Pada umumnya, wajah adalah anggota tubuh yang paling penting untuk dijaga tampilannya. Sebab, nggak bisa dipungkiri lagi jika wajah merupakan salah satu bagian yang bisa mengundang daya tarik. Terlebih jika sudah berbalut make up yang menambah polesan di wajah, cantik bukan impian lagi.

Namun dalam kenyatannya, wajahmu pasti pernah mengalami beberapa masalah yang mungkin membuatmu merasa nggak maksimal. Salah satu masalah yang sering banget ditemui adalah munculnya jerawat. Meskipun hanya jerawat kecil tapi tetap saja akan begitu mengganggu.

Tapi jangan khawatir! Sembari menunggu jerawat kamu sembuh, kamu tetap bisa tampil maksimal kok. Sebab cara ber-make up ringan ini bisa banget bantu kamu menutupi jerawat-jerawat tersebut supaya nggak nampak. Yuk, disimak! 🙂

1. Sebelum mulai berhias, tentu kamu perlu memilih alat kosmetik yang aman untuk digunakan dan sesuai dengan kulit wajahmu

pilih make up terbaik! via polka.id

Sebelum mulai berhias, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih alat kosmetik yang aman untuk digunakan. Kalau kamu sering menggunakan make up, tentu kamu sudah paham banget kosmetik apa yang sesuai untuk kulit wajahmu. Selain itu, alat kosmetik yang digunakan pun harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah, agar nyaman digunakan dan meminimalisir efek samping.

2. Pertama, gunakan foundation dengan warna yang nggak jauh beda dengan warna kulitmu. Jangan terlalu tebal pakainya, ya!

Advertisement

pilih foundation yang sesuai dengan warna kulit~ via likeherlikeme.com

Kamu pasti sudah nggak asing dong dengan foundation. Yap! Make up dasar yang perlu dioleskan di wajah pertama kali, sebelum alat make up yang lainnya lagi. Untuk menyarukan jerawat di wajahmu, kamu perlu gunakan foundation yang warnanya mirip dengan warna kulit wajahmu, serta gunakanlah secukupnya alias jangan terlalu tebal. Itu diperlukan supaya kesan natural tetap terlihat. Untuk membuatnya rata, kamu bisa menggunakan jari atau spons make up, lho.

3. Setelah itu, jangan lupa untuk menggunakan concealer demi menutupi jerawat-jerawat nakal di wajahmu

concealer juga jangan lupa, ya. via www.cosmopolitan.com

Setelah foundation terpakai rata, kemudian kamu perlu menggunakan concealer untuk menutupi jerawat-jerawat di wajahmu. Concealer pun nggak hanya ampuh untuk menutupi jerawat, tapi bekas jerawat atau flek hitam pun bisa seperti menghilang. Satu hal yang perlu kamu perhatikan dengan baik adalah jenis concealer-nya. Jika kamu punya wajah yang kering, maka pilihlah concealer yang berjenis cair, dan untuk kamu yang punya wajah berminyak bisa menggunakan concealer dasar mineral.

4. Lalu, gunakan bedak dengan warna yang sesuai dengan kulit wajahmu, supaya nggak jadi menor alias berlebihan

bedak tabur lebih dianjurkan. via www.collegefashion.net

Untuk menyempurnakan penggunaan foundation dan concealer-mu, gunakanlah bedak yang warnanya nggak jauh berbeda dengan kulit wajahmu. Penggunaan bedak pun hanya perlu tipis-tipis saja supaya nggak jadi menor alias berlebihan. Kamu harus tahu, kalau jerawat yang ada di wajahmu tengah meradang sebaiknya gunakan bedak tabur agar bisa membantu penyerapan minyak. Sebab, kalau kamu menggunakan bedak padat bisa jadi jerawatmu semakin parah karena kandungan minyak di dalamnya lebih banyak.

5. Saat lagi berjerawat, sebaiknya hindari penggunaan blush on, ya, Girls~

mending nggak usah pakai blush on deh. via papasemar.com

Memang sih blush on ampuh banget bikin pipi kamu merah merona. Tapi saat wajahmu lagi berjerawat, justru sebaiknya kamu menghindari penggunaan blush on, Girls. Sebab blush on yang dipoleskan di wajahmu akan menyumbat pori-pori dan makin memperbanyak jerawat yang ada di wajahmu. Kalaupun terpaksa harus pakai blush on, minimal jangan pakai yang cream blush ya.

6. Kemudian jangan lupa semprotkan spray ke seluruh permukaan wajahmu agar make up yang kamu gunakan bisa lebih tahan lama dan terlihat natural

Setelah menggunakan foundation, concealer, dan bedak yang tipis dan merata, jangan lupa menggunakan spray sebagai langkah terakhir make up kamu. Spray yang disemprotkan pada jerawat yang sudah tertutup make up itu akan membuat penampilanmu jauh lebih natural. Selain itu, make up kamu pun lebih bisa tahan lama.

7. Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan make up-mu setelah selesai beraktivitas. Cuci wajahmu sampai bersih!

jangan males cuci muka, ya. via theskinsurgerycentre.com

Langkah terakhir yang wajib kamu lakukan agar jerawatmu nggak semakin banyak adalah dengan membersihkan make up kamu setelah selesai beraktivitas. Jangan lupa mencuci wajahmu sampai bersih sebelum tidur. Sebab, kalau kamu nggak lakukan itu, bisa-bisa jerawat yang ada makin betah dan nggak mau pergi.
Kalau kamu mau melakukan itu maka jerawatmu bisa tersarukan. Dengan begitu, nggak perlu khawatir penampilanmu jadi nggak maksimal, ‘kan? Selamat mencoba! 🙂

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!