Hijab mengharuskanmu lebih berhati-hati dengan penampilan. Intinya, jangan sampai pakaianmu terlalu ketat dan terawang. Tapi kalau harus berpakaian feminin demi kesopanan, kamu juga merasa kurang nyaman. Entah sifat tomboymu atau memang kebutuhanmu untuk lebih luwes dalam bergerak, pakaian girly seperti rok panjang dan blus berenda bukan sesuatu yang “kamu banget”.

Hey, nggak perlu khawatir. Kamu tetap bisa sopan kok meskipun tidak memakai rok panjang atau blus feminin semata kaki. Asal kamu bisa memilih jenis pakaian di bawah ini dan memadukannya dengan tepat, penampilanmu dijamin aman. Supaya nggak bingung, yuk simak penjelasan di bawah! Semoga membantumu, ya.

1. Jiwa kasualmu akan “tersalurkan” dengan baik lewat pakaian ini. Kemeja flanel, celana jeans, dan sneakers, yang nyaman dan tetap sopan

Buat kamu yang tomboy atau tak suka terlihat terlalu feminin, gaya busana andalanmu memang nggak jauh dari celana jeans, kemeja atau kaos. Sebenarnya sah-sah saja kok memakai itu semua, asal kamu juga memastikan celana jeans-mu nggak terlalu ketat dan kemeja flanelmu berukuran longgar. Bukankah lekuk tubuhmu bisa tersamarkan dan dipandangpun tetap sopan? Padukan juga dengan sneakers supaya kamu bisa tetap bebas beraktivitas. Untuk melengkapi penampilamu, jangan lupa memilih warna jilbab yang senada dengan warna kemeja flanelmu. Misalnya: kemejamu berwarna merah hitam, maka pakailah jilbab yang berwarna hitam. Dengan ini, penampilanmu pasti ciamik!

2. Celana jogger dipadu cardigan panjang dan kaos strip membuatmu terlihat luwes

Sekarang ini, celana jogger sedang digemari banyak orang. Dan buat kamu yang berhijab celana ini bisa jadi alternatif lain selain jeans. Bentuk yang tidak ketat dan kebanyakan berbahan parasut, spandeks, atau katun nggak cuma membuat kamu bergerak bebas, tapi juga tetap membuatmu terlihat sopan.

Nah, biar celana joggermu terlihat stylish, kamu bisa memadukannya dengan kaos bermotif strips yang ditumpuk cardigan panjang. Pastikan warna jilbabmu serasi dengan pakaianmu. Kamu juga bisa melengkapinya dengan sepatu kets, demi penampilan yang terlihat lebih sporty.

3. Ke kampus atau kantor dengan kemeja denim polos dan celana jogger = chic tanpa terlihat terlalu girly

Advertisement

Meskipun sangat nyaman dan santai jika dipakai, celana jogger juga bisa dipakai untuk ke kantor atau kampus lho. Kamu cukup memadukannya dengan kemeja, misalnya saja kemeja denim polos. Tas tangan dan sepatu sendal denim bisa kamu pilih sebagai pelengkap. Terlihat chic nggak selalu berarti harus feminin, ‘kan?

4. Kaos berukuran midi (sepaha) ditumpuk kemeja dan dipadu jeans beserta boots: membuatmu terlihat ala-ala rockers tapi sopan

Ingin tampil ala-ala rocker cewek? Bisa aja, siapa bilang nggak? Kenakan saja kaos atau singlet berukuran midi, celana jeans gelap atau celana kulit, dan kemeja satu ukuran lebih besar dari yang biasanya kamu pakai. Karena celana kulit cenderung ketat, kamu bisa menyiasatinya dengan memakai sepatu boots selutut. Pintar ‘kan? 🙂

5. Celana kodok berbahan jeans dipadukan dengan kemeja atau kaos, bisa jadi pilihanmu demi penampilan yang lebih beragam

Dulu waktu kecil, pasti kamu punya deh celana kodok seperti ini. Seperti overall, namun bawahannya celana, bukan rok. Nah, tanpa perlu khawatir terlihat seperti anak kecil, kamu bisa memakainya untuk kesan sopan yang tak terlalu girly. Ini terutama cocok buat kamu yang tubuhnya jangkung dan nggak terlalu berisi.

Pilih saja celana kodok berbahan jeans yang nggak ketat, terus tinggal kamu padu dengan kaos atau kemeja. Cocok buat ke mall atau hangout bareng teman-teman!

6. Celana jeans kamu juga nggak akan kelihatan membosankan kalau dipadukan dengan cardigan yang edgy

Celana jeans emang paling juara untuk dipadu dengan apapun. Dan buatmu yang berhijab, cardigan berpotongan edgy alias tak biasa bisa membuat tampilanmu gak gitu-gitu aja. Misalnya saja, cardigan dengan potongan depan yang asimetris ini. Untuk hijabnya, pilihlah pashmina berwarna netral yang ditata sederhana. Biar nggak “tabrakan” dengan cardigan yang sudah edgy dari sananya.

7. Celana bahan berwarna charcoal nggak akan terlihat kaku, kalau kamu padukan dengan kemeja motif ala-ala hipster

Siapa bilang celana bahan itu kaku dan terlalu formal? Asal tahu cara memadukannya, celana bahanmu bisa menjadi terlihat fashionable dan santai. Coba saja kamu padukan celana bahanmu dengan kemeja motif warna-warni. Hehe, jadi mirip anak hipster sejati! 🙂

8. Harus ke acara resmi tapi nggak mau pakai dress, pakai jumpsuit saja!

Ingin pergi ke acara nikahan teman, tapi kamu segan memakai dress? Nggak perlu bingung, masih ada jampsuit kok. Pilih saja jampsuit warna polos berbahan satin atau spandeks, lalu padukan dengan long cardigan berbahan brokat. Untuk kerudung, kamu bisa memakai pashmina berwarna cerah. Jangan lupa kenakan kalung atau gelang sebagai pemanis. Tanpa terlihat terlalu feminin, tapi kamu tetap bisa menghadiri acara resmi dengan sopan dan elegan.

Nah, dari semua pilihan gaya pakaian itu mana yang kamu suka? Jangan lupa isi kolom komentar ya!