Masa-masa kuliah nggak hanya masa yang tepat untuk mengembangkan dirimu di dunia akademis, tapi juga momen tepat untuk menentukan baik tidaknya seleramu dalam berpakaian. Kita tahu sendirlah, zaman jadi mahasiswa mah nggak banyak aturan soal pakaian seperti zaman SMA — yang perlu disiplin dan seragam.

Nggak bisa dipungkiri, selain isi otak dan kepribadian, sebagian besar orang juga dilihat dari penampilan. Memang sih penampilan itu paduan dari bentuk fisik tubuh dengan pakaian yang kamu pakai. Namun, wajah doang jelas nggak cukup kalau cara berpakaianmu terkesan udik.

Buat kamu yang pernah jadi mahasiswa atau sekarang masih mahasiswa dan nggak pernah dilirik, Hipwee rasa ada yang salah dengan gaya berpakaianmu. Nah kali ini bakal kami ungkapkan. Kira-kira kesalahan apa saja yang bisa bikin tingkat kerennya cowok bisa meningkat tinggi?

1. Padu padan warna sangat vital buat memengaruhi kekeceanmu. Tapi, penggunaan banyak warna bisa jadi ide buruk

Simpel aja kayak gini via scontent-sit4-1.cdninstagram.com

Warna yang terlalu ramai atau ngejreng jelas ide buruk yang bisa bikin orang turun moodnya. Kamu bisa terlihat norak di pandangan orang lain. Beda sama cewek, terlalu banyak warna jelas terlihat nggak cocok buat cowok. Kalau ingin lebih keren,  pastikan warna yang kamu pakai nggak melebihi dari tiga warna.

2. Beli dan pakailah atasan yang fit dengan bentuk badanmu. Jangan pernah pakai pakaian yang kegedean

Advertisement

Buat kamu yang baru jadi mahasiswa, kesalahan ini pasti pernah kamu alami walaupun hanya sekali. Mahasiswa baru biasanya secara tak langsung dituntut mempunyai banyak kemeja, polo shirt atau pakaian berkerah lainnya. Dan salahnya kamu kadang nggak sadar dengan ukuran pakaianmu sendiri. Yang penting kamu bisa menaati aturan kampus untuk tak memakai kaos. Pakaianmu pun biasanya kegedean dan jauh dari kata fit. Gaya ini jelas nggak enak buat dilihat dan bakal bikin kamu keliatan nggak keren.

 

3. Urusan celana, pastikan celana yang kamu pakai tak terlalu panjang. Warna yang mudah kotor pun perlu dihindari

Kalau kepanjangan, ya, dilipet aja via mallonlineindonesia.com

Habis dari atasan, kita sentil kesalahan cowok pada umumnya soal bawahan yok! Buat kamu para cowok mesti sadar nih dengan panjangnya celanamu. Jangan pernah membiarkan celana jeansmu kepanjangan. Celana yang kepanjangan nggak bakal enak buat dipandang. Kondisinya yang bisa melebihi sepatu, bisa juga membuat celanamu kotor. Selain itu, hindari juga pemakaian celana yang berwarna terang, terlebih warna yang mudah terkontaminasi kotor. Hal itu bisa bikin orang yang melihat celanamu merasa jorok sendiri.

 

4. Ketika hendak berangkat ngampus, pastikan kamu nggak memakai jaket yang bertuliskan tulisan besar

Ide buruk via store.discoveryuk.com

Di musim penghujan, pemakaian jaket cocok banget untuk menjaga tubuhmu tetap hangat. Namun kamu perlu tahu sungguh-sungguh masalah jaket. Alih-alih kelihatan keren, jaketmu malah membuatmu terlihat norak. Salah satunya jaket yang bertuliskan tulisan besar. Inget, guys, kamu bukan iklan berjalan. Jaket yang simpel dan menarik bisa jadi modal awal kamu menggaet perhatian dari orang-orang.

5. Kamu bukan anak SMA yang kudu ngantongi banyak buku, guys. Nggak perlu pakai tas punggung besar

Bukan anak SMA lagi via cdn.idntimes.com

Kesalahan lain juga bisa terletak pada outfit-mu soal tas. Buat kamu yang suka pakai tas punggung yang ukurannya nggak ketulungan, mending cari tas yang lebih kecilan deh. Kamu bukan anak SMA lagi yang mesti bawa buku tulis dan buku pelajaran yang bejibun. Pakailah tas-tas kasual yang nggak kelihatan terlalu gede, nggak juga terlalu kecil, tapi muat untuk kebutuhan kuliahmu pada hari tersebut.

6. Kaos kaki putih nggak lagi match untuk seorang mahasiswa, mending pakai warna gelap

Jangan deh ya via www.primermagazine.com

Sekali lagi Hipwee tekankan bahwa kamu harus tahu realistas: saat ini kamu bukan anak SMA lagi. Kaos kaki putih bukan hal yang wajib buat kamu pakai untuk membalut kaki sebelum memakai sepatu. Adalah kesalahan ketika kamu menggunakan kaos kaki putih saat jadi mahasiswa.

Kita tahu sendiri ‘kan kalau kebanyakan mahasiswa diberi kebebasan dalam berpakaian. Dan kaos kaki putih selalu tidak enak untuk dipandang. Cobalah kaos kaki dengan warna yang gelap, seperti hitam, biru dongker atau cokelat gelap.

7. Hindari pemakaian alas kaki yang udik, seperti penggunaan sandal atau sepatu futsal

Terdengar menggelikan memang, tapi ini banyak terjadi lho. Salah menggunakan alas kaki hanya akan membuatkamu terlihat udik. Kehidupan kampus memang selalu santai sih, tapi ya nggak pakai sendal juga. Apalagi kalau kamu memakai kaos kaki juga. Kamu entar malah dikira orang sakit.

Selain sendal, hindari juga sepatu-sepatu olahraga yang kamu alih fungsikan sebagai outfit-mu. Sepatu kets atau sepatu semi formal jadi pilihan terbaik buat ngampus. Cewek pasti suka dengan gayamu.

8. Warna kacamatamu juga bisa membuat keren atau nggaknya kamu. Pastikan kacamatamu nggak berwarna terang

Bagi beberapa orang yang mengalami gangguan penglihatan, kacamata memang sebuah kebutuhan penting untuk beraktivitas di dunia perkuliahan. Namun buat cowok, kacamata bisa memengaruhi kekeranan kamu. Pemilihan warna yang jadi sorotan. Beberapa cewek mungkin cocok dengan kacamata yang berwarna terang, tapi buat dipakai cowok, itu bisa jadi keliru.

Itulah kesalahan-kesalahan cowok dalam berpakaian di dunia perkuliahan. Coba deh kamu perbaiki lagi penampilanmu saat ngampus. Penampilanmu pasti lebih diperhitungkan lagi oleh cewek-cewek di kampusmu. Selamat mencoba ya!