Selain kebaya yang mesti sopan, gaya jilbab yang nyaman juga jadi persoalan buatmu saat wisuda. Memang, semakin ke sini gaya hijab yang dipadukan dengan kebaya modern semakin banyak. Mulai dari yang paling simpel sampai dengan yang melilit-lilit di kepalamu. Tapi sayang, kamu sendiri masih kurang nyaman jika hijab yang kamu gunakan hanya menutupi bagian kepalamu. Kamu tetap ingin bisa memadukan kebaya sederhanamu dengan hijab yang menutupi bagian dadamu.

Nah, daripada bingung mencari-cari gaya hijab yang bisa menutup dadamu, sontek saja nih beberapa gaya hijab yang Hipwee rakum di bawah ini. Semoga cocok ya!

1. Meski tanpa ciput, kamu bisa tampil menawan di acara wisuda dengan pasmina. Kamu akan merasa lebih nyaman pastinya!

Siapa bilang untuk dapat hijab yang rapi, kamu perlu menggunakan ciput atau dalaman? Nih, dengan tutorial ini, kamu bisa loh menggunakan pasmina tanpa ciput untuk menemani kebaya wisudamu. Tapi pastikan juga pasmina yang kamu gunakan bukan berbahan licin seperti sifon, pilih saja yang berbahan kaos atau katun.

2. Hijab syar’imu terlihat lebih manis dengan kalung etnik berbentuk waru. Dijamin kebaya wisudamu juga terlihat lebih anggun

Ada yang bilang hijab yang menutupi dada itu gayanya kebanyakan kuno atau terlalu simpel. Tapi kamu tetap bisa lho mengkreasikan hijab pajangmu dengan tambahan aksesoris, seperti misalnya kalung etnik yang berbentuk waru. Untuk memberi kesan rapi dan mempertegas kalungmu, kenakan pashmina dengan posisi panjang sebelah. Tarik bagian yang lebih pendek hingga menutupi bagian dadamu dan sematkan di bagian belakang. Dan untuk bagian yang panjang, kamu cukup melilitkannya saja dengan menaruh sisa lilitan dibagian depan. Jadi deh, hijab yang lebih menawan dengan kalung etnik untuk kebaya wisudamu!

3. Scarf satin untuk hijab menutupi bagian dada bisa jadi pendamping kebaya cantikmu, dijamin penampilanmu pun semakin feminin

Kamu ingin hijab panjangmu terlihat lebih modis saat berpasangan dengan kebaya cantik yang sudah kamu siapkan jauh-jauh hari. Tenang, pertama-tama kamu bisa memilih scarf satin yang cukup panjang dan lebar dengan warnanya senada kebayamu. Jangan lupa juga untuk menggunakan ciput agar saat memakainya tidak terlalu licin.

Advertisement

Selanjtnya, kenakan scarf dengan sisi kiri lebih pendek dari kanan. Sematkan jarum pentul di bawah telinga kiri juga kanan, dan bawa kedua sisi ke belakang leher lalu peniti bagian tengahnya. Setelah itu bawa juga kedua sisinya ke atas pundak kanan, dengan memutar sisi pendek dan panjangnya. Lalu ujung scarf yang panjang dibawa ke atas kepala melewati depan dada. Jangan lupa untuk memastikan bagian dadamu tertutup. Sematkan lagi jarum pentul di atas kepala. Terakhir, sisa bagian yang panjang diambil sisi tengahnya lalu di letakkan di atas kepala untuk membuat aksen draperi dan sematkan di bagian atas. Tada… hijab panjang menutupi dadamu pun siap bersanding dengan kebayamu!

4.  Wisudamu jadi lebih ceria dengan beberapa tumpuk pashmina warna-warni, pastikan warna-warna itu tetap senada ya…

Ingin kebaya wisudamu terlihat lebih ceria, kamu juga bisa loh mengkrasikan hijab panjangmu dengan menumpuk beberapa pashiman warna-warni. Pilih pasmina berbahan tipis serti paris, Lalu pastikan juga warna-warna yang kamu pilih senada. Memakainya pun nggak berbeda jauh dengan gaya kerudung harianmu yang simpel. Hanya saja nantinya tumpukan pashimana yang kamu kreasikan sendiri akan membuat hijabmu lebih bergaya. Semakan juga bros bunga di salah satu pinggir tumpukan, agar lebih manis dan elegan.

5. Hijab segi empatmu juga bisa kamu kreasikan menabrakkan warna. Meski simpel, tetap ada kesan segar untuk hari wisuda

Kamu nggak ingin hijab yang ribet saat wisuda nanti. Pilihanmu pun jatuh pada jilbab paris segi empat biasa. Nah, supaya hijabmu nggak terkesan biasa, kamu bisa membuatnya beda dengan tabrakan warna. Misalnya, baju kebayamu berwarna pink pucat bisa kamu padukan dengan jibab berwarna hijau army dan ciput yang warnanya tetap senada dengan kebaya. Untuk pemakaian kebaya, pun nggak terlalu ribet, pasangkan jilbab segi empatmu dengan posisi sama panjang. Lalu sematkan bagian kiri ke sebelah kanan telingamu dan sampirkan ujungnya kebelangkang. Sedangkan untuk sisi kanan, kamu cukup menyampirkan ujungnya di pundak sebelah kirimu. Wah, gimana, mudah kan?

6. Jilbab pasmina yang meski dililit ke kepala tetap bisa panjang menutupi bagian dada. Meski sederhana tetap bisa kamu coba di hari wisudamu

Nggak ada salahnya juga, kalau kamu tetap ingin memakai hijab yang dililit kepala saat hari wisuda. Pilih pashmina yang cukup panjang. Sematkan ke kepala dengan posisi panjang sebelah. Lalu bawa keduanya ke belakang dan ikat. Untuk bagian yang lebih pendek, bisa kamu langsung lilitkan ke kepalamu. Sedangkan untuk bagian yang lebih panjang, kamu bawa memutar hingga ke atas kepala dan sisinya kamu sematkan dibagian samping. Pastikan bagian dadamu tertup ya.

7. Jilbab segi empatmu juga bisa menemani kebaya wisudamu dengan sopan dan rapi

Kebaya wisudamu bisa dipadukan dengan jilbab segi empat yang dikreasikan, tapi tetap dengan panjang yang menutup bagian dadamu. Caranya, gunakan ciput ninja sebelum mengikatkan salah satu ujung jilbab segi empatmu. Kemudian setelah kamu susun bagian depan hingga cukup panjang untuk menutup dada, ujung satunya lagi bawa ke atas kepala dan sematkan pas di samping lehermu. Nah, kamu siap deh pergi ke acara wisuda dengan hijab panjang buatanmu sendiri.

Bagaimana, sudah nggak bingung lagi kan untuk pergi ke acara wisudamu dengan kebaya dan hijab yang tetap panjang menutupi dadamu? Semoga sontekan ini bisa membantu ya!