Populernya lipstik matte di kalangan kaum hawa itu ibarat berada setingkat di bawah surga, karena saking menyenangkannya untuk kita. Inovasi yang tergolong baru dari pemoles bibir ini pun tak butuh waktu lama untuk mengambil hati para peminatnya, khususnya mereka yang ‘haus’ akan make up awet tetapi  harganya tetap terjangkau.

Tapi herannya, nggak sedikit dari mereka yang juga mengeluh kalau bibirnya jadi hitam setelah terlalu sering pakai lipstik matte. Kenapa, ya? Padahal lipstik matte itu nggak jahat, lho.

Tanpa menghakimi benda kecil imut yang punya banyak fungsi ini, mending kamu simak trik jitu dari Hipwee Style supaya bibirmu nggak lagi menghitam, hanya karena pakai lipstik. Yuk merapat, Tsaaaay…!

Jangan buru-buru mengeluh, bibir kering dan menghitam itu bukan cuma karena lipstik saja. Kurang minum air putih juga bisa…

belum banyak yang tahu nih… via imperfectlynatural.com

“Hayooo… Sudah minum berapa gelas air putih hari ini?”

Advertisement

Kalau kamu masih menyepelekan fungsi air putih yang bejibun dan tak diragukan lagi, berarti kamu harus lebih banyak piknik dan rajin-rajin baca informasi kesehatan di internet. Tak hanya baik untuk sistem detoks tubuh, air putih ternyata sangat baik untuk menjaga kadar kelembaban pada bibir dan kulitmu juga.

Terlebih jika kamu adalah pengguna lipstik sejati, yang tak bisa lepas sama sekali. Minum air putih minimal 8 gelas per hari akan sangat diperlukan demi mencegah bibir kering bahkan menghitam. Percuma dong, kalau udah cantik tapi bibirnya hitam?

Sebelum pakai lisptik matte, ada baiknya kamu oles-oles lip balm dulu. Buat yang punya bibir kering, ini juga ampuh banget!

pakai lip balm dulu sebelum pakai lipstik matte, girls via beautyfrizz.com

Kamu perlu tahu, bahwa tidak semua lipstik itu ‘ramah’ di bibirmu, termasuk lipstik matte yang sekarang sedang banyak digandrungi. Fomula lipstik matte yang lebih keras dibading lipstik biasa juga harusnya kamu jadikan bahan pertimbangan, sebelum terlalu sering mengenakannya.

Sifat tahan lama yang dipunyai lipstik ini mungkin menjadi salah satu alasan, mengapa jangan sampai menemel di bibirmu seharian. Untuk mengakalinya, oleskan lip balm bening dulu sebelum kamu touch up dengan lipstik matte favoritmu.

Soal harga lipstik matte, kamu memang harus jeli. Bukan sekadar murah, tapi ujung-ujungnya malah bikin sakit hati

jangan sembarangan murah saja! via 1080.plus

“Pernah iseng beli lipstik matte di online shop gitu. Reviewnya bagus dan katanya sih nggak banyak mengandung bahan kimia, tapi nihil dan aku kecewa banget. Bukannya bibirku jadi terbakar atau apa, tapi warna bibirku yang dulunya coklat-coklat pink gitu berubah jadi abu-abu kusam karena aku pakai setiap hari, bahkan samapi terbawa tidur (kadang-kadang). Aku jadi kapok pakai lipstik matte murah, karena (katanya) kandungan kimiawinya lebih banyak daripada lain-lainnya.”

NN, 26th

Nah, lho. Gimana tuh, girls? Pernah ngalamin juga nggak?

Dari kesaksian di atas, sebaiknya kamu tidak memakai lipstik matte terlalu sering atau bahkan terbawa bobok nyenyak

jangan sering-sering ya via iwastakenbusurprise.blogspot.com

Ya kalau keluar rumah atau ketemu sama pacar sih nggak apa-apa. Tapi nggak setiap saat atau kalau mau tidur juga kali…

Ayo usaha lagi. Masih banyak kok lipstik matte bagus yang sudah ada pelembabnya

cari yang ada pelembabnya via instagram.com

Tanpa harus asal comot atau keburu nafsu pengen beli saja, sebaiknya tanyakan dulu pada penjual atau SPG lipstik matte incaranmu ini tentang berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Terkesan bawel nggak apa-apa, daripada kamu menyesal juga nantinya.

Kandungan pelembab, sunscreen atau vitamin E lah yang biasanya layak kamu tanyakan pada penjual atau keterangan dibalik kemasan lipstik matte tadi. Jangan ragu untuk selektif, demi menjaga kesehatan bibirmu, ya.

Jangan cuma tergiur iklan atau kata teman, pilihlah lipstik matte yang ringan sesuai kebutuhan

pilih lipstik matte yang ringan via mozaic.co.id

Inilah yang Hipwee Style maksud dengan ‘lipstik matte ringan’ :

  • saat dioles, warnanya langsung merata pada bibir dan tidak lengket
  • saat bibir atas dan bawah ditempelkan, lipstik tidak pudar atau terlalu merekat
  • tidak butuh waktu lama untuk menunggu kering, karena ini ringan
  • tetap menempel di gelas atau sendok ketika makan, meski hanya sedikit
  • biasanya hanya bertahan 6-8 jam saja (pemakaian wajar)
  • dihapusnya pun mudah, cukup dengan make up remover atau tisu basah saja.

Nah, kamu bisa menyimpulkan sendiri ‘kan bagaimana bedanya dengan lipstik matte yang ‘berat’ dan kurang baik untuk bibir?

Jadi, jangan dulu nge-judge kalau lipstik matte adalah penyebab utama bibirmu kering dan menghitam. Teliti dulu bagaimana caramu melakukan perawatan 🙂