakan

keseleo 🙁 via www.momentodonna.it

Heels yang kamu gunakan di dalam keseharian dan berbagai aktivitasmu akan lebih baik rasanya jika mulai sekarang mulai dibatasi. Kamu harus bisa memilih alas kaki yang memang bisa memberikan nyaman di setiap kegiatanmu. Pasalnya, ketidaknyamanan tumpuan kakimu pada high heels akan membuat kamu kesulitan untuk bergerak bebas. Nah, jika kamu memaksakannya secara ekstra bukan nggak mungkin akan menyebabkan keseleo pada pergelangan kakimu.

5. Varises juga bisa terjadi di kakimu karena pengaruh sepatu dengan hak tinggi

kalau varises kan kakimu jadiii…. via health4you.it

Varises juga bisa menjadi salah satu akibat yang kamu alami ketika keseringan pakai sepatu dengan hak yang tinggi. Pasalnya dengan hak tinggi tersebut kakimu secara otomatis akan berjinjit, jika itu terjadi terlalu lama akan membuat otot tumit belakang dan betismu terasa tegang. Hal itulah yang kemudian membuat pembuluh darahmu tertekan dan menyebabkan varises di kakimu.

6. Kakimu bisa berubah bentuk jadi membengkok juga akibat heels

bengkok 🙁 via www.niusnews.com

Kaki kamu bisa berubah bentuk jadi membengkok akibat high heels. Itu dikarenakan adanya tekanan secara terus menerus pada telapak kaki bagian depanmu. Terlebih jika kamu menggunakan heels dengan ujung yang lancip atau yang ukurannya terlalu kecil. Duh, bahaya banget! Bentuk kakimu bisa jadi aneh.

7. Nggak cuma kakimu yang bisa nyeri karena heels, tulang belakang, leher, dan bahu kamu pun bisa jadi korbannya

nyerinya bisa ke mana-mana… 🙁 via subprincess.com

Rasa nyeri di tubuhmu pun ternyata bisa jadi salah satu hal yang kamu rasakan ketika terus-terusan menggunakan heels. Sebenarnya, tubuh manusia itu nggak cocok untuk mengenakan high heels setiap hari. Pasalnya ketinggian hak tersebut bisa membuat otot betis kamu jadi tegang. Dan, nyatanya nggak hanya otot kaki, keseringan pakai heels juga bisa menyebabkan nyeri pada tulang belakang, leher, dan bahu.

Itulah beberapa efek samping yang bisa kamu rasakan akibat terlalu sering menggunakan high heels. Untuk itu, jadi hal yang baik jika mulai sekarang kamu mengurangi intensitas penggunaan heels-mu. Ya, cukup sesekali dan dalam momen tertentu sajalah, jangan setiap hari. Toh, semua demi kebaikanmu juga. 🙂