Lensa kontak alias softlens rasanya bukan lagi jadi sesuatu yang asing buat kamu. Jangankan bagi para pengguna kacamata minus, softlens pun kerap digunakan untuk sekadar bergaya dan menunjang penampilan. Nggak heran sih, sebab memang model dan warna yang ditawarkan lensa kontak masa kini cukup beragam.

Namun, meski begitu rasanya memilih softlens yang sesuai dengan diri sendiri itu tetap perlu dilakukan deh, terlebih buat pemula. Sebab, memantaskan warna dan model softlens dengan bentuk mata, wajah, sampai pada warna kulit dan rambut akan menghindari kesan norak bagimu.

Nah, untuk tampilan yang maksimal dengan lensa kontakmu, yuk, simak beberapa hal di bawah ini!

1. Memperhatikan warna softlens dengan warna kulitmu menjadi hal utama yang perlu diperhatikan!

pilih warna yang pas! via www.fashionmodelmu.com

Bagi para pemula, memilih warna yang natural bisa jadi pilihan utama. Warna natural tersebut seperti hitam, coklat, abu-abu gelap, atau softlens dengan warna bening. Pilihan lainnya adalah coba memilih warna yang nggak jauh berbeda dengan warna mata aslimu agar nggak terlihat terlalu mencolok. Namun, nggak salah juga kalau kamu mau menyesuaikan warna lensa kontakmu dengan warna kulit kamu supaya nggak terkesan begitu berlebihan.

Advertisement
  1. Buat kamu yang berkulit gelap, sebaiknya gunakan softlens dengan warna yang gelap atau nggak mencolok. Pilihlah warna coklat, ungu tua, atau abu-abu tua untuk kesan yang lebih alami.
  2. Bagi kamu yang punya kulit putih, rasanya akan sah-sah saja menggunakan lensa kontak dengan berbagai warna. Jadi, nggak usah ragu memilih warna, asal tetap sesuai dengan keseharianmu.
  3. Nah, kamu yang berkulit sawo matang dan kuning langsat, softlens dengan nuansa abu-abu atau coklat rasanya bisa jadi pilihan yang tepat. Bahkan, warna yang agak kekuningan juga nggak masalah untuk kamu coba. Catatannya, warna yang cenderung gelap tetap terbaik sih.

2. Paduan antara softlens dan make up pun jadi sesuatu yang perlu kamu perhatikan

sesuaikan dengan make up, ya~ via begitu.com

Demi tampilan yang maksimal dan nggak berlebihan, paduan antara softlens dan make up jadi sesuatu yang turut kamu perhatikan. Kuncinya adalah kamu harus memilih salah satu di antara keduanya yang lebih ingin ditonjolkan. Jadi, kalau kamu sudah menggunakan make up yang cukup tebal pilihlah lensa kontak dengan warna yang natural. Sedangkan, kalau kamu menggunakan make up natural, maka nggak salah kalau kamu memilih softlens dengan warna yang terang.

3. Diameter softlens pun nggak bisa sembarangan dipilih. Toh, demi kenyamanan saat kamu menggunakannya~

cari diameter yang pas~ via www.zhaizou.com

Sebenarnya ukuran diameter softlens-lah yang begitu perlu untuk kamu perhatikan, karena itu bisa sangat mempengaruhi kenyamanan matamu sendiri. Untuk kamu yang punya mata kecil atau sipit, sebaiknya pilihlah lensa kontak dengan diameter 14-14.5 mm. Nah, bagi kamu yang memiliki mata besar atau belo nggak salah jika kamu menggunakan softlens dengan diameter minimal 15 mm.

4. Mengecek masa kadaluarsa kontak lensa sebelum membeli dan menggunakannya adalah salah satu hal yang jangan sampai luput dilakukan

cek dulu! via www.matawong.com

Sebab penggunaan softlens yang langsung menempel pada alat vital mata, yakni kornea, untuk itu rasanya kamu begitu perlu menjaganya dengan baik. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaganya adalah dengan mengecek masa kadaluarsa kontak lensamu sebelum membelinya.

Setelah itu, kamu juga perlu memerhatikan dengan baik masa tersebut selama kamu menggunakannya. Sebab, kalau kamu sampai sembarang menggunakan softlens efek sampingnya akan langsung terasa di matamu. Yap! Matamu bisa langsung merah, gatal, sampai iritasi. Duh!

5. Pastikan softlens yang kamu pakai sesuai dengan kebutuhan minus matamu, ya!

cari ukuran minus yang sesuai juga. via www.facetofeet.com

Jika kamu menggunakan kontak lensa untuk menggantikan kacamata minus-mu, maka kamu perlu memastikan dengan baik jika softlens yang kamu pakai sesuai dengan ukurannya. Jelas hal itu menjadi sebuah hal yang sangat penting, karena itu juga buat kebaikan atau kesehatan matamu sendiri. Kalau kamu menggunakan kontak lensa yang nggak sesuai dengan ukurannya, bukan nggak mungkin matamu menjadi sakit atau pegal, bahkan akan memengaruhi ukuran minus-mu yang sebenarnya.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan demi rasa aman-nyaman dan tampilan yang maksimal untuk penggunaan softlens. Untuk itu, kamu jelas perlu memerhatikan dengan baik demi kesehatan dan kebaikan matamu juga. Jangan hanya demi tampilan yang keren, kamu mengenyampingkan kesehatan matamu, ya.