Kalau membicarakan seputar kebaya, rasanya penasaran dan nggak ada habisnya. Busana tradisional khas Indonesia yang tak lekang zaman ini, memang kembali bangkit seiring perkembangan modelnya yang makin beragam. Tidak hanya kebaya Kartini yang khas, penggemar kebaya-kebaya modern dengan variasi manik-manik dan bawahan pun kian bertambah. Bahkan, kini ibu-ibu dengan usia 40 tahun-an ke atas banyak yang mengenakan kebaya sebagai busana favorit di acara-acara formal mereka.

Sebagai anak yang baik, kamu tentu ingin memberikan yang terbaik bagi Ibu atau Ibu mertuamu bukan? Nah, daripada bingung mau ngasih apa, mending kamu menghadiahkan kebaya-kebaya cantik ini saja. Ini dia inspirasinya!

1. Demi menunjang penampilan Ibu, mempersembahkan kebaya tradisional berwarna biru kalem ini bisa jadi alternatif paling ampuh. Duh, Ibu cantiknya…

kebaya tradisional, bagus buat ibu via instagram.com

Karena usia Ibu atau mertuamu sudah tak muda lagi, kejelianmu dalam memilih motif dan warna harus diasah tajam. Warna-warna yang terlalu terang tidaklah cocok, karena akan terlihat kurang pantas. Lebih baik pilih warna-warna kalem, namun tetap manis dan elegan untuk dipandang. Biru muda, merah muda, coklat muda atau putih tulang misalnya.

2. Supaya tidak monoton, pilihlah bawahan songket untuk menggantikan jarik biasa. Lengkapi juga dengan atasan kebaya bernuansa modern.

warna putih dan bawahan songket yang cantik via instagram.com

Advertisement

Ya, namanya juga ibu-ibu. Motif dan warna kebaya yang soft cenderung lebih disukai. Seperti jarik songket yang dipadukan dengan atasan kebaya modern ini, dijamin deh Ibumu bakal menyukainya.

2. Kalau Ibumu penyuka fashion modern, coba deh persembahkan longdress yang dipasangkan dengan blazer ala kebaya ini.

cream metalik, uuuu ~ via instagram.com

Tak semua ibu-ibu itu berjiwa tua dan kuno. Ada di antara beliau yang justru lebih nyaman dengan fashion modern namun tetap santun. Seperti pada kebaya modern ini, potongan kainnya yang unik dan berbeda bisa menampilkan kesan chic namun tradisional dengan atasan menyerupai blazer ala-ala kebaya khas Indonesia.

4. Sesekali, kamu juga bisa menjatuhkan pilihan pada kebaya dan jarik berwarna cerah. Ibumu akan tampak cantik nan elegan tanpa terlihat ‘wah’.

duh ibu, cantiknya 🙂 via fashionmodelku.com

Menjatuhkan pilihan pada warna-warna cerah untuk kebaya itu tak selamanya mudah. Butuh pertimbangan khusus demi kesesuaian dengan pemakaianya nanti. Supaya tidak terlalu ramai ketika dikenakan, sebaiknya kamu memilih warna cerah tapi tidak mencolok, seperti kuning atau hijau pastel.

Pun dengan warna orange yang ceria ini. Sesuaikan juga dengan jariknya, ya…

warna orange itu sah-sah saja via instagram.com

Dengan padu padan jarik yang tepat, warna orange pada atasan kebaya itu justru akan terlihat anggun dan berkelas.

5. Tak hanya terkesan mewah, kebaya beludru berwarna marun ini juga ampuh membuat penampilan Ibu semakin berkelas.

warna marun, mewah dan berkelas via instagram.com

Biar ibumu tidak bosan, mempersembahkan kebaya berbahan beludru ini dijamin membuat hatinya makin riang. Ditambah lagi, sudah menjadi rahasia umum kalau busana berwarna marun itu akan mengesankan kemewahan yang berkelas.

6. Kalau Ibu ingin makin mantap berhijab, kamu sebagai anak wajib mendukung. Misalnya dengan memberikan setelan kebaya modern yang panjang nan tertutup.

sempurnakan penampilan ibu dengan hijabnya via instagram.com

Jika Ibu atau calon mertuamu mengenakan hijab, pilihlah kebaya dengan potongan panjang dan berbahan dasar jatuh. Warna dan motifnya juga perlu dipikirkan matang-matang, ya. Contohnya, atasan berenda dan skirt ‘payung’ berbahan satin ini bisa jadi alternatif utama.

7. Biarkan kecantikan Ibu lebih memancar dengan kebaya merah dan jarik bercorak tradisional ini. Tularkan kecantikan itu pada anakmu ya, Bu ~

kebaya merah buat Ibu tercinta via instagram.com

Dari zaman dulu, kebaya-kebaya tradisional dengan warna merah memang sudah menjadi favorit para wanita Indonesia. Tapi pada kenyataannya, di era modern seperti sekarang ini pun tak sedikit yang masih mengandalkan warna merah sebagai corak utama pada kebayanya. Warna yang melambangkan keberanian ini juga tak pernah gagal memancarakan aura cantik dan keibuan para kaum hawa.

8. Usia boleh saja menua, tapi gaya dan penampilan ibumu tak boleh tertinggal zaman dengan kebaya kutubaru yang cantik namun tampak bijaksana.

kutubaru beludru, ulala ~ via instagram.com

Siapa yang tidak kenal kebaya kutubaru, evolusi kebaya yang anti mainstream ini tak hanya menarik hati tapi mengingatkan kita akan budaya yang kaya di Indonesia. Bentuknya yang tradisional juga akan menonjolkan kesan dewasa dan bijaksana pada siapa saja yang mengenakannya. Pssst, tambahkan selendang songket biar tambah berkelas, ya.

Tak hanya kamu, Ibu atau calon mertuamu juga berhak tampil cantik dengan kebaya. Kalau kamu mau pilih yang mana?