Pantai memang selalu menjadi tempat favorit untuk menghabiskan akhir pekan. Berenang, bermain air, dan bikin bangunan dari pasir bisa menjadi kegiatan yang tidak terlupakan. Selain itu pantai juga menjadi tempat yang gampang di jamah dibandingkan dengan gunung yang harus didaki dengan susah payah. Namun, menyengatnya udara panas seringkali akan membuatmu gamang untuk liburan di dataran berpasir ini.

Adakah darimu yang punya rencana vakansi ke pantai akhir pekan ini? Seringkah kamu merasa bingung harus pakai baju macam apa dan berdandan seperti apa agar bisa tampil menawan ketika liburan? Tak perlu berkecil hati karena kita tak bisa bebas pakai bikini seperti orang luar negeri. Dengan atau tanpa bikini pun, kamu tetap bisa kelihatan cantik dengan gaya-gaya ini!

1. Maxi dress dengan motif floral adalah pilihan aman. Selain santai, nyaman, yang pasti kamu juga tak akan merasa kegerahan!

Ke pantai pakai long dress via www.sheinfashion.com

Liburan ke pantai adalah saat-saat kamu bisa merasa santai, gak jarang kamu akan menanggalkan semua perhiasan untuk tampil cantik.  Nah, tanpa harus takut tampak formal dan kayak orang mau kondangan, maxi dress bermotif floral bisa menjadi solusi untuk pergi liburan.

Dress berbahan santung tidak hanya akan membuatmu lebih “adem” saat berjalan-jalan, tapi juga jadi lebih cantik. Ditambah dengan topi rotan berwarna bisa membuatmu lebih anggun saat dipantai. Jika kamu memakai jilbab, kamu bisa tambahkan manset sebagai dalaman. Nah, tanpa pakaian terbuka kamu juga bisa tampil apik dikamera.

2. Vakansi ke pantai membuat koleksi mini dress-mu wajib dikeluarkan. Pilih mini dress dengan bahan nyaman dan motif yang tak terlalu mencolok pandangan

Advertisement

Pakai dress pendek juga cocok via www.justjared.com

Koleksi dress selututmu juga bisa kamu kenakan untuk liburan di pantai terdekat. Tanpa harus takut dianggap salah kostum, cobalah pilih dress dengan warna yang agak lembut seperti krem, pastel, pink, atau putih tulang. Selain itu, pilihlah motif floral atau ornamen yang tidak terlalu mewah. Hindari dress yang banyak payet dengan hiasan. Pastikan kamu memilih dress dengan jenis kain santung atau rayon ya, agar bisa menghalau udara panas menyengat di pesisir.

 3. Hot pants loose tank top ankle boots + vendora hat = purfect beach day!

Baju pantai yang santai via www.pinterest.com

Salah satu alasan kenapa bikini menjadi pakaian pantai yang dipakai oleh banyak orang adalah karena dirasa bisa terasa lebih leluasa saat terkena hantaman air. Nah, tanpa harus menggunakan baju terbuka ini, sekarang kamu bisa menggantinya dengan kaos dan hot pant bermotif. Jika kamu gak ingin membawa pulang banyak pasir di pakaianmu, maka hindarilah hot pants yang berkantong.

Perlengkap penampilanmu dengan ankle boots dan topi vendora. Pemilihan kedua fashion item ini bukan cuma sekadar untuk gaya-gayaan saja. Ankle boots memberikan pijakan yang kuat dan nyaman untuk berjalan di atas pasir. Sedang topi vendora yang lingkarnya cukup lebar tentu tepat untuk melindungi wajahmu dari sengatan matahari.

 4. Kemeja berbahan rayon yang biasa kamu pakai ke kampus juga bisa digunakan demi vakansi yang terlihat lebih elegan

Pake kemeja katun begini? cocok juga kok via www.hawtcelebs.com

Kemeja polos tidak melulu hanya digunakan saat pergi ngampus lho. Sekarang kamu bisa memanfaatkannya untuk tetap tampil elegan saat liburan. Jika kamu tidak berniat basah-basahan dan hanya ingin jalan-jalan di pinggiran, maka setelah kemeja polos berbahan rayon dan hot pant polos juga bisa jadi pilihan. Hindari kemeja yang berbahan seperti chiffon dan katun ya, karena gak jarang kamu akan kepanasan.

5. Mau ke pantai tapi takut kulit menghitam? Jumpsuit  polos atau bermotif dengan bahan santung bisa menjadi sandangan yang membuatmu tenang

Jumpsuit buat ke pantai via monalisamarie.com

Gak sedikit orang justru merasa enggan pergi kepantai karena paparan matahari yang akan membuat kulit jadi menghitam. Nah, sekarang kamu bisa merasa tenang dengan sandangan jumpsuit polos atau motif berbahan santung. Pastikan kamu memilih ukuran yang pas dan warna yang cerah ya. Hindari warna pakaian berwarna gelap ya, karena warna ini bisa menyerap panas dan bikin kamu jadi gerah. Nah, selain bisa menutupi kulitmu dari paparan sinar UV yang jahat, kamu bisa tampil santai dan enerjik dengan pakaian simple ini. Mau coba?

6. Paduan kaus oblong polos dan celana harem sudah bisa membuat orang berdehem. Merasa terlalu plain? Tambahkan sandal dengan ornamen payet

Kapantai gak harus buka-bukaan via www.glamourmagazine.co.uk

“Santai kayak dipantai, selo kayak dipulau” memang ungkapan yang pas untuk diaplikasikan. Pantai adalah tempat paling cocok untuk bersantai. Maka, kamu juga bisa menikmatinya dengan pakaian yang santai. Salah satunya dengan setelah kaos oblong dan celana harem. Celana harem yang longgar  tidak akan membuatmu merasa cepat pegal jika harus berjalan menyusuri sepanjang pantai. Ademnya kaus oblong juga membuatmu merasa lebih nyaman. Dijamin, liburanmu bakan lebih mengasyikan dengan busana yang pas.

 7. Pakai bikini buat cewek berjilbab tentu hanya mimpi. Legging dan atasan bermotif cerah plus turban berwarna ceria adalah teman terbaik untuk vakansimu kali ini

Baju pantai buat yang pakai jilbab via dianpelangi.net

Liburan ke pantai kadang menjadi dilema tersendiri bagi wanita muslim yang mengenakan jilbab. Saat bikini dan pakaian terbuka tidak bisa dikenakan, kamu harus dihadapkan dengan rasa gerah dibalik jilbabmu. Maka, memilih jenis kain yang pas menjadi hal yang wajib kamu lakukan. Misalnya kamu bisa mengenakan pakaian dengan bahan rayon atau kain pantai bahan santung.

Selain itu, jenis celana leging dengan blus dengan motif floral juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Tanpa harus menanggalkan jilbab, kamu masih bisa berdamai dengan panas yang menyengat di pantai. Jadi gak mustahil jika kamu ingin bersenang-senang dipantai berdua bersama pasangan.

Selain itu, jika kamu ingin berenang, maka gunakanlah baju berenang khusus muslimah. Sekarang kamu sudah bisa mencarinya di berbagai toko penjual pakaian.

8. Memilih setelan yang pas untuk udara panas, check! Demi vakansi yang lebih nyaman, pastikan items ini juga tak ketinggalan:

Bawa kacamata hitam yang mumpuni, supaya matamu bisa berdamai dengan terik sinar matahari

kacamata hitam wajib kamu bawa via dianpelangi.net

Panas yang terik saat di pantai gak jarang akan membuatmu berkunang-kunang saat kembali ke ruangan. Maka, kacamata hitam adalah barang yang bisa kamu andalakan untuk mengatasinya. Model kacamata yang kamu kenakan juga tidak terpatok dengan bentuk frame. Kamu bisa bebas memilih model yang kamu suka, tapi yang terpenting pilihlah kacamata dengan kualitas lensa yang cukup ampuh untuk menangkal sinar UV. Selain bisa buat gaya, kamu juga bisa lebih nyaman saat melihat pamandangan indah di pesisir pantai nusantara.

Jangan rusak liburanmu dengan alas kaki yang justru membuat susah berjalan. Sandal jepit atau sandal gladiator akan membuat liburanmu jauh lebih nyaman

Sandal gladiator bisa menjadi pilihan via contributors.luckymag.com

Alas kaki menjadi faktor yang paling menentukan kenyamanan saat liburan di pantai. Jadi pastikan kamu memilih alas kaki dengan bijak. Inilah saatnya singkirkan sebentar highheels mu jauh-jauh, dan gunakanlah sandal jepit atau sandal gladiator rata. Tanpa harus kehilangan gaya yang apik, kamu bisa lebih nyaman saat berjalan berdua menyusuri hamparan pasir yang indah. Selain itu, kamu akan terhindar dari segala bentuk cedera, seperti keseleo. Dengan begini, dijamin liburanmu dipantai bakal menjadi lebih menyenangkan.

Topi rotan juga bisa jadi pilihan untuk menyempurnakan penampilan

Topi wajib kamu gunakan via thenadyadiaries.wordpress.com

Tampil stylish saat  liburan ke pantai sudah bukan menjadi hal yang mustahil. Syaratnya kamu tambahkan topi rotan untuk menyempurnakan penampilan. Gak jarang benda ini juga bisa melindungimu dari terik matahari. Jika kamu ingin tampil lebih feminim, kamu bisa coba pilih topi yang berukuran besar dengan warna yang lembut seperti coklat, putih, pastel, atau krem. Tambahan pita kecil juga bisa mempermanis liburanmu di pesisir. Gak jarang penampilan seperti ini akan membuatmu menjadi lebih menarik saat fotomu diunggah di media sosial. Siap-siap eksis yaa.

Meskipun udara pantai yang panas gak jarang akan membuatmu merasa kegerahan. Hantaman ombak yang besar juga seringkali akan membuatmu kewalahan saat bajumu menjadi berantakan. Angin yang berhembus kencang juga seringkali akan membuat penampilanmu menjadi tak karuan. Tapi memakai bikini haram untuk kamu kenakan. Tapi ini bukan alasan untuk mengurungkan niat liburan.

Nah, jika kamu ingin tetap tampil cantik tanpa harus mengenakan pakain terbukan, maka pilihan busana ini bisa kamu aplikasikan saat ingin liburan ke pantai bersama orang-orang tersayang.

Selamat bervakansi! Semoga liburanmu kali ini tak membuatmu jengah lagi!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya