Memakai kebaya untuk kondangan memang sedang trend lagi, apalagi kebaya kutu baru. Biar kamu nggak bosen, coba-coba item fashion lain selain kebaya yuk! Indonesia kan punya banyak suku yang semuanya punya ciri khas yang menarik. Kayaknya bakal seru kalau kita juga memanfaatkan aksesoris khas tiap daerah untuk salah satu item fashion. Biar penampilanmu nggak gitu-gitu aja tiap kondangan.

1. Outerwear etnik akan mempercantik gaun polosmu

outerwear etnik via id.aliexpress.com

Kalau kamu punya gaun polos, nggak usah bingung berpikir bagaimana cara  membuatnya lebih menarik. Outerwear etnik seperti ini bisa mempercantik gaun polosmu.

2. Belt etnik Bali ini cantik banget lho, bisa dipakai di gaun-gaun modern juga

Belt khas Bali via grosirbersama.co.id

Kalau rok atau baju etnik tentu sudah biasa, tapi belt etnik kayaknya jarang dilirik. Cocok banget buat kamu yang ingin tampil beda dan antimainstream.

3. Nggak cuma badanmu yang bisa menggunakan fashion etnik, kakimu juga bisa pakai ini

Advertisement

Etnik banget kan? via sandalbaliasli.wordpress.com

Yang satu ini juga dari Bali,  tampilannya classy tapi elegan di saat yang sama. Cocok banget kalau dipakai di acara kondangan dan sejenisnya.

4. Kamu yang berhijab pun bisa tampil membawa item-item budaya, misalnya kalung indah ini

Kalung cantik untuk aksesoris via kompas.com

Tentu kamu belum lupa dengan euphoria batu akik dan batu-batu mulia lainnya  beberapa waktu lalu. Walaupun kini sudah nggak setenar dulu, kecantikan kalung ini belum pudar lho. Jadi nggak ada salahnya kamu coba lagi.

5. Gelang emas itu biasa, kalau yang batik-batik kayak gini kamu udah punya belum?

Bentuknya memang sangat sederhana tapi coba deh pasang di pergelangan tanganmu, pasti cantik dan cocok untuk pergi ke acara-acara resmi seperti resepsi pernikahan.

6. Ke kondangan nggak akan lengkap tanpa clutch bag, yang etnik ada juga lho!

clutch bag juga keren kok via andiani.net

Jangan bandingkan dengan clutch bag dari brand-brand besar karena mencintai hasil karya anak negeri tidak akan pernah sepadan dengan brand ternama manapun.

7. Fokus ke antingnya, bentuknya bulat klasik dan pasti akan membuatmu tampil beda

Giwang bali yang mewah via weddingku.com

Perhiasan nggak boleh terlupakan saat kamu kondangan, walaupun kecil tapi akan tampak paling bersinar. Cobalah beberapa pilihan perhiasan etnik yang kini mudah kamu dapatkan dimanapun.

8. Lagi-lagi perhiasan nggak harus emas ya, kalung dari papua ini juga cantik dan terlihat kekinian banget

Kalung khas papua via anak-kolaka.blogspot.com

Siapa sangka kan kalung-kalung warisan leluhur kita ini bisa terlihat sangat kekinian seperti ini. Kalau kayak gini sih, dipasangkan dengan fashion apapun cocok deh!

9. Kamu yang berhijab, bisa juga bermain di hijabmu saja. Sekarang banyak kok motif etnik yang sudah dipopulerkan

Hijab etnik via akufashion.com

Mba Dian Pelangi yang suka dengan perpaduan warna pasti merasa cocok banget dengan hijab motif etnik seperti ini. Cantik kan? Kamu juga harus coba!

10. Kalau kamu ingin lebih modern, kamu bisa memilih fashion semi etnik seperti ini

Etnik modern via twinklelittleheels.com

Kelihatannya sih modern banget, tapi idenya dari etnik-etnik Indonesia. Flat shoes-nya juga bagus tuh, match banget sama bajunya.

Jadi nggak cuma kebaya kan ya yang bisa berbau-bau etnik? Mulai sekarang kamu harus lebih mengeksplorasi lagi kekayaan budaya kita sebelum diaku-aku sama negara lain. Bangga menggunakan produk negeri sendiri!