Dipanggil untuk wawancara kerja? Duh, senangnya. Berbagai persiapan akademik hingga penampilan pasti dengan seksama kamu perhatikan demi performa yang lebih maksimal. Kesan pertama saat wawancara mungkin menjadi faktor utama, mengapa kamu sangat serius menyiapkan segalanya.

“Tapi, bosan kalau setiap wawancara kerja harus pakai baju putih dan bawahan hitam. Pengen tampil beda!”

Karena yang terpenting dalam proses wawancara adalah tingkat PD-mu yang tinggi, kali ini Hipwee Style akan membagikan tips berpakaian selain warna hitam dan putih untuk wawancara kerjamu. Simak, pahami dan segera praktikkan, ya!

1. Bukannya tidak sopan, pakai jogger pants saat interview justru tambah casual dengan atasan tunik ini. Cocokkan warnanya juga ya (juga cocokkan dengan kultur calon tempat kerjamu ya)

pakai jogger nggak apa-apa, asal sopan @zaskiasungkar via instagram.com

Jogger pants memang identik dengan acara-acara santai dan non-formal. Tapi tak ada salahnya acara formal semacam wawancara kerja juga memanfaatkan celana jogger sebagai pakaian utama. Jangan lupa untuk memadukannya dengan atasan tunik supaya menutupi lekuk tubuh dan tampak pas serta sopan. Namun harus kamu pastikan juga bahwa calon tempat kerjamu mengusung konsep kasual.

2. Karena baju putih sudah terlalu mainstream, memilih atasan berwarna cerah juga tak ada salahnya dicoba.

Advertisement

baju cerah juga bagus lho via sortra.com

Memakai rok span berwarna coklat muda yang dipadukan dengan atasan cerah saat interview, akan menambah aura positif dalam dirimu. Kenapa? Ya. Pakaian-pakaian cerah cenderung fresh untuk dipandang dan menandakan kalau kamu itu pribadi yang enerjik.

Pilihan yang satu ini akan sah-sah saja, kalau kamu pandai memilih warna antara atasan dan bawahan. Pilih warna-warna cerah seperti orange tua atau biru tua sebagai atasan supaya tidak mencolok. Berlaku juga untuk bawahannya, pilihlah warna-warna standart semacam coklat atau hitam

3. Tampil berkelas namun santai dengan blazer dan skirt panjang, yuk! Tenang, kamu akan tetap terlihat formal kok.

kayak mbak @ranihatta ini, padukan busanamu dengan blazer via instagram.com

Kalau kamu rajin mengikuti tren busana dari Rani Hatta, kamu pasti paham kalau penampilan formal itu tak selamanya kaku dan kuno. Dengan padu pada yang pas, formal look justru bisa kamu manfaatkan sebagai ajang untuk mix and match pakaian yang seru namun tetap berkelas.

Misalnya, perpaduan blazer bermotif, jilbab gelap dan skirt panjang yang satu ini. Tidak hanya pada saat wawancara kerja, acara-acara semi formal hingga formal lainnya pun kamu bisa mengenakan perpaduan senada. Ingat. formal itu bukan berarti kaku.

4. Supaya tidak monoton, kamu pun bisa mengganti rok span hitam dengan motif bergaris yang warna-warni. Cucok deh, Mb.

rok span warna-warni yang ini juga boleh via stylebyalina.com

Wawancara kerja itu yang penting kesan pertama. Jika skill-mu akan jadi yang utama untuk diperhatikan interviewer, maka penampilanmu akan menjadi hal yang kedua. Kenakanlah busana-busana yang elegan, tapi tak meghilangkan identitas aslimu. Contohnya, blouse putih polos yang dipadukan dengan rok span bergaris warna-warni ini.

Kuncinya hanya PD dan berani bereksplorasi saja. Tidak perlu terlalu ketat atau mini, yang penting kamu nyaman dan tetap sopan untuk dikenakan.

5. Jumpsuit ternyata juga pantas dipakai saat wawancara kerja. Kalau nggak percaya, contek gaya chic dengan jumpuit dan jilbab ini

sekali-kali pakai jumpsuit gpp @sonyasams via instagram.com

Jumpsuit, bagi sebagian orang adalah pakaian yang praktis dan bisa dipadukan dengan tambahan apapun. Modelnya yang ‘sekali masuk, oke’ juga ampuh buat menyamarkan beberapa kekurangan pada tubuh, seperti pinggul dan perut yang tak rata. Nah, kalau untuk wawancara kerja kamu bisa memadukan jumpsuit dan manset yang berpotongan longgar, ya.

PS : pilih jumpsuit dan manset polos dengan bahan kaku, bukan jatuh seperti spandek agar tetap formal.

6. Bagi penyuka vintage, rok span dengan belahan panjang pasti jadi pilihan utama! Bukan cuma hitam, warna-warna terang lain akan tetap jadi andalan.

gaya-gaya vintages via glamour.com

Mengadaptasi gaya-gaya ‘jadul’ atau vintages memang selalu seru dan menantang. Bentuknya yang unik dan cenderung formal malah apik jika kamu kenakan saat wawancara kerja bahkan hangout bersama teman. Rok span dengan belahan panjang ini misalnya, kamu bisa tampak matching jika dipadukan dengan atasan gelap dan polos.

Jinjing tas kecil serta kenakan flatshoes yang formal supaya tambah cantik ya, Mb.

7. Meski menyerupai piyama, atasan tebal nan stylish ini bisa juga kok tampak serius. Sesuaikan dengan jilbab dan rok span yang panjang ya, Dek.

model coat kayak Mb @zahratuljannah via instagram.com

Persis seperti piyama, atasan yang biasa dikenakan hijabers ini juga mempunyai tali dan berbahan tebal. Meski begitu, tak sedikit kok orang-orang yang jatuh hati dan memilihnya sebagai outfit untuk datang ke acara-acara formal. Tapi, kamu juga jangan asal memadukan jilbab serta roknya supaya tidak gagal menciptakan kesan formal dan sopannya.

Supaya tidak kesulitan, kamu bisa mengenakan rok span panjang dan jilbab berbentuk pashmina dengan bahan yang mudah dibentuk. Nggak mau ‘kan kamu ribet saat wawancara kerja?

Bukan menganggap kalau baju hitam dan putih itu jelek, tapi tidak ada salahnya kalau kamu juga mencoba hal baru dengan alternatif pilihan baju-baju lain bukan? Good Luck!