Gaya-gaya cowok metroseksual yang identik dengan pakaian rapi, ngepress, dan klimis tampaknya sering kita lihat dalam dunia mode pria. Tapi tahukah kamu, ada sebuah tren baru yang justru berlawanan dengan tren metroseksual, yaitu si lumberseksual. Penasaran apa itu tren mode lumberseksual dan bagaimana caranya untuk berpakaian ala cowok-cowok macho ini? Cek yuk!

Lumberseksual, tampilan yang menekankan pada sisi maskulin pria tanpa meninggalkan kebiasaan merawat diri atau grooming

lumberseksual via id.pinterest.com

Lumberseksual? Apaan tuh? Secara istilah, lumberseksual berasal dari kata lumber yang artinya adalah kayu dan juga seksual. Apabila metroseksual diartikan sebagai mode yang dikaitkan dengan sex appeal cowok-cowok kota metropolitan, lumberseksual dikatikan pada sex appeal cowok-cowok pedesaan (lumberjacks, penebang kayu) di Amerika sana.

Bisa dikatakan bahwa lumberseksual itu adalah perkawinan silang antara mode metroseksual dan juga hipster. Mode lumberseksual sendiri mencoba menggambarkan kemaskulinan cowok-cowok “penebang kayu” melalui brewok, otot besar, dan pakaian serba “cowok” seperti kemeja flanel, sepatu boots, dan juga jeans atau bahan denim. Namun, berbeda dengan para penebang kayu yang mungkin tiap hari pergi ke hutan untuk menebang pohon, cowok-cowok lumberseksual ini lebih sering ditemui duduk-duduk di perabot kayu yang ada di kafe-kafe hip kota, menyeruput kopi dan bermain iphone dengan versi pakaian ala “penebang kayu” yang lebih modis dan rambut yang dirawat dan digroom sedemikian mungkin.

Brewok menjadi unsur krusial untuk menciptakan tampilan lumberseksual ini. Nggak harus segede mas-mas hipster itu kok, yang penting ada!

Advertisement

Tampilan lumberseksual nggak akan lengkap tanpa adanya bulu-bulu di bagian wajahmu. Ya, lumberseksual ini identik dengan pria-pria maskulin dan brewoknya yang semakin memancarkan testosteron. Nggak perlu sebesar brewoknya Einstein kok, yang penting ada dan terawat.

Selain brewok, topi dan kupluk juga menjadi aksesoris kepala yang lumberseksual banget.

Ketika mereka sedang nggak memakai tampilan rambut klimis ala mas-mas barbershop, pria lumberseksual juga sering memakai topi dan kupluk atau beanie. Aksesoris tersebut identik dengan para penebang kayu yang biasanya tinggal di daerah pedalaman hutan yang pastinya dingin.

Kemeja flanel adalah pakaian yang wajib dimiliki oleh seorang lumberseksual karena nyaman dan pastinya cowok banget

flanel kotak-kotak via news.instyle.com

Nggak ada yang bisa mengalahkan pentingnya kemeja flanel dalam menciptakan tampilan lumberseksual. Selain dianggap nyaman, kemeja flanel juga kesannya cowok banget. Di Amerika sana, kemeja flanel sudah identik dengan pria-pria penebang kayu di pedesaan karena biasanya berbahan tebal sehingga melindungi mereka dari dingin. Meskipun begitu, mereka yang tinggal di daerah panas biasanya lebih memilih memakai kemeja flanel berbahan tipis.

Kaos dengan kesan vintage yang pas di badan juga bisa menjadi alternatif pakaian pria lumberseksual

kaos, otot, tato via modajovemmasculina.com

Tampilan lumberseksual itu nggak melulu kemeja kotak-kotak kok. Terkadang cukup dengan kaos vintage yang pas di badan atau kaos henley (lengan panjang) juga bisa menjadi alternatif untuk tampilan lumberseksual.

Overall nggak cuma trendi tapi juga bisa membuat tampilan lumberseksualmu semakin lengkap apalagi dipadukan dengan kemeja kotak-kotak!

overall plus flannel via eddierossetti.tumblr.com

Secara historis, overall denim sering digunakan sebagai pakaian kerja buruh karena tahan banting. Oleh karena itulah banyak lumberseksual yang memakai overall karena pakaian yang satu ini sering dipakai oleh mereka para pekerja di hutan.

Terinspirasi dari saudara seperguruan, mode hipster, suspender juga menjadi aksesoris vital mereka yang lumberseksual.

suspender+kotak-kotak via modajovemmasculina.com

Daripada ribet memakai sabuk, suspender memberi tampilan khas retro yang cocok banget untuk tampilan lumberseksual.

Jeans belel adalah celana pilihan para lumberseksual, apalagi yang dilipat bawahannya

Layaknya pekerjaan menebang pohon yang kasar, jeans belel maskulin yang usang bisa melengkapi tampilan lumberseksualmu. Celana jeans belel yang maskulin tersebut biasanya dilipat sedikit, sebuah bentuk fashion statement yang cukup menarik perhatian ketimbang celana jeans biasa yang dapat terlihat membosankan.

Masalah alas kaki, sepatu boots jadi pilihan nomor satu, dan sepatu kulit menjadi pilihan nomor dua

sepatu boots via www.popsugar.com.au

boots keren via www.machomoda.com.br

Sepatu boots yang maskulin dan multi-fungsi adalah pelengkap terakhir dalam tampilan lumberseksualmu.

Nah, penasaran mau mencoba tampilan maskulin yang satu ini? Jangan takut, bro! Hajar langsung!