Kalau udah menjelang hari Kartini, salah satu yang sering dibahas yaitu kebaya, terutama kebaya encim. Nggak sedikit juga menjelang hari Kartini banyak kantor yang mewajibkan karyawan ceweknya untuk memakai kebaya nih. Bahkan, di beberapa kantor juga udah ada yang menjadikan kebaya sebagai pakaian resmi pada salah satu hari kerja.

Oleh karena itu, nggak ada salahnya kamu mengeluarkan daya kreatifitas untuk memadupadankan kebaya encim. Mulai dari beragam model kain hingga paduan dengan celana pun bisa lho. Kamu nggak usah khawatir karena dengan paduan yang Hipwee berikan ini, penampilanmu bakal keren banget dan nggak mengecewakan.

  1. Model kain saat ini udah beragam. Gak ada salahnya kalau kamu memadukan kebaya encim dengan bawahan kain yang dililit ke atas.

padukan dengan kain yang dililit via www.jpnn.com

Memadukan kebaya encim dengan kain memang selalu menjadi andalan. Karena yang digunakan kain, berarti sesuka kamu nih dalam mengkreasikannya. Untuk model sekarang yang lagi ngetren, kain yang kamu pakai bisa dililit ke atas sehingga memperlihatkan sedikit bagian kaki. Untuk ukuran lilitannya terserah kamu bagusnya sampai mana, bisa semata kaki atau selutut. Jangan lupa juga serasikan warna dan motif pada kain dengan kebaya encimnya ya.

2. Kebaya encim gak harus yang modelnya panjang, tapi bisa juga pendek lho. Dengan paduan bawahan kain pendek selutut tampilanmu akan semakin cantik.

Advertisement

dengan kain yang dibuat pendek juga bagus via news.detik.com

Kamu yang single, jangan mau kalah nih dengan ibu-ibu muda. Kalau kebaya encim biasanya identik dengan ukurannya yang panjang melebihi pinggang, kamu bisa kok memakai kebaya encim yang pendek dengan ukuran pas sepinggang. Motifnya juga nggak selalu berada di dekat kancing, tapi bisa dengan motif cukup besar dan mengambil bagian pada tangan (lihat kebaya warna biru).

Untuk bawahannya nih, kain batik yang digunakan boleh dengan ukuran pendek sehingga saat membentuknya pun kamu nggak terlalu sulit. Yang nggak boleh dilupakan yaitu paduan warna pada kebaya dengan kainnya ya.

3. Kamu dapat memadukan kebaya encim modern dengan kain pendek yang dililit ke atas dan sisakan ujungnya menjuntai ke depan untuk mencuri perhatian.

berani coba model kain yang dibuat seperti ini? via www.femina.co.id

Misalnya kamu gemar dengan yang serba mini, yaitu dari kebaya encimnya dengan ukuran dan lengannya yang pendek, dan juga kainnya yang dibuat pendek, dapat dikenakan lho. Untuk menghasilkan kain yang cukup unik, kamu dapat membentuknya dengan model biasa ukuran pendek dan sisanya dikumpulkan, lalu dibentuk ke depan agar menjuntai saat kamu berjalan.

Paduan seperti ini akan menarik perhatian orang di sekitar padamu. Agar semakin kece, jangan lupa high heels atau wedges ya sebagai alas kakinya.

4. Gak mesti kain yang dililit, tapi kain batik yang dijadikan rok lebar juga gak mengurangi pesona Kartinimu lho.

dapat dipadukan dengna rok batik lebar via www.tokokebayabandung.com

Kalau kamu bosan bawahan kain sewaktu memakai kebaya, ada rok batik lebar sebagai paduan lainnya nih. Apalagi sekarang di mana-mana mudah ditemukan beragam model rok batik yang bisa kamu pilih sesuai selera. Oh iya, kebaya encim nggak harus yang bermotif kok. Berupa brukat aja juga termasuk (lihat kebaya warna putih).

5. Buat yang mau tampil sederhana, kamu dapat memadukan kebaya encim dengan celana panjang bahan. Penampilanmu gak hanya cantik, tapi juga catchy.

coba deh pakai celana via batikarrahman.wordpress.com

Saat ingin tampil simple, kamu bisa menggunakan celana panjang sebagai bawahan. Biasanya nih kalau udah pakai celana tuh muncul rasa khawatir nggak bisa dikenakan untuk acara formal. padahal sebenarnya bisa lho. Asalkan bawahan yang kamu pakai yaitu celana bahan panjang dan warna yang cocok dengan kebaya serta acaranya. Jangan lupa tatanan rambut yang kece dan juga clucht agar dandananmu nggak kalah dengan yang lain.

6. Biar penampilanmu yang berhijab semakin memesona, tentu paduan kebaya encim dengan rok batik ruffle pilihan yang pas.

yang berhijab jangan mau kalah ;D via hijabmalay.blogspot.co.id

Buat kamu yang berhijab, penampilan akan semakin ciamik dengan paduan kebaya encim dan rok batik ruffle. Dengan kebaya encim yang ada bordir dekat ujung kebaya di dekat kencing, tentu menjadi nilai plus pada penampilanmu. Apalagi dengan lipatan-lipatan pada rok yang dikenakan, kamu nggak kalah dengan yang lain. Jangan lupa juga dengan jilbabnya, baik yang segi empat maupun pasmina bisa menjadi pilihan. Usahakan gunakan jilbab polos ya untuk meredam motif yang terdapat pada kebaya dan bawahan.

Memperingati salah satu pahlawan wanita Indonesia yang telah memperjuangkan hak-hak wanita ini memang selaknya kamu lakukan. Makanya, memperingati hari Kartini salah satunya dengan memakai kebaya bisa dilakukan. Apalagi dengan memakai kebaya encim yang dipadukan dengan beragam bawahan. Wah, penampilanmu jadi Kartini banget deh.