Menurut kebutuhan, sandang atau pakaian itu diperlukan supaya manusia disebut sebagai makhluk berbudaya. Ada juga yang bilang, berpakaian adalah cara untuk hidup. Intinya sih pakaian adalah hal yang sangat penting untuk kita semua. Dari kebutuhan yang penting itu, nggak heran kalau industri fashion berkembang dari tahun ke tahun. Sejalan dengan tuntutan kamu sebagai konsumen yang menganggap fashion lebih dari kebutuhan, tapi sudah jadi pemuas kenginan untuk terlihat trendi.

Terlihat trendi supaya sedap dipandang sebenarnya sah-sah saja. Toh salah satu cara membuat orang tertarik adalah melalui penampilanmu. Namun kadang demi terlihat trendi orang rela mengeluarkan uang ratusan bahkan jutaan untuk sekadar membeli satu atau dua pakaian, tas, sepatu dan lain sebagainya. Buat mereka, benda bermerk dan mahal punya andil cukup kuat untuk membentuk penampilan. Padahal kalau ditanya apakah sudah mampu, jawabnya ya belum…

Kalau dipikir-pikir lagi, sebegitu pentingnya kah kamu harus membeli pakaian, tas atau sepatu bermerek yang harganya mahal sekali? Supaya kamu bisa lebih bijak membeli kebutuhan sandang, ada baiknya kamu renungkan beberapa alasan ini.

1. Harga nggak jadi patokan penampilanmu akan sedap dipandang, sebab yang penting itu cara kamu memadu-padankan

Mahal tapi kalau padu padan nggak bisa, jadinya norak via www.thesun.co.uk

Kalau niatmu membeli pakaian atau sepatu mahal supaya penampilanmu sedap dipandang, ya sudah salah besar. Sebab harga mahal tak selalu bisa memberi jaminan untuk penampilan yang sempurna. Penampilanmu enak atau nggak enak dilihat itu balik lagi ke bagaimana cara kamu memilih pakaian yang pantas untuk dipakai dan cara kamu memadu-padankannya.

Advertisement

Setidaknya kamu paham, oh kalau celana skiny jeans ini enaknya dipadukan sama atasan yang apa ya? kira kira warnanya yang cocok di kulitmu juga apa? Atau saat kamu memutuskan memakai celana kulot bermotif, kamu bisa memilih atasan yang lebih simpel seperti kaos atau blouse polosan. Sama halnya dengan sepatu atau tas, semua kembali keselera. Tapi mahal atau tidaknya keduanya toh tak selalu memberi jaminan kamu terlihat trendi sekali.

2. Nggak semua orang peduli sama harga pakaian atau tas yang kamu kenakan, nggak mungkin juga mereka nyinyirin itu KW atau bukan

Hayo itu KW atau bukan?! via www.whowhatwear.com

Eh, itu tas kamu Hermes KW berapa?

Enak aja, ini asli tahu! Padahal belinya di Tanah Abang

Ada memang orang yang suka sekali menanyakan harga pakaian, tas atau sepatu yang kamu gunakan. Tapi ingat nggak semua orang juga peduli dengan harga atau label benda-benda itu. Penampilanmu enak dilihat saja, sebenarnya sudah bisa membuat orang bungkam dan tak banyak tanya soal, baju beli dimana, merk apa, harga berapa. Paling orang hanya komentar;

Kok lucu banget sih rok midinya, beli di mana?

Di pasar senen, di tempat langganan barang-barang preloved.

Serius! bagus An, kece banget dipakai sama kamu.

Mau itu barang baru atau second kalau memang dilihat bagus dan pas di badan kamu. Orang juga pasti akan suprise mendengar kalau itu bukan barang mahal yang seperti dia kira.

3. Mau semahal apapun pakaian, tas atau sepatu kalau waktunya rusak, ya rusak saja

Nanti juga bakal rusak juga via brokeandchic.com

Sedih banget deh, Mus…. Tas Gucci yang baru aku beli di Pasific Palace kemaren robek, entah kesangkut apa. Pas turun dari KRL deh kayaknya.

Kan katanya ada garansinya.

Iya, garansinya gratis tapi ongkos buat kirim tasnya ke pusat garansinya bisa jutaan.

Katanya yang harganya mahal itu lebih awet atau nggak gampang rusak. Padahal kenyataanya mau semahal apapun tas, sepatu atau pakaian yang kamu beli tetap saja semua itu barang fana yang pasti rusak. Dan kalau sudah rusak tanpa diduda-duga biasanya bisa bikin kamu merana seperti di putusin pacar. Mengingat uang kamu keluarkan untuk membelinya cukup banyak. Padahal daripada uangnya dipakai untuk barang fana, kan kamu bisa pakai untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.

4. Kalau fungsi kebaya desainer sama kebaya rancangan sendiri itu sama, kenapa harus memaksakan diri beli barang mahal dengan uang pas-pasan

Fungsinya kebaya kan sama aja via millakartikasari.blogspot.co.id

Fungsi utama pakaian itu apa untuk melindungi tubuhmu dari pengaruh lingkungan luar. Secara spesifiknya setiap pakaian juga ada fungsinya. Contohnya, seperti kebaya yang fungsinya sebagai pakaian untuk acara-acara formal, dari mulai wisudaan, kondangan sampai pernikahanmu kelak. Kalau sekadar kondangan atau wisudaan rasanya kebaya dengan harga terjangkau sudah bisa memenuhi kebutuhan.

Jadi apa harus memaksakan diri membeli kebaya atau pakaian lain seharaga jutaan bahkan bisa lebih, kalau sebenarnya yang murah saja sudah memenuhi fungsinya. Apalagi kalau ingat beli kebaya jutaan dengan uang yang pas-pasan atau nyicil, duh nggak sayang emangnya?!

5. Karena yang penting itu bukan mahalnya, tapi nyamannya ketika barang-barang itu dikenakan ke badanmu ini

yang penting nyaman kan via www.logancoleblog.com

Mahal juga bukan jaminan nyaman saat kamu pakai di badanmu. Kadang ada yang harganya biasa dan bukan dari merk ternama tetap bisa membuat kamu nyaman dan percaya diri saat memakainya. Tapi kadang ada yang sudah harganya mahal, tapi pas dipakai ternyata ada bagian dari pakaian atau sepatu itu yang membuatmu tak nyaman. Misalnya sepatu yang kamu banggakan karena bermerk dan harganya lumayan, tapi ternyata pas kamu pakai seringnya membuat kakimu lecet.

Karena yang penting itu bukan harga, tapi kenyamanan yang didapat.

6. Bisa beli baju mahal, tapi buat makan aja kamu ngutang, duh itu sedihnya nggak ketulungan

Besok makan pakai apa ya! via www.logancoleblog.com

An, titip beli makan dong, tapi talangin dulu ya.

Hah, perasaan kemaren kamu baru beli baju di Gaudi sama Zara, kenapa sekarang ngutang?!

Karena gengsimu tak bisa membuat perutmu kenyang, kenapa masih harus memaksakan diri membeli baju, tas, sepatu atau kebutuhan fashion dengan harga mahal? Daripada mentingin gengsi dengan pakai pakaian serba bermerk tapi kamu makan saja pas-pasan bahkan susah. Mending kamu mulai lebih pintar dan jeli memilih barang yang sekiranya bagus dipakai tapi dengan harga terjangkau. Tak usah memaksakan diri, toh semua demi kebaikanmu juga.

Masih yakin mau terus-terusan terbuai dengan pakaian, tas, sepatu yang harganya mahal selangit?

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!