Memasuki musim panas, beberapa destinasi wisata tentunya sudah ada di daftar rencana liburanmu. Di antara sekian banyak tujuan, pantai menjadi destinasi andalan yang wajib dikunjungi. Tempat yang identik dengan terik matahari, riak ombak dan hembusan angin ini menjadi alasan untuk memilih outfit yang tepat saat berkunjung ke sana.

Bagi cewek khususnya, mengenakan busana santai yang sedikit minim dan terbuka menjadi pilihan saat piknik ke pantai. Selain nyaman digunakan, busana ini juga dimanfaatkan sebagai properti yang menjadi daya tarik saat berfoto ria. Sementara itu, bagi para hijabers, terkadang sulit menentukan outfit yang tepat untuk dikenakan saat pergi ke pantai. Nggak heran banyak dari mereka yang salah kostum karena dilema antara menyesuaikan kondisi pantai dan tuntutan kesopanan.

Tapi tenang, Hipwee Style punya tutorial untuk menyiasati penampilan berhijab saat pergi ke pantai agar nyaman dan tetap sopan dikenakan. Simak baik-baik, ya!

1. Aturan pertama, pilihlah bahan pakaian maupun hijab yang adem dan menyerap keringat. Katun misalnya

bahan katun via www.eloquenthijabi.com

Terlepas dari musim, pantai adalah tempat terbuka di mana sinar matahari akan selalu terpapar dan angin kencang akan selalu berhembus. Karenanya, kamu harus pintar memilih bahan pakaian atau hijab yang tepat seperti katun yang mudah menyerap keringat.

Hindari mengenakan bahan sifon, rajut dan jeans. Sifon yang terlalu ringan akan terhempas angin dan berpotensi tersibak sewaktu-waktu. Bahan rajut dan jeans cenderung berat dan akan membuatmu sulit bergerak, terutama di dalam air karena beratnya bertambah saat kondisi basah.

2. Untuk atasan; pilih atasan berpotongan loose yang nyaman dan hindari memakai kaus yang pas di badan karena saat terkena air akan terlihat ketat dan mengekspos tubuh

Pilihan atasan dengan potongan yang lebar dan nggak ketat di badan wajib hukumnya. Selain kaus, kamu bisa kenakan atasan tunik atau kaftan yang longgar di badan. Padukan dengan legging atau celana kain dengan warna yang sesuai dengan atasannya.

Biar nggak ribet, busana jumpsuit juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Pilih jumpsuit berpotongan longgar dan nyaman dikenakan. Jika jumpsuit-mu tanpa lengan, kamu bisa menambahkan outer berbahan ringan berupa kardigan dengan warna-warna cerah.

Atau, jika kamu suka tampilan feminin, kenakan long dress atau terusan dengan material katun. Hindari bahan sifon yang terlalu ringan dan mudah tertiup angin. Jangan lupa memakai legging agar bagian kaki tetap tertutup saat long dress– mu tertiup angin, ya!

3. Untuk bawahan; pilihan terbaik adalah bawahan berbahan katun atau spandek dengan potongan yang longgar dan mudah kering saat terkena air

celana longgar via hipwee.com

Celana adalah pilihan yang paling nyaman agar kamu bebas bergerak. Coba kenakan celana harem, palazzo, kulot atau jogger dengan bahan yang nggak terlalu ketat dan nggak membentuk kaki. Motif floral bisa jadi alternatif untuk mempermanis tampilanmu.

Selain celana longgar, legging juga cocok dikenakan sebagai bawahan ketika berlibur ke pantai karena teksturnya yang elastis dan mudah menyerap keringat. Padukan dengan atasan panjang yang menutup bagian bokong. Jika kamu hanya akan duduk-duduk cantik di bibir pantai dan nggak ingin main air, maka kamu bisa tambahkan rok di bagian luarnya. Pilihlah legging berwarna gelap karena warna cerah akan membuat tubuh terlihat jelas.

Jika kamu nggak terbiasa menggunakan celana, rok panjang bisa menjadi alternatif yang nggak kalah nyaman. Kuncinya adalah tetap pilih bahan yang ringan dan nyaman untuk memberikan kesan flowy yang cantik. Selain memberikan kesan elegan, rok panjang juga bisa mengikuti bentuk tubuh sehingga nggak kaku saat menghadapi cuaca pantai yang berangin.

4. Kenakan hijab instan seperti turban atau bergo agar tetap rapi dan mudah diatur saat terkena hembusan angin pantai

Kondisi angin yang cukup kencang di pantai membuatmu kesulitan untuk membetulkan hijab. Sebaiknya hindari hijab yang pemakaiannya harus menggunakan peniti karena akan mudah bergeser saat terkena angin. Pilihan jilbab instan bergaya turban atau bergo akan membuatmu lebih nyaman dan fleksibel. Sesuaikan warnanya dengan atasan dan bawahan yang kamu kenakan.

5. Jika kamu ingin berenang, jangan ragu untuk membawa serta pakaian renang khusus muslimah yang kini sudah banyak pilihannya di pasaran

pakaian renang muslim via www.instagram.com

Buatmu yang banyak melakukan kegiatan di dalam air sebaiknya kenakan pakaian renang khusus muslimah atau wetsuit. Pakaian renang khusus hijabers kini telah memiliki banyak pilihan corak dan warna. Desainnya pun nyaman dan nggak membatasi gerakmu saat berada di dalam air, aman menutup tubuh serta dilengkapi dengan penutup kepala atau dive hood. Pilihlah pakaian renang berbahan lycra yang lembut, nyaman dipakai, dan nggak terlalu berat saat terendam air.

6. Tambahkan aksesoris lucu untuk mempermanis tampilanmu, tetap minimalis dan jangan berlebihan, ya!

aksesoris via hipwee.com

Kenakan sunglasses yang trendi dipadu dengan topi anyaman lebar, lengkapi dengan pilihan sandal santai tanpa hak dengan manik-manik lucu berwarna-warni. Selain bisa melindungi mata dan kepala dari teriknya sinar matahari, kacamata dan topi lebar bisa digunakan sebagai aksesoris tambahan untuk sesi foto-foto dengan latar pantai. Jangan ragu untuk menambahkan aksesoris lainnya seperti outer atau kalung lucu, asal kamu pintar memadu padankan sehingga nggak terkesan berlebihan.

7. Simpan rapi baju-bajumu yang berwarna gelap dan ekspresikan dirimu dengan warna-warna cerah untuk liburan ke pantai

warna cerah via hipwee.com

Pantai identik dengan keceriaan. Untuk mengimbanginya, kenakan busana-busana berwarna cerah seperti kuning, oranye, tosca serta motif-motif ceria seperti floral yang akan membuat penampilanmu semakin terpancar. Jika kamu nggak terlalu suka warna-warna yang cerah, warna pastel dengan tone yang terang bisa jadi alternatifnya. Hindari outfit berwarna putih karena bisa menjiplak tubuh saat bermain air. Juga yang berwarna gelap seperti hitam karena akan menyerap panas dan membuatmu kurang nyaman menikmati suasana pantai.

Meskipun sudah totalitas dalam berpenampilan, harus selalu kamu ingat bahwa hakikat berhijab adalah untuk melindungi aurat. Tutorial berpenampilan untuk pergi ke pantai ini semoga bisa menginspirasimu untuk tampil modis namun tetap sopan, ya!