Jika berbicara tentang pramugari, pasti yang terlintas di pikiran kalian pertama kali adalah sosok wanita yang berwajah cantik, tinggi semampai, memiliki badan yang ideal, ramah dan sopan, serta berkulit halus dan bersih. Iya, memang para pramugari dituntut mempunyai kriteria itu semua. Para pramugari pun sering diibaratkan sedang fashion show di angkasa, karena pekerjaan mereka yang mengharuskan mereka berjalan-jalan di pesawat melayani para penumpang pesawat. Selain menarik secara fisik, yang juga menarik perhatian adalah seragam mereka yang dikenakan. Seragam pramugari terlihat elegan dan menarik. Bahkan setiap maskapai penerbangan di dunia memiliki seragam pramugari yang menjadi ciri khas.

Hipwee akan bahas sedikit tentang sejarah penerbangan yang melatarbelakangi dunia pramugari. Dunia penerbangan pertama kali dimulai pada Desember 1903. Saat itu Wright bersaudara berhasil menerbangkan pesawat bermesin pertama di dunia. Tahun 1920-an William Boeing mendirikan industri penerbangan komersil di Amerika Serikat. Pada era 1920-1930an, kru pesawat hanya terdiri dari pilot dan co pilot. Sedangkan pramugari pertama di dunia adalah Ellen, seorang wanita asal Amerika Serikat. Dia bergabung dengan BAT (Boeing Air Transport) sekarang menjadi United Airlines pada tahun 1930. Alasan BAT merekrut wanita menjadi kru pesawat, karena penumpang merasa lebih nyaman ditangani oleh pramugari daripada pramugara. Pramugari pun lebih ahli dalam penanganan soal kesehatan. Inilah yang menjadi cikal bakal adanya pramugari.

Nah guys, sekarang Hipwee akan membahas tentang seragam pramugari dari berbagai maskapai penerbangan di dunia. Simak ya.

1. Colorfull menjadi ciri khas seragam dari Thai Airways

pramugari thai airways via www.sirumit.com

Colorfull adalah ciri khas seragam pramugari Thai Airways. Dengan dominasi warna khas permata, dipadu dengan rok dan blouse panjang berwarna emas. Dilengkapi pula dengan selendang tenun dan bunga, memberikan kesan elegan dan klasik.

2. Berbahan dasar sarung kebaya tradisional, seragam ini menjadi maskot utama Singapore Airlines

Advertisement

pramugari singapore airlines via www.klikbagikan.com

Seragam yang digunakan pramugari Singapore Airlines terbuat dari sarung kebaya tradisional. Seragam ini didesain oleh desainer asal Perancis, Pierre Balmaindi pada tahun 1972. Seragam ini menjadi maskot utama dari Singapore Airlines. Unik ya idenya, bisa sekalian memperkenalkan warisan budaya ke seluruh dunia juga.

3. Negara sebagai pusat fashion ini, terkenal dengan seragam pramugarinya yang keren banget

pramugari Air France via www.anekatop10.com

Negara yang menjadi pusat fashion dunia ini, punya seragam yang keren banget. Para pramugari Air France memakai dress pendek berwana ungu gelap dipadukan dengan sabuk berbentuk pita besar berwarna merah memberikan kesan glamour, stylish, dan anggun. Busana ini dirancang oleh desiner Perancis, Christian Lacroix. Bagaimana, tertarik untuk jadi pramugari Air France nggak?

4. Aksesoris topi berwarna merah, menjadi ciri khas dari Emirates Airlines

pramugari Emirate Airlines via www.klikbagikan.com

Seragam pramugari Emirates Airlines terdiri dari setelan blouse dan rok berwarna cokelat muda dengan lipatan berwarna merah di bagian saku dan kerah. Ditambah dengan aksesoris topi berwarna merah, menjadikan penampilan mereka terlihat manis dan elegan.

5. Seragam berwarna biru cerah dari Bangkok Airways melambangkan gelombang biru dan langit

pramugari Bangkok Airways via www.anekatop10.com

Bisa dikatakan jika seragam pramugari maskapai ini adalah salah satu seragam maskapai dengan warna cerah. Sang desainer mengatakan bahwa nuansa garis-garis biru mewakili gelombang biru dan langit. Warnanya yang cerah diharapkan menimbulkan efek cerah, segar, dan riang sehingga para penumpang tetap merasa semangat selama penerbangan berjalan. Wah jadi pengen naik Bangkok Airways nih biar semangat.

6. Unsur vintage terlihat dari seragam pramugari Air Canada Rouge

pramugari Air Canada Rouge via www.anekatop10.com

Dengan celana abu-abu, blus berwarna burgundi, dipadukan dengan scarf bermotif warna-warni, seragam ini sangat unik. Meskipun terkesan nggak formal tapi tetap membuat para pramugari ini terlihat anggun di atas kabin. Selain itu mereka juga memadukan seragam mereka dengan fedora dan sepatu dengan warna serta desain yang khusus, yaitu sepatu model marry jane dengan kombinasi warna abu-abu dan merah. Keliatan casual tapi tetap anggun ya.

7. Garuda Indonesia juga punya seragam pramugari yang nggak kalah keren dari maskapai luar lainnya lho

seragam pramugari Garuda Indonesia via www.lakey.com

Maskapai nomor satu di Indonesia ini sudah terkenal banget dengan pelayanannya yang bagus. Selain itu pakaian pramugarinya pun memiliki 4 warna dan mempunyai makna yang berbeda. Ada warna cobalt blue, oranye, ungu, dan biru toska. Orange dan biru toska digunakan oleh pelaksana, biru toska berarti kepuasan dan kesegaran tropis. Orange menggambarkan kehangatan, keramahan, dan energik. Sedangkan seragam warna ungu digunakan oleh pramugari first class. Warna ungu memiliki arti sikap elegan, kreatif dan inspiratif. Seragam warna cobalt blue digunakan supervisor, warna ini melambangkan keandalan, kepercayaan, otoritas, dan ketenangan. Bagaimana guys nggak kalah keren ‘kan seragam dari Garuda Indonesia? Colorfull dan memiliki makna yang penting.

Itu dia macam-macam seragam pramugari dari maskapai penerbangan dari berbagai dunia. Di balik fisik yang oke, para pramugari juga dituntut berseragam yang menarik. Seragam para pramugari pun menjadi ciri khas yang menjadi pembeda dari maskapai lainnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya