Tampil menarik dan cantik bukan berarti harus pake makeup yang tebal, berat, dan berwarna-warni. Justru tampilan alamilah yang akan membuat kecantikanmu yang sesungguhnya terpancar.

Tapi tampil natural bukan berarti kamu tak boleh memakai makeup sama sekali, ya. Makeup penting untuk membuat wajahmu jadi lebih simetris, kekurangan wajahmu tertutup, dan fitur-fitur terbaikmu makin menonjol. Nah, makeup yang paling baik adalah makeup yang bisa melakukan semua “tugas” di atas, bukannya justru mendistraksi orang yang melihat wajahmu.

Cewek-cewek yang paling ahli mengenakan makeup natural ini adalah artis-artis Korea. Namun sekarang tak hanya mereka saja yang bisa mengenakannya. Kamu juga, kok. Untuk caranya, coba deh contek langkah-langkah berikut ini!

1. Makeup yang natural adalah yang minimal. Karena itu, pelihara wajahmu supaya tak perlu memakai banyak-banyak makeup.

Siapkan wajahmu via www.healthandcosmetics.tk

Makeup berguna untuk menutupi kekurangan wajah. Jika wajahmu tak punya banyak kekurangan – misalnya, tak ada jerawat yang harus ditutupi atau kantong mata yang tebal – kamu tidak perlu memakai banyak makeup dan penampilanmu bisa terlihat lebih alami. Jadi, selalu perhatikan perawatan kesehatan kulit wajahmu ya, girls. Hipwee yakin kamulah yang paling mengerti kebutuhan kulitmu sendiri, tergantung pada jenis kulitmu.

Advertisement

Untuk menyempurnakannya sebelum memakai makeup, bersihkan terlebih dahulu wajahmu dengan cleanser dan facial foam. Setelahnya, sempurnakan pakai toner lalu lembabkan wajahmu dengan moisturizer. Untuk pemakaian pada siang hari kamu bisa menambahkan juga sunscreen SPF 30 untuk melindungi kulitmu dari pengaruh buruk matahari.

2. Pakai BB cream atau CC cream yang bisa bikin kulitmu flawless tanpa makeup yang berat

Mengcover kulitmu dengan tampilan alami via sistersdyne.blogspot.com

Setelah ritual perawatan wajahmu selesai, kini saatnya melapisi wajahmu agar terlihat lebih sempurna. Nggak perlu alas bedak atau primer dan segala macam, cukup aplikasikan BB cream atau CC cream pada wajahmu. Itu saja sudah cukup untuk melapisi wajahmu dan membuat kulitmu tampak flawless dan halus. Kalau perlu, kamu juga bisa menambahkan bedak tabur setelah kamu memakai BB cream. Tapi untuk kamu yang punya kulit yang mudah berkeringat dan berminyak, cukup satu lapisan saja sudah cukup untuk menghindari suhu yang bertambah karena lapisan yang juga ditambah.

3. Kalau memang diperlukan, pakai concealer untuk menutupi kekurangan di wajahmu

Concealer untuk lingkaran hitam pada mata via www.hacerfamilia.com

Jika kamu punya beberapa kekurangan yang harus ditutupi seperti jerawat maupun lingkaran hitam, kamu bisa sapukan concealer pada bagian yang kamu inginkan. Ratakan concealer-mu dan kamu pun akan mendapatkan warna kulit wajah yang lebih merata dan cantik.

4. Untuk rona alami yang tampak segar, kamu bisa memilih warna-warna lembut

Wajah merona alami via visualoptimism.blogspot.com

Untuk membuat wajahmu tampak segar dan nggak pucat, pakailah cream blush yang berwarna natural. Untuk kamu yang punya kulit putih, kamu bisa pakai blush warna pink, sedangkan yang punya kulit warna medium bisa memilih warna peach, dan pilih warna pink kecoklatan untukmu yang punya warna kulit gelap. Tampilan yang natural juga butuh sapuan merona di wajahmu agar memberi kesan kulit yang sehat.

5. Tegaskan alismu jika kamu mempunyai alis yang tipis. Alis yang tegas membuat wajahmu terbingkai dan penampilanmu lebih fresh

Tegaskan bingkai matamu via www.pinterest.com

Sapukan tipis-tipis pensil alis ataupun brow powder milikmu. Untukmu yang punya alis tipis dan nggak tegas bisa menambahkan sedikit warna seperti cokelat muda untuk membuatnya ‘ada’. Alis merupakan bingkai wajah yang sangat penting bagi suatu penampilan riasan. Buatlah senatural mungkin dan jangan lupa untuk meratakan hasil akhirnya dengan sikat alis agar hasilnya lebih sempurna.

6. Buat matamu lebih ‘hidup’ walau dengan riasan mata yang minimalis

Riasan mata yang natural via www.taaz.com

Riasan mata merupakan yang paling penting dari setiap riasan wajah. Jika kamu ingin makeup yang natural pakailah makeup mata dengan pilihan warna yang tidak mencolok. Kamu tetap bisa mempercantik matamu dengan tampilan natural yang tidak begitu terlihat seperti pakai makeup. Caranya adalah dengan memilih warna eyeshadow yang alami seperti warna krem atau warna yang setingkat lebih gelap dari warna kulitmu. Sapukan tipis-tipis pada kelopak bagian atas dan sedikit pada kelopak bagian bawah. Selain itu untuk membuat matamu jadi semakin segar, kamu bisa menambahkan eyeshadow berwarna krem cerah pada pada sudut bagian dalam matamu dan tulang bagian bawah alis.

Kalau kamu nggak bisa keluar rumah tanpa eyeliner, kamu bisa memakaikannya tipis-tipis pada kelopak mata bagian luar untuk tetap memberi kesan rapi namun natural. Setelahnya kamu bisa menyapukan maskara pada bulu matamu agar penampilanmu semakin set dan siap untuk memulai hari.

7. Sapukan lipgloss atau gincu berwarna pink maupun peach natural

Blushy alami via www.voice.fi

Untuk perwarna bibir, pakai saja lipgloss favoritmu yang biasa dipakai sehari-hari. Pilih warna natural seperti soft pink ataupun peach. Untuk gincu, agar menghindari warna yang tebal coba kamu aplikasikan dengan jari ke bibirmu. Caranya dengan mengusapkan sedikit pada bibir lalu kamu lanjutkan dengan meratakan ke seluruh bibirmu. Walaupun kamu pakai gincu dengan warna yang berani seperti kemerahan, hasilnya akan tetap sheer dan blushy pada bibir.

Dengan makeup yang natural, nggak hanya kepercayaan dirimu yang akan bertambah, tapi kecantikan dirimu pun akan semakin terpancar. Bagaimana, mudah ‘kan membuatnya? Langsung coba sekarang yuk!