Motor memang jadi andalan hampir sebagian besar orang di tanah air Indonesia ini. Bisa diandalkan saat keadaan macet dan lebih irit daripada bermobilisasi dengan kendaraan roda banyak lainnya, bikin si roda dua ini makin disayang. Tak lupa, helm harus selalu terpakai di kepala hingga terdengar bunyi “klik”.

Kadang, pakai helm nggak bikin semua yang pake jadi senang. Penyelamat saat berkendara memang, tapi bikin penampilan jadi gimana gitu. Apalagi buat cewek, rambut jadi lepek dan kusut ditambah lagi hijab berantakan dan nggak rapi. Iiiih~ Tapi kamu nggak akan dibuat bete lagi dengan hal ini, girls. Hipwee sudah menyajikan beberapa resep mujarab anti-lepek buat kamu!

Pakai helm saat rambut basah, bikin lepek dan bau. Tunggu kering hingga kering dulu.

Tunggu kering dulu, Sista via www.teknoflas.com

Motor memang bisa diandalkan buat ngebut ke tempat tujuan. Banyak juga cewek-cewek yang diburu waktu, cepat-cepat pakai helm saat rambut masi basah habis keramas. Kadang ada pikiran bahwa…

“Toh kalo kena angin juga cepet kering.”

Advertisement

Tapi, pemikiran ini malah terbalik dengan hasil akhirnya. Memang rambutmu akan lebih cepat kering karena diterpa angin selama perjalanan. Hanya bagian luarnya saja, lalu bagian dalam yang tertutupi helm? Malah lepek yang akan kamu rasa, ditambah lagi bau rambut yang nggak terlalu ramah buat hidung.

Ada baiknya kalo keringkan dulu rambutmu sebelum memakai helm. Tak perlu sampai kering total, setengah kering saja sudah cukup. Sebentar saja, sempatkan buat pakai hairdryer. Lalu baru kamu bisa pakai helm kesayanganmu untuk pergi ke tempat tujuanmu.

Menguncir rambut saat berhelm disarankan banget. Nggak kusut karena kelamaan kena angin di tengah macet

Kuncir saja~ via www.womenridersnow.com

Menjaga supaya rambut nggak mudah kusut saat memakai helm adalah dengan menguncir rambut terlebih dulu. Hal ini bisa dijadikan tips mujarab buat kamu yang berambut medium dan panjang. Walaupun berlama-lama macet walau diterpa angin selama perjalanan bukan jadi masalah.

Selain menguncir, kamu juga bisa menggulung rambutmu ke dalam helm. Pelan-pelan gulung rambutmu ke atas dan merangkapnya dengan helm secara perlahan. Walaupun rambutmu terlihat lebih pendek, rambut rapi anti kusust bisa kamu dapatkan dengan sembunyi sebentar di dalam helm!

Untukmu yang berambut pendek, gulung saja. Walau tak banyak, ga bikin mencuat, kan?

Masukkan sajalah via thebestfashionblog.com

Punya rambut pendek kadang mendatangkan sebuah dilema besar saat memakai helm. Pertama, bagian atas rambutmu akan berbentuk seperti tercetak bagian dalam helm. Kedua, bagian bawah rambutmu akan mencuat tak karuan. Wah, sempurna bikin rambutmu jadi nggak banget. Mood pun mengikuti, jadi nggak sempurna senang gitu.

Walaupun rambutmu pendek, solusi dengan menggulung rambut pun bisa kamu lakukan. Yah, walaupun nggak seleluasa rambut panjang, ujung rambutmu bisa digulung dan dimasukkan ke dalam helm. Tak apa sesekali dikira cowok dengan rambut yang tak terlihat. Tapi, ini adalah sebuah usaha yang bikin rambutmu nggak mencuat lagi, bahkan jadi lebih rapi. Ujung rambut mencuat nggak akan kamu dapati lagi~

Pakai penutup kepala sebelum pakai helm. Ngerapiin jadi leluasa, mengurangi keringat nempel

Pakai penutup kepala dulu~ via antiketombe.clear.co.id

Seperti inovasi yang dilakukan oleh jasa ojek daring, memakai penutup kepala sebelum memakai helm pun juga bisa kamu contek. Kamu bisa menyisir rambut dengan leluasa sesuai yang kamu inginkan. Menggulung rambut ke dalam sudah pasti. Barulah helm kamu pakai pelan-pelan.

Memakai penutup kepala pun bisa membawa keuntungan buat kamu. Kepala pun lebih higienis, polusi asap yang menerpa selama perjalanan bisa berkurang dibandingkan tanpa pake penutup kepala. Keringat yang langsung nempel di kulit kepala pun bisa langsung diserap sama penutup kepala itu. Mau melewatkan untuk mempraktekkan tips ini?

Bros memang merekatkan dan bikin makin geulis. Kalau benturan sakit, pas dilepas eh, berantakan

Nggak usah pake bros aja sekalian via flipboard.com

Untuk kamu yang berhijab, salah satu eksesoris yang pasti dipunya selain peniti dan dan jarum pentul adalah bros.
Dengan macam bentuk yang bikin bros makin lucu dan elegan, nggak jarang cewek dibuat kalap saat beli. Dipakai di bagian kepala saat hendak naik motor pun tak jarang ditemui. Biar nggak gampang copot dan makin menawan.

Alih-alih bikin kamu tetap menawan setelah melepas helm, kamu akan dibuat nggak nyaman dengan keberadaan bros itu di kepala. Apalagi saat nggak sengaja melewati polisi tidur yang nggak tidak bisa diantisipasi, akan ada benturan. Kamu akan dibuat ngilu malahan. Pun walaupun nggak mudah lepas adalah yang kamu harapkan, waktu dilepas bisa jadi malah dibel berantakannya.

Jilbab berbahan katun tebal adalah yang direkomendasikan. Gampang ditata nggak pake lama

Kayak gini deh~ via awwwproject.org

Kalau kamu suka dengan jilbab berbahan katun yang tebal dan cukup kaku, bersyukurlah. Dengan mengenakan jilbab ini saat memakai helm dan mengendarai motor, kamu bisa menata kembali bentuk hijabmu dalam waktu singkat. Biasanya, bagian ujung jilbab yang agak runcung akan lepek mengikuti bentuk helm, tapi untuk merapikan kembali juga bisa kok.

Berbeda saat kamu memakai jilbab yang berbahan tipis, mau meruncingkan ujung jilbab susah saking lemasnya bahan. Butuh waktu yang cukup lama buat bikin bentuk ujung hijan ini sempurna seperti semula, sebelum memakai helm.

Rapikan hijabnya dulu, baru masukkan helm pelan-pelan. Arahkan ke belakang bentar, trus baru klik!

Uwwwh~ via mulpix.com

Menjaga penampilan memang membutuhkan usaha lebih, supaya tetap prima dalam hal kenyamanan dan kemaksimalannya. Apalagi untuk menata hijab yang terpasang dengan rapinya di kepalamu, perlu skill khusus untuk menyiasati saat memakai helm. Sebelumnya, kamu perlu merapikan hijabnya terlebih dulu. Setelah itu, pakai helm pelan-pelan.

Kamu pun tak bisa asal, coba arahkan ke arah belakang sedikit, supaya jilbabmu lebih tertarik sedikit. Setelah itu,
baru arahkan ke depan lagi seperti biasanya dan klik! Karena akan beda hasilnya kalau kamu asal-asalan saat memakai helm. Tetap rapi seperti yang kamu inginkan bisa didapat~

Biar bentuk nggak banyak berubah, pakaikan jaket. Angin menerpa pun nggak bikin kusut

Minimal gini lah via dapurpacu.com

Supaya tatanan hijab tetap rapi saat memakai helm, butuh usaha khusus yang dilakoni. Ditambah lagi dengan angin-angin yang menerpa selama perjalanan, jilbab awut-awutan sudah sering kamu alami. Saat turun dari motor, nggak jarang kamu akan dibuat bete.

Biar nggak terus-terusan berantakan, pakai saja jaket. Saran ter-simple yang bisa kamu lakukan supaya bagian bawah hijabmu nggak awut-awutan. Angin nggak akan mengubah tatanan jilbab yang sudah kamu rapikan sejak pagi. Saat jaket dilepas, nggak kusut kan jadinya?

Butuh waktu memang untuk membiasakan diri untuk menata tatanan rambut dan hijab agar tetap rapi walau harus memakai helm. Saat kamu sudah mencoba dan ternyata hasilnya bisa memuaskanmu, pasti kamu akan terbiasa dengan sendirinya saat memakai helm. Untuk penampilan yang tetap menawan, selam mencoba tips ini ya, girls.