Cewek bisa dibilang terkenal dengan hal-hal ribet dalam hidup, terutama soal penampilan. Untuk hal satu ini cewek nggak akan main-main karena baginya, penampilan merupakan nomor wahid yang harus diperhatikan banget. Jika ada cewek yang dianggap berantakan dan jauh dari kesan keren, well mungkin itu adalah gaya dia dalam berbusana. Berantakan dan nggak keren sebenarnya tergantung gimana kamu pandai padu padan busana hingga saat dipakai terlihat menyejukkan mata, termasuk yang berhijab.

Kini hijab telah jadi sorotan dunia. Perkembangannya yang begitu pesat nggak terlepas dari peran dunia fashion. Berakar dari industri fashion negara-negara dengan penduduk bermayoritas muslim seperti Indonesia dan Turki, jelas menunjang peningkatan jumlah cewek berhijab. Apalagi negara-negara barat saat ini juga telah membuka celah fashion busana muslim makin mendunia. Hal itu pun bikin cewek-cewek berhijab jadi mudah pilih-pilih gaya kesukaannya.

Biar nggak asal pilih gaya hijab, kamu perlu tahu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat menentukan gaya mana yang paling pas. Karena penampilan nggak selalu soal cocok atau tidak, tapi juga kepribadianmu di baliknya. Oleh karena itu, yuk simak 5 hal berikut ini!

1. Kenali bentuk wajahmu dan jangan bosan bereksperimen dengan berbagai model hijab

jadi tahu yang mana! via hijabvisers.com

“Misalnya wajahmu bulat, pilih model hijab yang menutupi pipi dan jangan terlalu menempel pada wajah”

Advertisement

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu harus kenali dulu bentuk wajahmu. Karena kalau kamu tahu percis wajahmu berbentuk seperti apa, maka dirimu bisa sesuaikan gaya hijab mana yang paling cocok. Misalnya yang bentuknya bulat harus hindari gaya hijab yang menempel wajah dan berusaha menutupi bagian pipi. Atau kalau wajahmu persegi, silahkan cari model hijab yang menutupi bagian rahang biar tulangnya nggak terlihat terlalu tegas.

“Haram hukumnya kalau kamu pilih gaya hijab dari yang sedang tren karena belum tentu bakal cocok pada wajah.”

Untuk mendukung penampilanmu, cek tutorial hijab yang kira-kira sesuai dengan wajah dan kepribadianmu. Misalnya kamu orangnya aktif dan sederhana, pilihlah yang nggak banyak memerlukan peniti atau jarum pentul agar lebih mudah beraktivitas. Sedangkan buat kamu yang senang dengan hijab syari dan menemukan gaya yang pas, silahkan gunakan model hijab syari favoritmu. Selamat bereksperimen!

2. Pilihan warna termasuk bagian yang perlu kamu ketahui. Agar nggak ada warna asal tabrak dengan pakaian dan kulit

jangan sampai salah warna via www.buzzfeed.com

Mungkin kamu beberapa kali pernah lihat cewek nggak cocok dengan hijabnya. Jika dinilai dari segi gaya hijabnya, maka sepertinya pas-pas saja. Yang bikin nggak cocok dari warna, yaitu nggak pas dengan kulit maupun sama busana. Untuk itu, kamu perlu ketahui warna apa saja yang sesuai kulit. Beberapa di antaranya yaitu kulit putih cocok dengan hijab yang warnanya kontras kayak hitam dan biru dongker, yang berkulit sawo matang makin cantik dengan warna pastel dan gelap, kulit kuning langsat pas dengan warna-warna cerah, sedangkan kulit gelap bagus hijab warna netral atau pastel.

Jangan lupakan juga pilih warna hijab yang sesuai dengan warna busana serta kepribadianmu. Kalau kamu gemar memakai warna-warna gelap karena terkesan tegas dan percaya diri (pede), maka perlu disesuaikan hijabnya dengan warna yang mendukung. Tapi kalau kamu cenderung pemalu dan feminin, silahkan kenakan hijab dan busana berwarna pastel. Selama warna tersebut memang cocok kamu kenakan tentu nggak jadi masalah.

3. Hijab bermotif paling cocok dipakai untuk memeriahkan penampilan. Ingat, tampil menawan nggak harus berlebihan

bunga-bunga via www.pinterest.com

Biasanya hijab bermotif kamu gunakan ketika busana yang makakai semuanya polos. Ditambah lagi kamu memang nggak kenakan aksesoris tubuh kayak jam tangan, gelang, atau cincin. Untuk menyemarakkan penampilan sederhanamu nan santun itu, kamu bisa aplikasikan hijab motif lho. Motif-motif yang aman kamu pilih yakni bunga dan polkadot, namun buat yang bertubuh besar dan berwajah bulat kalau bisa pilih motif yang polkadotnya kecil-kecil ya. Hal ini supaya kamu nggak terlihat makin besar. Dan untuk cewek bertubuh kurus, pakai hijab motif bisa jadi nilai tambah karena bakal terlihat lebih terisi. Nggak percaya? Coba terapkan!

4. Bahan hijab kian beragam. Yakin nggak mau bahan mana yang paling pas buat kamu?

banyak pilihannya

Selain warna dan model, hal lain yang perlu kamu ketahui yaitu bahan-bahannya. Dengan perkembangan yang kian meningkat, kini mudah ditemukan berbagai hijab dari bahan apapun. Bahan-bahan seperti satin, jersey, viscose, katun, dan rayon adalah bahan hijab yang bisa jadi pilihan kamu dalam menentukan mana yang terbaik. Salah satu contohnya buat kamu pemilik wajah bulat sebaiknya pilih hijab dari bahan katun atau sutera. Bahannya yang kaku mudah membentuk siluet tirus pada wajahmu.

5. Yang terakhir adalah foto! Entah itu selfie atau OOTD, yang penting bisa kamu bandingkan tiap gaya hijabnya

Bagimu yang suka selfie atau foto outfit of the day (OOTD), jangan lupakan setelah beres memakai hijab ambil foto. Jika mau fokus hanya wajah saja, maka kamu bisa selfie, sedangkan kalau ingin terlihat tampilan seluruhnya ambil saja foto OOTD. Dengan begitu kamu jadi bisa bandingkan mana gaya hijab yang paling cocok dan sesuai sama kamu.

Nah, gimana? Udah nggak bingung lagi ‘kan kalau mau bereksperimen dengan model hijab terbaru? Karena ikutin tren fashion hijab belum tentu cocok, lebih baik pertahankan gaya yang paling pas buat kamu. Dan jangan bosan mencobanya biar sukses dapatkan tampilan memuaskan. Selamat mencoba!