Lipstik adalah salah satu item makeup yang paling banyak dimiliki cewek. Maklum, menggunakannya gampang, efeknya pun maksimal. Wajahmu yang cuma ditaburi bedak saja sudah bisa kelihatan lebih segar dan pastinya menawan.

Nggak heran akhirnya varian lipstik ada banyak sekali. Salah satunya adalah lipstik matte yang trennya masih terus bertahan hingga kini.

Nah, ngomongin lipstik matte, kamu yang sedang suka-sukanya dengan lipstik jenis ini sering nggak sih merasa bibirmu jadi lebih cepat kering? Lalu tampilan kamu pun jadi kurang maksimal karena kondisi bibir yang kasar. Iya, meski hasil akhirnya lebih menjanjikan penampilan yang anggun karena tak mengkilap seperti lipstik nude atau coral, lipstik matte memang mudah bikin bibir lebih kering.

Makanya, kamu perlu tahu tips dan triknya supaya hasil lipstik matte kamu maksimal. Yuk langsung simak uraian Hipwee di bawah ini!

1. Sering disentuh lipstik, bibirmu perlu lebih sering dieksfoliasi. Demi menghilangkan sisa lipstik yang menempel dan mengangkat sel kulit mati

Mengeksfoliasi bibir itu sebenarnya penting untuk menghindari terjadinya penumpukan sel kulit mati. Sel kulit mati inilah yang akhirnya menyebabkan bibirmu kering dan pecah-pecah. Apalagi kamu yang senang sekali pakai lipstik, kegiatan satu ini sudah harus jadi rutinitas harian, atau paling tidak kamu lakukan seminggu 3-4 kali.

Advertisement

Cara mengeksfoliasi sebenarnya juga nggak sulit. Kamu bisa menggunakan scrub alami dari gula yang dicampur air perasan jeruk, minyak zaitun dan madu. Atau kamu bisa menggunakan bagian yang cukup halus dari sikat gigimu. Pokoknya asalkan sel kulit mati dan sisa-sisa lipstik terangkat, bibir yang halus udah pasti bisa menakhlukkan lipstik matte-mu dengan baik.

2. Coba juga oles lip balm di malam hari. Demi mempersiapkan bibir yang lembut esok pagi

Kelembaban bibirmu nggak hanya dijaga saat beraktivitas saja. Malam, saat ingin beristirahat, mengoleskan lip balm atau lip sleeping mask jadi momen paling baik untuk menjaga bibirmu tetap lembut hingga keesokan paginya. Pasalnya saat tubuhmu beristirahat, kulit (termasuk kulit bibir) bisa lebih maksimal dalam menyerap nutrisi. Inilah kenapa justru penting merawat bibirmu di malam hari.

3. Kembali mengoleskan moisturizer atau pelembab bibir 15 menit sebelum pemakain lipstik, supaya bibirmu tak menjadi kering sepanjang pemakaian lipstik

Jangan karena sewaktu malam sudah mengoleskan pelembab, kamu tak lagi mengoleskannya saat akan memakai lipstik matte. Justru 15 menit sebelum mengoleskan lipstik matte kesayanganmu, kamu perlu melapisi bibirmu dengan moisturizer. Sepanjang hari, bibirmu akan tertutup liptik yang bikin bibir kering, bukan?

4. Sebelum mengaplikasikan lipstik, kamu perlu menggambar garis bibir dengan pensil terlebh dulu, agar hasilnya lebih rapi dan maksimal

Biasanya sih lipstik matte jenis liquid yang cukup sulit diaplikasikan. Terlebih, jika kamu masih pemula untuk urusan poles memoles lipstik. Nah, untuk memudahkan penggunaan listik nantinya, kamu perlu menggambarkan garis bibir dengan lip liner terlebih dulu. Selain membuat hasil akhir lipstikmu lebih rapi, menggambar garis bibir pun bisa mempertegas bentuk bibirmu.

5. Buat warna lipstik matte kamu jadi tegas dengan terlebih dulu mengoleskan lip base

Selain mengoleskan lip balm, kamu bisa mengoleskan lip base atau lip primer sebelum mengaplikasikan lipstik matte. Fungsinya nggak cuma bikin warna lipstik matte kamu lebih keluar, tapi juga bisa membuat lipstik lebih awet hingga berjam-jam. Mau kamu berkali-kali makan, lipstik kamu masih tetap bisa bertahan di bibirmu.

6. Penting juga untuk diperhatikan, mengoleskan lipstik di bibir jangan sampai lebih dari dua kali ya.

Perhatikan juga banyaknya pengolesan lipstiknya. Biasanya kebanyakan dari kamu menganggap untuk mendapatkan hasil yang lebih tebal, mengoleskan lipstik hingga lebih dari 2 kali itu sah-sah aja. Padahal pengolesan lipstik yang lebih dari 2 kali bisa membuat lipstikmu yang di bibir menggumpal setelah kering. Jadi pastikan lagi ya, kamu hanya mengolesi dan meratakan lipstik sebanyak 2 kali aja.

7. Setelah seharian menempel di bibirmu, bersihkan liquid lipstickmu dengan remover berbahan dasar minyak

Jangan lupa dihapus, ya! via www.xovain.com

Sehabis seharian menggunakan lipstik, kamu jangan lupa untuk membersihkan kembali bibirmu. Soalnya, ada dari kamu yang biasanya cuek atau mungkin lupa untuk membersihkannya. Padahal untuk menjaga kelembaban bibirmu, ritual seperti ini perlu diperhatikan.

Untuk membersihkan lipstik matte terlebih liquid, kamu perlu menggunakan pembersih berbahan dasar minyak. Sebab, lipstik jenis ini biasanya bersifat waterproof. Salah satu alternative remover yang bisa kamu gunakan adalah petroleum jelly. Selain membersihkan sisa lipstik, produk ini juga membantu jaga kelembaban bibir kamu. Cara penggunaannya, oleskan petroleum jelly ke seluruh permukaan bibir, pijat-pijat sebentar, lalu bersihkan dengan tissue.

Untuk tampil cantik, kamu pun perlu memperhatikan kesehatan bibir. Tahunya jangan cuma mengolesi bibir dengan lipstik saja, tapi pastikan ritual perawatan lain, seperti sekedar membersihkannya harus diterapkan. Semoga tips-tips di atas membantu, ya. Selamat berdandan!