“Eh, udah umur 25 tahun penampilanmu kayak ABG baru lulus SMA ih!”

Terkadang, menyenangkan kalau ada yang bilang penampilan kita nampak segar dan awet muda. Tapi, nggak selamanya dianggap ‘masih muda’ terus-menerus itu bikin percaya diri, lho!

Udah masuk umur 20-an tapi selalu disamakan dengan anak ABG setara SMA yang baru lulus, KZL nggak sih lama-lama? Atau, bahkan kamu yang sudah mati-matian dandan demi terlihat dewasa saat kondangan justru gagal karena salah padu-padan baju.

Nah, kalau kamu sudah bosan dikatain mirip anak kecil terus, nggak ada salahnya kamu cermati panduan berbusana dari Hipwee ini, yuk!

1. Busana full colour identik dengan keceriaan khas anak muda, jadi kurang tepat jika dikenakan saat acara formal. Sebaiknya, pilih warna-warna lembut sebagai koleksi bajumu.

full of colour via www.wholesale7.net

Advertisement

Berikut adalah warna-warna lembut atau kalem dari busana yang cocok kamu jadikan sebagai koleksi:

  • biru laut
  • cream (cokelat muda)
  • cokelat tua
  • merah marun
  • nude (pink muda perpaduan cream)

Alternatif warna tadi cocok untukmu yang biasa datang ke acara formal tapi kurang suka dengan warna hitam. Sebagai orang dewasa, tentunya kamu ingin tampil elegan tanpa cela bukan? Dengan memilih salah satu warna di atas tadi, kamu akan tampil ceria namun tetap dewasa dan elegan.

2. Dengan memilih sweater rajut polos, kamu akan tampak lebih dewasa. Jangan pilih jaket tebal dengan ukuran besar agar tak berlebihan.

pilihlah swater supaya lebih elegan via complex.com

Memilih jaket yang biasa kamu kenakan juga tak boleh asal, ya. Model jaket yang sudah beragam akhir-akhir ini makin mempermudahmu dalam pemilihan model serta motifnya. Tak sulit tampil dewasa jika kamu pandai memilah-milah jaket mana yang sekiranya cocok dipakai orang dewasa pada umumnya.

Pilihlah jaket atau sweater dengan warna kalem serta model yang simpel. Sweater rajut misalnya, dengan potongan yang mirip dengan kaus panjang, sweater dengan model ini akan mempermanis tampilan dewasamu. Hindari memakai jaket ‘gombrong’ dengan potongan besar dan lebar dalam setiap acaramu. Bukannya menyalahkan jaket ‘gombrong’ ini, tapi menurut para pakar fashion memang kurang tepat jika jaket dengan model demikian kamu jadikan ‘satu-satunya’ dalam setiap acaramu.

3. Tampilan casual tak seharusnya rusak karena bawahan yang kurang tepat. Hindari pemakaian celana jogger saat acara-acara tertentu, lebih baik koleksi celana chino atau jeans standar saja.

jangan pakai jogger pants saat casual via manolith.com

Meski sekarang emang lagi populer banget, celana jogger sebaiknya hanya digunakan saat olah raga dan santai saja. Dalam setiap acara casual-mu, pilihlah celana panjang seperti chino atau jeans standar dengan warna yang netral dan tidak terlalu terang. Selain mampu membuat tampilanmu lebih dewasa, celana chino atau jeans standar bisa kamu padukan dengan berbagai atasan yang kamu punya, lho.

4. Dengan mengurangi pemakaian belt besar dan lebih memilih belt kecil, berarti kamu menyadari betul kalau penampilan yang dewasa itu tak perlu berlebihan.

hindari belt besar via aliexpress.com

Alih-alih ingin berpenampilan dewasa, kamu justru memakai belt atau sabuk berukuran besar yang sebenarnya kurang tepat. Belt berukuran besar hanya akan membuatmu tampil berlebihan dan tidak stylish, lho. Gunakan belt kecil serbaguna supaya tampilanmu dengan skirt atau celana akan semakin menawan.

Sebaiknya, hindari juga memakai belt dengan warna yang terlalu terang seperti shocking pink atau yellow, ya. Bukannya tampil menawan ala orang dewasa, kamu justru akan terlihat berlebihan tak beraturan.

5. Saat santai atau hangout, pilihlah kaos oblong longgar dengan potongan kerah yang simple. Kurangi memakai turtle neck jika kamu sedang dalam suasana santai.

mendingan pakai kaos oblong deh via blog.tokopedia.com

Meskipun hanya kaos oblong, kamu yang ingin terlihat dewasa akan tampil sempurna dengan busana yang satu ini. Usahakan pilih yang longgar dengan potongan kerah yang simpel supaya kamu nggak tetap tampil sederhana. Mengapa harus mengurangi turtle neck? Ya, baju polos dengan kerah sampai ke leher ini justru akan membuatmu terlihat kaku saat suasana santai atau hangout bersama teman. Masih ada musim dingin atau musim hujan yang menanti kalau kamu masih ingin memakai turtle neck ini, kok. Nggak usah khawatir.

6. Tak usah repot-repot menyingkirkan baju lamamu yang terlihat kekanak-kanakan, padukan dengan blazer atau cardigan saja demi penampilan yang dewasa.

blazer sebagai pengganti baju biasa via aliexpress.com

Bosan sama bajumu yang dulu? Baju yang membuatmu tampil kekanak-kanakan? Jangan cemas dulu. Coba deh manfaatkan blazer atau cardigan demi penampilan dewasamu yang makin maksimal. Kekuatan blazer dan cardigan ini mampu menyulap penampilanmu tambah menawan dan rupawan, lho.

7. Dalam kamus orang dewasa, pakai busana yang wajar-wajar saja tanpa sabuk dan motif berlebihan adalah yang utama.

dewasa berarti tampil wajar-wajar saja via fashionel.mk

Berpenampilan dewasa bukan berarti kaku dan tidak stylish. Justru, dalam fase inilah kamu bisa membedakan mana busana yang tepat dan mana yang tidak di masing-masing acara. Semakin kamu jeli dalam pemakaian busanamu, tingkat kedewasaanmu akan makin meningkat di sini.

Berbusana yang sewajarnya saja sesuai tuntutan acara sebaiknya yang menjadi PR-mu mulai sekarang. Tak melulu soal warna, motif dan potongan busananya juga sangat menentukan kedewasaanmu, khususnya dalam berpakaian.

Nah, yuk buktikan ke teman-temanmu bahwa kamu juga bisa tampil elegan dan dewasa dengan trik singkat yang nggak butuh biaya ini!