Kebaya itu busana sakral nan mahal, terutama bagi perempuan. Selain bisa mengusung adat asli Indonesia, memakai kebaya juga bisa membuat perempuan tampak lebih anggun dan santun. Bukan hanya untuk acara pernikahan, kebaya juga cocok dikenakan saat menghadiri pesta atau kondangan. Model dari kebaya yang mulai beragam juga banyak memanjakan kaum hawa, khususnya ketika kebimbangan mix and match mulai melanda. Apakah kamu juga salah satu penggemar kebaya?

Bukan cuma keragaman kebaya yang akan dibahas kali ini, Hipwee Style juga akan membantumu menentukan jenis kebaya sesuai bentuk tubuh. Penasaran? Yuk, simak!

1. Punya tubuh berisi itu bukan bencana, kebaya bermodel V-neck justru akan membuatmu tampil jenjang nan mempesona.

buat cewek-cewek berisi nih @kebaya_inspiration via instagram.com

Tubuh berisi itu bukan halangan untuk terlihat modis dengan kebaya. Tinggal pintar-pintar saja memilih potongan kebaya dan detailnya, kamu dengan tubuh berisi akan lebih cantik dan mempesona dengan kebaya. Sebenarnya, menentukan kebaya untuk cewek berisi itu tidak sesulit yang dibayangkan, asal tahu proporsi tubuh dan jenis bahan kebaya yang sesuai.

“Untuk cewek berisi, pilihlah kebaya yang tak terlalu banyak mengandung motif, manik-manik atau payet. Pada bagian leher juga harus diperhatikan, yakni leher berbentuk V atau V-neck.”

2. Tubuhmu berbentuk lurus/boyish? Pilih saja kebaya yang pas di badan serta memiliki detail di pinggul atau pinggang.

Advertisement

bertubuh boyish tak masalah @kebaya_inspiration via instagram.com

Cewek dengan tubuh lurus atau memiliki pundak yang tegak, sebaiknya tidak memakai kebaya longgar dan memiliki motif dibagian pundak. Tubuh lurus akan lebih proporsional jika mengenakan kebaya dengan siluet di pinggang serta pinggul. Jika susah menentukan siluetnya, kamu bisa mengakali dengan bustier yang berbentuk jam pasir.

“Jika malas menambahkan motif atau bustier untuk menampilkan siluet, kamu bisa akali dengan pita atau tali yang dililitkan ke pinggang supaya hasilnya sama menyerupai siluet di pinggang.”

3. Bukan cuma hijab, kebaya juga ada yang menutup dada. Ini nih yang cocok buat kamu cewek-cewek berdada besar dan lebar. Yuk coba!

ada juga lho kebaya menutup dada @kebaya_inspiration via instagram.com

Berbeda dengan kebaya pada umumnya yang cenderung terbuka pada bagian leher hingga pundak, kebaya dengan penutup dada ini dikhususkan bagi dia yang berdada besar. Tidak hanya yang menutup dada, kebaya lain yang cocok adalah kebaya yang tidak mengandung kerut di bagian dada hingga perut ke bawah.

“Ukuran dada yang lebar dan besar takkan jadi halangan untuk bisa tampil sopan dengan kebaya. Intinya, jangan pilih kebaya yang ketat atau terlalu banyak mengandung motif aja sih…”

4. Cewek-cewek mungil namun berisi, mana nih suaranya? Kamu pun bisa tampil cantik dengan kebaya, asal tahu taktik jitunya…

cewek mungil namun berisi, ini model kebaya yang cocok untukmu @kebaya_inspiration via instagram,.com

“Memilih kebaya yang mengekspos bagian pundak atau yang berpotongan serong di bagian bawah, berfungsi untuk menciptakan ilusi tubuh lebih tinggi. Kalau kurang suka yang panjang, kamu juga bisa memilih model kebaya dengan bagian belakang lebih panjang. Pssst… jangan pilih kebaya dengan detail leher yang penuh biar tubuhmu tidak ‘tenggelam’ ya.”

Gimana, gampang ‘kan?

5. Kalau kamu mungil tapi kurus, beginilah gaya kebaya yang paling cocok buatmu!

hai cewek-cewek mungil… @kebaya_inspiration via instagram.com

“Cewek mungil itu imut-imut plus ngegemesin. Nggak percaya?”

Demi penampilan yang makin menawan dan jenjang, cewek dengan tubuh mungil sebaiknya memilih kebaya yang pas di badan supaya nggak kedodoran. Tidak harus ketat, tapi detail kebayanya harus jelas, terutama di bagian pundak, pinggul sampai kaki.

6. Sebagai bonus, Hipwee Style juga akan memberikan tips bagaimana memilih warna kebaya sesuai warna kulit. Ini dia…

kebaya sesuai warna kulit via instagram.com

Memilih kebaya sesuai warna kulit :

  • kulit hitam : kebaya merah marun, biru tua, cream atau putih tulang
  • kulit coklat : kebaya putih tulang, kuning pastel atau biru pastel
  • kulit putih : segala macam warna pastel, hitam, coklat, merah marun atau oranye
  • kulit kuning langsat : pink pastel, hitam, merah marun dan pink tua.

Kalau kulitmu masuk jenis yang mana nih?

Semoga artikel ini membantumu dalam menentukan jenis kebaya ya, Ladies! Good luck!