Untuk kamu yang sekarang duduk di kelas 9 dan 12, tahun ini kamu akan sibuk dalam berbagai hal, salah satunya foto-foto untuk buku tahunan. Setiap buku tahunan pasti memiliki tema besar yang unik dan pastinya berbeda di masing-masing sekolah. Dan kadang karena tema-tema tersebut, kamu justru kesulitan memilih baju dan gaya yang tepat supaya terlihat bagus dan nggak salah kostum.

Tapi sekarang kamu nggak perlu bingung lagi. Hipwee punya berbagai solusi gaya yang bisa kamu gunakan untuk 8 tema buku tahunan yang berbeda. Dengan gaya ini, kamu nggak hanya terlihat cantik dan sesuai tema, tetapi juga terlihat paling “wow” di antara yang lainnya.

1. Untuk Tema Vintage, Gaya Ladylike Taylor Swift dan Grace Kelly Ini Bisa Jadi Pilihanmu

Buku tahunan tema vintage via nasirawonword.wordpress.com

Vintage sebagai tema foto buku tahunan memang sering banget ditemukan. Kayaknya, hampir di setiap sekolah dan di setiap tahunnya pasti menjadikan vintage sebagai tema buku tahunan. Tema ini memang simpel, baju dan perlengkapannya bisa didapat dengan cara yang cukup mudah, dan yang pasti sih hasil fotonya bagus juga menarik.

Berhubung tema ini cukup populer, kamu pasti ingin terlihat lebih menarik dan stand out dibandingkan yang lainnya ‘kan? Nah, gaya vintage a la Taylor Swift dan Grace Kelly ini bisa jadi inspirasimu.

Blus Tipis Berkerah Pita + Rok A-Line Motif Floral = Gaya Vintage Andalan Taylor Swift

Advertisement

Gaya vintage ini cocok untuk kamu yang masih muda via heartofhaute.com

Gaya vintage Taylor Swift ini sebenarnya adalah modifikasi dari gaya vintage tahun 50-an yang mulai bercorak. Untuk bisa mendapatkan gaya ini, kamu padukan saja blus berwarna muda dan cerah dengan rok berpotongan A-line bermotif floral atau bunga-bunga. Sebisa mungkin cari blus dengan kerah unik supaya gayamu nggak membosankan. Terakhir, kenakan flat shoes atau sepatu model mary jane dengan hak 3 cm dengan warna senada. Lengkap deh, gaya vintage-mu!

Gaya Vintage Berkelas Atas A la Grace Kelly

Gaya vintage yang classy a la Grace Kelly via www.thefabuloustimes.com

Gaya dari aktris kawakan yang juga Putri Monaco ini cocok banget untuk kamu yang cukup tomboy. Kenapa? Karena gayanya simpel, warnanya natural, dan pastinya sih pakai celana panjang. Nah, supaya bisa bergaya seperti ini, padukanlah blus berbahan halus dan berwarna pastel polos dengan celana panjang kain bermodel high waist. Tambahkan ikat pinggang kulit berwarna cokelat dan juga scarf yang diikatkan ke leher sebagai aksesoris. Untuk sepatunya, kamu bisa pakai yang jenis loafer dengan hak rendah.

Make-up yang cocok: natural, gincu merah atau jingga, rambut bagian tengah ke bawah dikeriting

Di mana cari bajunya: pasar pakaian bekas, toko atau online shop baju secondhand, bongkar lemari Ibumu

2. Foto Buku Tahunan Dengan Tema Pantai? Pakai Bohemian Mini Dress Saja

Bohemian dress, cocok untuk foto buku tahunan tema pantai via lookbook.nu

Tema lain yang nggak kalah sering dipakai sebagai tema buku tahunan adalah liburan. Nah, pantai adalah salah satu tempat liburan yang cukup sering dijadikan pilihan. Memilih pantai sebagai tempat berfoto punya keuntungan tersendiri, yaitu nggak perlu pusing memikirkan pencahayaan yang bagus karena sudah dibantu dengan cahaya matahari. Tapi untuk menyempurnakan keindahan pantai dan cahayanya, kamu perlu bergaya yang nggak kalah apik.

Gaya ke pantai nggak harus selalu maxi dress bercorak bunga dengan sun hat saja, kok. Kamu bisa memodifikasi gaya tersebut dengan mengenakan dress selutut model bohemian yang berwarna pastel. Sun hat atau topi pantai yang biasa kamu pakai juga ganti saja dengan headband cantik berwarna senada. Simpel, ‘kan?

Make-up yang cocok: natural dengan blush on dan gincu berwarna jingga atau merah muda, rambut dibuat bergelombang kasar dan digerai

Di mana cari bajunya: butik atau online shop

3. Foto Buku Tahunan Dengan Tema Piknik di Taman, Gayamu Harus Penuh Warna

Gaya piknik yang cerah dan penuh warna via www.refinery29.com

Selain pantai, ada juga tema lain yang nggak kalah colorful dan ceria, yaitu piknik di taman. Supaya kamu bisa terlihat bagus saat difoto dengan tema ini, kamu harus memilih gaya pakaian yang tepat. Salah satunya dengan perpaduan antara blus berbahan tipis dan juga flare skirt warna cerah. Kedua item itu bisa sama-sama polos atau bisa juga dipilih salah satu yang bermotif. Sekreatifnya kamu saja, pokoknya! Nah, untuk memperkaya gayamu, kenakan flat shoes atau sepatu wedges, headband berwarna cerah, dan juga tas kesayanganmu, ya!

Make-up yang cocok: natural dengan blush on dan gincu berwarna jingga atau merah muda, rambut bisa digerai, ikat kuda, atau digelung rapi

Di mana cari bajunya: koleksi pribadi, butik, atau online shop

4. Celana Kargo, Kaos, dan Kemeja Flanel Sudah Cukup Bikin Kamu Terlihat “Wow” di Foto Buku Tahunan Dengan Tema Traveling

Gaya buku tahunan paling simpel! via merchantrunglobal.com

Siapa sih yang nggak suka jalan-jalan? Mulai dari anak kecil sampai kakek-nenek pasti suka jalan-jalan, apalagi kamu yang masih remaja. Nah, karena alasan itulah tema ini juga menjadi salah satu yang favorit dari buku tahunan. Semua siswa suka, nggak keberatan melakukannya, dan pastinya banyak tempat yang bisa dijadikan pilihan.

Untuk bisa terlihat “wow” di sesi foto dengan tema ini, kamu nggak perlu ribet kok. Malahan gayanya cenderung santai. Kamu cuma perlu pakai celana pendek atau celana kargo selutut, kaos polos, dan kemeja flanel kotak-kotak sebagai luaran. Untuk aksesoris, kamu bisa gunakan gelang, jam tangan, topi baseball, dan juga tas ransel. Sepatunya? Sneakers saja cukup, kok! 😉

Make-up yang cocok: natural, gincu berwarna jingga atau nude pucat, rambut diikat kuda atau digelung rapi

Di mana cari bajunya: lemari pribadi, dong!

5. Dengan Rok dan Parka, Kamu Bisa Tetap Tampil Feminin di Foto Buku Tahunan Bertema Army Look

Gaya army yang feminin via popsugar.com

Kalau satu kelompok sama banyak cowok, tema ini pasti sering jadi pilihan. Maklum, dengan tema ini, cowok-cowok bisa kelihatan lebih macho dan gagah karena bisa menampilkan sisi maskulinnya. Terus, kamu yang cewek harus bergaya apa? Hipwee punya solusinya.

Pakailah kaos berwarna putih atau cokelat muda. Lalu, padukan dengan rok berwarna hitam; bisa model flare atau pensil dengan bahan kulit. Setelah itu, sempurnakan gayamu dengan parka berwarna hijau army. Pilihlah parka yang berukuran lebih besar dari tubuhmu. Kalau susah menemukan parka, kamu bisa menggantinya dengan kemeja lengan panjang berwarna hijau army dan gulung lengannya sampai ke siku. Untuk sepatunya, sneakers sudah cukup kok. Tapi kalau kamu punya sepatu model DocMart akan lebih bagus lagi, sih. Hehehe 😀

Make-up yang cocok: natural dengan fokus dibagian mata, gincu berwarna maroon atau cokelat nude, rambut diikat kuda atau digelung rapi

Di mana cari bajunya: butik, online shop, dan lemari pribadi

6. Buat Foto Buku Tahunan Bertema Urbanmu Berbeda Dengan Gaya yang Berlawanan Dari Sehari-Hari

Foto bergaya urban via redvelvetfans.com

Kebalikannya dari vintage, buku tahunan dengan tema urban justru mengedepankan unsur-unsur perkotaan dan modernitas. Garis besar dari tema ini sebenarnya lebih menceritakan kehidupan sehari-hari dan gaya hidup kaum urban. Mulai dari bekerja, hangout di kafe-kafe, dan juga berpesta. Gaya berpakaiannya tentu saja nggak susah, hanya tinggal berpakaian selayaknya kamu akan jalan-jalan bersama teman saja. Tapi di buku tahunan ini kamu harus tampil beda, salah satunya bergaya yang mana merupakan kebalikan dari gayamu sehari-hari.

Feminin ke Tomboy

Gaya urban boyish yang tetap membuatmu kelihatan feminin via soniaeryka.com

Kalau kamu yang biasanya feminin dan suka memakai rok, coba deh di sesi foto buku tahunan ini kamu bergaya sedikit tomboy dan memakai celana. Pakailah sweater pas badan yang berwarna gelap dan memiliki corak elegan, misalnya seperti sebuah lukisan abstrak. Padukan sweater tersebut dengan celana panjang berbahan kulit dengan model skinny dan juga pump shoes hak tinggi kesayanganmu. Terakhir sebagai pelengkap, kenakanlah kalung dan topi fedora sebagai aksesoris.

Tomboy ke Feminin

Gaya urban feminin untuk kamu yang tomboy via lookbook.nu

Kali ini, giliran kamu yang tomboy untuk memperlihatkan sisi femininmu. Kenakanlah dress warna hitam dengan panjang selutut. Kemudian, padukan dengan kemeja motif kotak-kotak favoritmu; bisa dipakai sebagai luaran, bisa juga diikat di pinggang. Kamu bisa juga menambahkan kalung atau topi sebagai aksesoris. Dan terakhir, supaya identitas tomboymu tetap ada, kenakanlah sepatu kanvas atau sneakers warna putih.

Make-up yang cocok: sedikit bold dengan bibir dan mata sebagai fokus, rambut dibuat gelombang bagian bawahnya

Di mana cari bajunya: lemari pribadi, department store, butik, atau online shop

7. Untuk Tema Fashion in Black, Gaya Klasik Audrey Hepburn Nggak Akan Mengecewakanmu

Ikon fashion in black via www.doctormacro.com

Di beberapa sekolah, pasti ada kelas yang lebih suka memilih tema simpel, salah satunya adalah tema fashion in black atau serba hitam ini. Mencari bajunya mudah dan pastinya warna ini cocok untuk cewek maupun cowok. Nah, untuk kamu yang cewek dan ingin tampil berbeda dengan tema ini, gaya Audrey Hepburn dengan black dress-nya ini nggak akan mengecewakanmu.

Di filmnya Breakfast At Tiffany’s, black dress yang dikenakan Audrey Hepburn memang berukuran panjang setumit kaki. Tapi untuk kamu yang masih remaja, black dress dengan panjang selutut adalah pilihan yang tepat supaya jiwa mudamu tetap terlihat. Padukan black dress selututmu itu dengan sarung tangan hitam, kalung mutiara, dan juga sepatu hak tinggi berujung lancip. Lengkap deh gaya Audrey Hepburn-mu!

Make-up yang cocok: natural dengan fokus pada mata dan alis, gincu sesuai warna alami bibir, rambut digelung ke atas dan diberi hiasan

Di mana cari bajunya: butik, department store, atau hasil obrak-abrik lemari Ibu

8. Kembali Menjadi Anak Kecil Dengan Overalls Untuk Foto Bertema Playground

Tema playground cocok dengan gaya imut khas anak-anak via instagram.com

Tema lain yang juga sering digunakan dan nggak kalah colorful-nya adalah playground atau taman bermain. Biasanya sih, tema ini mengambil tempat di taman bermain kanak-kanak atau taman kota. Yang penting ada perosotan dan ayunannya!

Supaya menyatu dengan baik ke dalam tema dan terlihat bagus saat difoto, gaya pakaian childish atau yang mengikatkan kita akan masa kanak-kanak bisa jadi pilihan. Pilih dan kenakanlah kaos berwarna cerah, seperti biru muda, pink, jingga, atau kuning. Lengannya bisa disesuaikan dengan kenyamananmu. Kemudian, padukan kaos ini dengan overalls atau yang juga dikenal dengan nama baju kodok. Sebagai tambahan, kamu bisa mengenakan topi baseball atau fedora, kalung, dan tas selempang kecil sebagai aksesoris. Sepatunya? Ya, sneakers, dong!

Make-up yang cocok: natural, gincu berwarna jingga atau merah muda, rambut diikat kuda atau digelung rapi

Di mana cari bajunya: toko atau online shop baju secondhand, koleksi baju lama Ibu tersayang

Nah, itu dia 8 gaya pakaian yang bisa kamu gunakan untuk 8 jenis tema buku tahunan yang berbeda. Selamat mencoba dan semoga buku tahunannya berkesan! 😀

(gambar sampul dari sini, menampilkan anak-anak XII IPA F BTS)