Hayo ngaku siapa yang belum pernah facial di salon? Mungkin kamu nggak kepikiran untuk melakukannya karena kulit wajahmu sudah nyaris sempurna. Atau mungkin kamu menganggap hal tersebut buang-buang uang dan waktu saja. Padahal facial di salon punya banyak keuntungan lho. Antara lain adalah menawarkan jenis perawatan yang nggak bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Selain itu, jaman sekarang facial di salon juga sudah tak begitu mahal, banyak yang bisa dilakukan dengan harga terjangkau.

Kalau kamu pengen mencoba facial di salon, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu agar kamu nggak syok.

Momen-momen awal pasti kamu cuma ngerasain enaknya aja. Wajah dibersihkan sambil di pijat-pijat

dibersihkan dulu via gouldsalonspa.com

Langkah pertama pastinya adalah pembersihan wajah. Wajahmu akan dibersihkan menggunakan facial cleanser di awal facial agar prosesnya maksimal. Tahu nggak sih, pada saat ini wajahmu akan dipijat-pijat oleh kapsternya untuk memastikan wajahmu benar-benar bersih. Rasanya? Pastinya enak dan nyaman, bikin kamu rileks.

Kemudian sel-sel mati diangkat dengan teknik scrubbing, ini juga nyaman banget karena wajah kita dipijat dan dielus

scrubbing via fynnexp.com

Advertisement

Langkah selanjutnya adalah scrubbing dimana kapster akan memberi wajahmu suatu cairan yang adem dan mengusapkannya ke seluruh wajah. Hal tersebut dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah. Hingga langkah ini, kamu masih belum merasakan sesuatu yang signifikan kecuali elusan dan pijitan pada wajah.

Selanjutnya wajah akan diberi uap hangat. Penguapan ini rasanya enak sih, wajah jadi hangat dan bikin ngantuk, tapi kamu akan merasa pengap pada kali pertama

steaming via www.femina.in

Penguapan wajah dilakukan untuk membuka pori-pori sehingga apapun yang ingin dibersihkan dapat terangkat dengan mudah. Dalam hal ini biasanya yang dituju adalah pengangkatan komedo dan jerawat.

Uap hangat yang ditiupkan ke wajahmu itu rasanya nyaman banget. Kalau memang asapnya kepanasan, kamu bisa minta tolong mbak kapster untuk mengurangi kadar kepanasannya. Mungkin kamu juga perlu tahu bahwa ketika pertama kali diasapi dengan uap panas kamu akan serasa pengap atau susah bernapas. Tapi hal tersebut wajar kok, kamu akan terbiasa dengan cepat.

Langkah selanjutnya adalah yang paling menakutkan. Pembersihan jerawat dan komedo. Rasanya? Hmm, sakit-sakit sedap!

ouch! via www.femina.in

Ini nih langkah yang paling bikin kesel baik mukamu banyak jerawatnya atau nggak. Pasalnya, si mbak kapster tetap akan menemukan benjolan sekecil apapun di wajahmu meskipun kamu memang tak banyak jerawat. Ketika jerawat dipencet-pencet dan dibersihkan, rasa yang paling dominan adalah rasa perih dengan sisa-sisa rasa perih setelah itu.

Tapi tenang, membersihkan jerawat itu nggak akan sesakit ketika mbaknya membersihkan komedo dari hidungmu. Duh, perih banget guys, sumpah! Saking perihnya, nggak jarang ada juga yang sampai menitikkan air mata menahan serangan jari-jari mbaknya demi kecantikan.

Tapi setelah itu wajah jadi adem karena dikompres dengan es batu, tentunya setelah diberi perawatan laser yang rasanya bikin wajah seperti digigit semut

kompres es via www.vemale.com

Setelah jerawat dan komedo dibersihkan, langkah selanjutnya adalah perawatan laser untuk menghilangkan noda, meratakan pigmen, dan membersihkan kulit wajah. Perawatan laser ini rasakan cekit-cekit pada wajah bagaikan digigit semut, tapi sakitnya tertahankan kok.

Kemudian kompres es dilakukan untuk menutup pori-pori yang sempat dibuka dengan penguapan tadi. Kalau kamu nggak terbiasa dengan kompres es, pasti kamu akan merasa sedikit kaget karena ditempelkannya es batu langsung pada wajah bukanlah perasaan yang paling nyaman di dunia. Tapi, kalau kamu sudah terbiasa, kompres es itu nikmat karena bikin kulit wajah adem.

Dan langkah terakhir adalah diberi masker favoritmu. Masker yang aromatik dan alunan musik yang kalem kadang bikin kamu terlelap

Setelah menempuh yang tampaknya beribu-ribu tahun ujian rasa sakit, kamu pun bisa bersantai dengan masker wajah yang wangi dan mempercantik kulit. Ini adalah langkah yang paling nyaman tapi kadang bikin salting karena kamu akan ditinggal mbaknya selama kurang lebih 15-20 menit. Kamu bisa tidur siang, baca majalah, atau mainan hape sembari menunggu si masker mengering. Setelah itu maser dibersihkan dan kamu perawatan pun selesai!

Setelah dibersihkan, kamu biasanya akan diberi snack. Suka deh!

dikasih ini, dijamin langsung ilang sakitnya via resephariini.com

Tergantung salonnya sih, tapi salon besar biasanya akan memberi kamu makanan kecil setelah selesai facial. Yah, meskipun cuma sepotong kue atau roti, siapa sih yang nggak doyan gratisan?

Langkah-langkah tadi kamu wajib tahu sebelum melakukan facial di salon untuk yang pertama kalinya. Sekarang, kamu pun siap akan apapun yang dilempar oleh mbak kapster ke arahmu!