“Cieelaah merah putih… Mau upacara di mana, Dek?”

Kalau kalimat di atas pernah atau bahkan sering membuatmu sakit hati, berarti kamu butuh kepercayaan diri yang lebih tinggi. Padu padan baju merah dan putih itu nggak selamanya norak atau mencontek warna bendera, justru makin modis jika kamu tahu bagaimana mix and match yang tepat.

Daripada terus bertanya-tanya dan tambah penasaran, Hipwee Style akan membagikan padu padan baju merah putih buat kalian, supaya tambah PD dan nggak malu lagi! Seperti apa ya kira-kira?

1. Biar nggak kelihatan kayak bendera banget, kamu bisa padukan celana merah, blazer putih dan baju hitam sebagai dalaman. Hasilnya? Super elegan!

celana jeans sama blazer emang paling dewa deh! via raindropsofsapphire.com

Jika kamu kurang PD memadukan warna merah dan putih secara bersamaan, memasukkan warna lain sebagai tambahan sangat bisa kamu praktikkan. Bertandang ke acara-acara formal pun akan semakin menawan dengan paduan yang satu ini, yakni celana merah, blazer putih dan baju dalaman berwarna hitam.

Advertisement

Karena ada warna hitam sebagai dalaman, fokus orang-orang yang melihat tidak akan pada celana merahmu yang terang, melainkan perpaduan tiga warna yang berani sekaligus menantang. Ewww ~

2. Bosan sama blazer merah biasa? Cape blazer pun bisa kamu coba…

kalau bosan blzer biasa, cape blazer juga bisa via dustjacket-attic.com

Dengan mengenakan jumpsuit putih sebagai baju dasarmu, memadukannya dengan cape blazer berwarna merah gelap akan membuatmu tampil classy. Jangan takut kalau orang-orang akan memanggilmu sebagai anak-anak SD, karena tren fashion ini sedang happening alias disukai banyak wanita, baik di Indonesia maupun Mancanegara.

“Karena iklim di Indonesia itu tropis, pilihlah cape blazer berbahan tipis atau sedang biar kamu nggak salah kostum dan kegerahan.”

3. Kadang, pakaian polos itu mebosankan. Untuk itu, sesekali pakai bawahan bermotif bunga merah dan putih patut banget buat dicoba.

daripada polos, mending bunga-bunga via lookbook.nu

Selain meminimalisir rasa bosan yang menghinggapimu, bervariasi dengan bawahan atau rok bermotif bunga merah putih ini juga akan menambah tampilan femininmu. Kenakan atasan berwarna putih polos jika pilihan bawahanmu jatuh pada rok bunga-bunga ini biar nggak terlalu ramai, ya.

Buat kamu yang berhijab, atasan kemeja dan rok berukuran tanggung ini tetap bisa dicoba, asal kamu mengenakkan legging atau celana hitam polos sebagai dalaman roknya. Jangan takut kalau nantinya terlalu ketat, rok tanggung atau midi skirt ini sama sekali tak menonjolkan bagian pantat atau pinggulmu, kok. Selamat mencoba!

4. Kalau nggak mau bawahannya yang bunga-bunga, kemejanya aja deh ya… Pakai celana jeans juga biar makin cantik nan sederhana.

atau atasannya aja yang bunga-bunga? via aliexpress.com

Mix and match warna merah dan putih itu nggak harus kaku atau gitu-gitu aja, masih banyak inovasi lain yang sangat layak untuk dicoba. Kemeja bermotif bunga merah dengan dominasi warna putih dan merah ini misalnya, tak hanya cantik tapi juga sangat simpel jika kamu memadukannya dengan celana jeans. Nggak percaya?

5. Ke kondangan atau pesta? Pakai setelan merah putih sama blazer belang-belang aja. Pasti oke.

ditambah blazer belang-belang, why not? via thevovetable.wordpress.com

Bukan cuma cewek-cewek tak berhijab, dia yang berhijab pun sangat bisa mengenakan busana merah putih yang satu ini. Tanpa berlebihan, kamu pun bisa leluasa bermain motif di sini, dengan blazer belang-belang sebagai luaran wajib contohnya. Jangan kuatir kalau kamu bakal salah kostum, perpaduan yang satu ini akan lebih elegan dan formal jika kamu kenakan ke acara kondangan atau pesta. Wiih…

6. Supaya tambah sopan, gantilah celana favoritmu dengan rok panjang berwarna merah yang dipercantik dengan ikat pinggang.

atau rok panjang gini nih… via outfit4girls.com

Pakai celana itu memang paling nyaman dan mudah buat dimatching-kan dengan atasan model apapun. Tapi jangan salah, rok panjang polos berwarna merah juga bisa, kok. Kamu cukup memanfaatkan ‘kepolosan’ rok panjangmu dengan kemeja, blazer atau atasan lainnya yang didominasi warna putih yang sedikit bermotif atau bahkan polos.

“Jika kamu berhijab, kenakan saja hijab polos atau bermotif dengan dominasi warna gelap. Nggak mau ‘kan dipanggil jemuran berjalan?”

7. Kembali ke zaman dulu, bahwa warna putih akan sangat menarik jika dipadukan dengan merah marun. Yuk coba, Mb!

balik ke zaman jadul via wheretoget.it

Bukannya mirip anak-anak SD yang mau upacara, mix and match warna putih dan merah marun ini malah akan membawamu ke masa klasik, di mana kedua warna ini adalah pasangan yang serasi. Jangan salah sangka, cewek-cewek berhijab pun bisa mengenakan padu padan ini, jika mereka memakai legging serta atasan yang tidak ketat agar auratny tidak terumbar.

Cuek saja kalau kamu dikatain nyontek anak SD, toh semua orang pernah mengalami masa-masa indah saat SD ‘kan?

8. Sempatkan dirimu untuk mencari kain bermotif warna merah dan putih sekaligus. Biar praktis dan nggak dua kali kerja gitu…

jika sempat, carilah bahan yang sudah mengandung warna hitam & putih via geomoriarty.com

Terbiasa memakai baju terusan alias dress itu memang menyenangkan karena saking praktis dan cantiknya. Nah, manfaatkan kesenanganmu ini sebagai tolak ukur untuk lebih jeli mengenakan baju-baju berwarna, seperti merah dan putih. Carilah baju yang sudah jadi atau kain yang sudah mengandung kedua warna tadi, biar kamu nggak sekali kerja dan hasilnya pasti bagus serta pas buat kamu pakai.

Jangan banyak dengar kata orang soal baju apa yang kamu pakai. Mereka tidak memberimu uang untuk membeli, jadi diam saja dan keluarkan lagi lewat kuping kiri. Cheers!