Kemeja, terutama yang berlengan panjang, emang bisa bikin cowok jadi terlihat lebih keren. Kesan yang muncul terhadap cowok berkemeja itu rapi, agak semi formal namun gak serius-serius amat. Di tambah lagi kemeja lengan panjang itu fleksibel, bisa dibiarkan memanjang membalut lengan pemakainya atau bisa digulung sesuai selera.

Kemeja yang digulung gak lagi dipandang sebagai sesuatu yang aneh. Dulu mungkin dilihat sebagai gak sopan tapi kini mau masuk ke pesta yang kasual, bisa. Dipakai untuk acara kawinan, cocok. Kemeja juga oke banget untuk dipakai ke kantor. Bahkan kita udah biasa melihat pejabat hilir mudik mengenakan kemeja digulung di Istana.

Sebelum membicarakan beragam gaya dan cara untuk menggulung lengan kemeja, kamu harus paham dulu kapan sebaiknya menggulung kemeja. Apa alasan kebanyakan cowok repot-repot memangkas lengan kemejanya padahal dia bisa aja menggunakan kemeja lengan pendek. Buat apa beli kemeja lengan panjang, yang relatif lebih mahal, kalau pada akhirnya digulung juga?

1. Di dunia cowok menggulung kemeja menandakan kamu sedang sibuk bekerja dan menginginkan kepraktisan

Biar luwes bekerja via www.nydailynews.com

Terutama saat mengerjakan sesuatu yang mengandalkan ketelatenan tangan seperti, mengangkat beban, memperbaiki mesin, mencuci tangan ataupun pekerjaan lain yang bisa dilakukan lebih mudah jika lengan kemeja gak membuat kamu risih. Tiap kali kamu merasa lengan kemeja bakal menyulitkan, terkena kotoran atau bakal terjepit dalam mesin, gulung saja. Kemeja yang digulung adalah lambang universal untuk “cowok yang lagi kerja”.

2. Saat cuaca sedang gerah-gerahnya menggulung lengan kemeja bisa membebaskanmu dari banjir keringat

Advertisement

Menghindari panas via www.soletopia.com

Kemeja berbahan katun yang ringan mungkin gak bakal bikin gerah tiap kali dikenakan, namun apabila cuaca lagi terik-teriknya kemeja paling tipis pun bakal terasa gerah. Kemeja yang digulung bakal membuat udara langsung menyejukan kulitmu. Ketika lagi komuting ke kampus atau kantor, silakan gulung kemeja agar terhindar dari gerah yang berlebihan. Sewaktu suhu ruangan menjadi terlalu dingin bagi kamu, gulungan tersebut bisa diturunkan sehingga melindungi kamu dari terpaan AC.

3. Menggulung kemeja bisa menjadikanmu tampak lebih kasual. Tampilan ini cocok banget kalau kamu mau langsung nongkrong atau kencan

Menguatkan kesan kasual via www.norrisofhouston.com

Menggulung kemeja menandakan kalau kamu ingin memancarkan kesan santai dan kasual tapi tetap ingin memepertahankan kerapian dalam berbusana. Beberapa lingkungan kerja tidak mempermasalahkan jika pegawainya mengenakan kemeja yang digulung agar tetap terlihat santai namun gak meninggalkan keseriusan dalam bekerja. Ketika memimpin rapat atau menjadi tuan rumah sebuah pesta kamu bisa menggulung lengan agar mengirim pesan kepada orang yang hadir untuk “Selow, gak usah serius-serius amat.”

4. Kabar baik buat kamu yang suka gulung kemeja: penampilanmu ini bisa menarik perhatian wanita

Menggulung kemeja bisa membuatmu lebih menarik di mata wanita via blog.gojane.com

Belum ada riset pasti yang menjelaskan kenapa cowok yang menggulung kemeja bisa lebih menarik di mata cewek. Tapi sebuah laman khusus wanita menjelaskan bahwa menggulung kemeja bisa menaikkan kegantengan pria. Cewek-cewek yang diwawancarai mengatakan bahwa cowok yang menggulung kemeja terlihat lebih menggoda, entah apa alasannya.

Empat alasan di atas bisa kamu jadikan acuan untuk kapan waktu yang tepat untuk menggulung kemeja. Meski begitu kamu juga harus lebih sensitif saat mengenakan kemeja dalam lingkup tempat kerja. Perhatikan apakah oke buat tampil kasual ketika kamu mengunjungi sebuah kantor atau haruskah kamu tetap menurunkan lengan kemeja. Setelah dapat alasan yang tepat buat menggulung kemeja, sekarang pelajari beberapa style dalam menggulung kemeja.

The Casual Forearm Roll, buat kamu yang ingin menggulung kemeja dengan tetap rapi dan tak kusut

Paling mudah via www.esquire.com

Gulungan kasual yang hanya sebatas lengan adalah cara termudah dan nyaman untuk tampil santai tanpa meninggalkan kesan kemeja kamu kusut sebab kamu gak harus melakukan lipatan terlalu banyak. Jadi kamu tetap terlihat rapi dan perhatian pada penampilan. Ciri khas utama gaya ini adalah gulungan yang gak terlalu tinggi, hanya sebatas lengan atau bahkan setengahnya aja.

  1. Lepaskan semua kancing yang berada di pergelangan tangan kemeja kamu.
  2. Balikkan cuff (bagian kaku diujung lengan kemeja) hingga bagian dalam berada di luar.
  3. Mulai lipat cuff hingga tersembunyi di balik kain lengan kemeja. Pastikan lipatan yang kamu bikin sama rata dengan ukuran yang gak terlalu kecil dan gak terlalu besar.
  4. Ulangi langkah nomor 3, lipat lagi hingga tinggi yang diinginkan. Batas maksimal adalah ketika ujung siku menyembul dari balik kemeja.

The Italian Roll, gulungan kemeja yang cocok buat ngapel di malam Minggu

Gulungan cocok banget dipakai pas malam minggu, baik buat jemput pacar maupun ketika masuk ke klub malam. Gulungan Italian ini memberikan kesan kasual maksimal tapi sekaligus tetap paling stylish. Lipatannya gak mesti simetris namun mudah diatur kembali ketika diperlukan.

The Italian Job via www.esquire.com

  1. Seperti biasanya, lepaskan kedua kancing yang ada diujung lengan kemeja.
  2. Balikkan cuff lalu tarik lengan kemeja sampai beberapa centimeter di atas sikut.
  3. Lipat kain lengan kemeja yang tersisa, tapi jangan sampai menutupi cuff-nya. Sisakan setidaknya 1/3 cuff sebagai pemanis.

The Marine Roll , gulungan kemeja yang membuatmu segahar dan selakik anggota Marinir

Sesuai namanya, gulungan kemeja ini identik dengan gulungan pada seragam pria-pria tangguh anggota Marinir. Gulungan ini cocok kamu pakai ketika membutuhkan keluwesan saat bekerja karena lipatannya tinggi hingga di atas sikut. Meskipan kesannya untuk kerja, kamu yang ingin pamer otot juga cocok kalau kemeja digulung tinggi-tinggi. Perhatikan baik-baik, yang ini agak rumit.

Gaya marinir untuk kerja via www.esquire.com

  1. Ratakan lengan kemeja yang udah diseterika di atas permukaan datar.
  2. Tekuk lengan pada bagian cuff…
  3. …Lalu lipat hingga bagian dalam berada di luar.
  4. Dengan menggunakan ukuran cuff sebagai acuan, rapikan tiap lipatan yang kamu bikin. Gak boleh ada yang kusut.
  5. Bikin lipatan lagi, dengan besar yang sama sesuai ukuran cuff.
  6. Rapikan kembali dan lipat lagi hingga tinggi sesuai selera. Sebaiknya jauh di atas sikut.

Menggulung lengan kemeja emang bikin suasana santai tapi bukan berarti kamu harus sembarangan saat menggulungnya ke atas. Agar tetap rapi dan menarik di mata orang yang melihat, kamu juga harus memperhatikan secara detil lipatannya. Semoga habis ini kamu gak sembaragan lagi memakai kemeja yang digulung, ya!