Menjadi cewek dengan selera fashion berbeda dari yang lain itu memang menjadi keunikan tersediri. Apalagi, di tengah inovasi fashion sekarang ini yang lebih fokus pada warna-warna terang serta motif bunga yang meriah. Cewek dengan selera ‘tomboy’ pun merasa terasingkan. Karena cewek dengan dandanan yang terkesan cuek alias tomboy ini biasanya tak terlalu ribet dalam hal memilih busana, soal mix and matchnya pun terkadang sekadarnya saja.

Cewek tomboy itu unik, jika mereka mampu menyesuaikan busana supaya terlihat menarik.

Di sini, Hipwee tahu betul kalau cewek tomboy itu bukannya tak menarik, mereka hanya butuh sedikit panduan fashion supaya penampilannya makin oke dan enak dipandang. Check it out!

1. Karena kemeja dan celana jeans selalu jadi andalan, perpaduan warna yang pas harus selalu jadi perhatian.

paduan yang sesuai antara kemeja dan celana. Sumber via lifeofleo.in

Bagi mereka yang tak suka pakai rok atau dress, celana jeans lah yang menjadi penyelamat. Kuliah, hangout atau bahkan kerja pun mereka selalu memilih perpaduan celana jeans dengan kemeja karena alasan ogah ribet dan lebih simpel. Tapi, ini tak menjadi masalah jika kamu pandai memilih warna serta motif kemeja yang sesuai dengan warna celana jeans-mu. Kabar gembiranya, perpaduan celana jeans dan kemeja ini memang tak pernah ada matinya, lho.

Buat yang berjilbab, ini nih style yang pas antara kemeja dan celana jeans…

Advertisement

nih buat yang berhijab. Make sure, jika jeansnya bolong-bolong, tetapi tidak bolong sampai ke kulit yaa. Sumber via biutifa.com

2. Meski tomboy, memakai rok bukanlah sebuah halangan. Padukan saja dengan atasan sederhana dan minim motif supaya nggak terlalu girly.

pakai rok? Why not? Sumber via pumpsandpolkadots.com

Saat berkesempatan pergi ke sebuah pesta atau kondangan, tak ada salahnya kamu memakai bawahan berupa rok supaya terlihat lebih santun, meski sebenarnya kamu nggak suka. Pakailah rok dengan bahan yang tak mengkilap, seperti katun atau silk supaya kesan girly tak terlalu rlihat pada dirimu. Padukan juga dengan atasan simpel yang minim motif supaya usahamu tampil casual tidak gagal.

Biar nggak terlalu mencolok, usahakan pilih rok yang tak terlalu mekar, ya…

usahakan, rok yang tak terlalu mekar. Sumber via brandedgirls.com

Pilihlah rok yang tak terlalu lebar atau mekar, agar penampilan sporty mu tetap terlihat nyata.

3. Demi tampilan formal yang lebih oke, kamu bisa memilih dominasi warna hitam atau putih supaya nggak kaku dan tetap berkelas.

ini nih buat tampilan formal. Sumber via ngasih.com

Kamu yang tomboy, bukan berarti harus cuek dan nggak peduli sama sekali dengan penampilan. Ada kalanya kamu harus benar-benar memperhatikan tampilan dirimu, seperti saat acara formal misalnya. Tak perlu repot membongkar isi lemari buat menemukan look yang pas, kamu cukup memadukan blazer dengan celana berpotongan formal warna hitam atau putih saja. Pilih juga inner (baju dalaman) dengan warna netral ini biar kamu nggak terlihat seperti ‘jemuran berjalan’.

Formal look ini nggak cuma bagus, tapi santun buat yang berjilbab.

semi formal look for hijab. Jika ingin lebih formal, ganti alas kaki dengan sepatu tertutup. Sumber via beehijab.com

4. Tak perlu malu atau sungkan mengenakan atasan bermotif bunga, karena kamu justru bisa tampil beda dan menarik dengan style ini.

bunga-bunga ala si tomboy via pattytriestoblog.wordpress.com

Sesekali, tak apa-apa jika kamu ingin mengenakan atasan atau bawahan bermotif bunga yang identik dengan cewek girly. Pilih saja motif bunga yang menurutmu paling sesuai dan nggak terlalu ramai saat dikenakan. Tentukan juga warna dasar dari busana bermotif bunga ini, putih, cream atau hitam misalnya. Walaupun memakai baju bermotif bunga, identitas aslimu yang anti ribet nggak akan hilang dengan padu padan yang pas.

Meski bermotif bunga, kamu yang berjilbab tetap bisa tampil casual.

atasan bunga, lucu deh. Sumber via lookbook.nu

Tambahkan aksesoris seperti topi atau kalung yang sederhana, biar kamu nggak terlalu feminin.

5. Supaya nggak monoton dan membosankan, kamu juga bisa bereksplorasi dengan beberapa warna cerah. Sekali-kali boleh lah ya kelihatan lebih fresh.

eksplorasi warna yuk! via andsaltwater.com

Biar nggak cuma warna hitam dan putih saja yang menjadi andalanmu, sesekali kamu bisa lho bereksplorasi dengan warna-warna cerah. Mix and match kemeja dengan celana berwarna bisa segera kamu praktikkan, khususnya pada acara-acara santai atau hangout bersama teman-teman.

Contoh warna yang bisa kamu eksplorasi :

  • kemeja polos berwarna putih dengan celana berwarna merah muda / biru muda
  • kemeja jeans dengan celana chino berwarna putih / cream
  • kemeja polos hitam dengan celana jeans berwarna merah marun / biru muda

Biar nggak terlalu mencolok, eksplorasi ini yang bisa kamu coba.

pandai bermain warna dengan celana jeans. Sumber via www.google.co.id

Karena kamu berjilbab, usahakan celana jeans nya jangan yang ketat ya, Ukh.

6. Jaket jeans tak lagi sebatas luaran saja, bisa juga kamu tonjolkan sebagai penunjang penampilan dengan tambahan motif-motif ini.

jaket jeans nggak lagi monoton via therightshoesblog.com

Walaupun jaket jeans sudah populer sejak lama, tak banyak cewek-cewek yang suka memakainya sebagai penunjang penampilan. Bahannya yang tebal dan berat cenderung lebih sering digunakan mereka yang tomboy dan terbiasa memakai tank top. Tapi, kini kamu bisa mengangkat derajat jaket jeans sebagai penunjang penampilan, tentunya dengan tambahan beberapa motif baju dalaman yang sesuai. Jika kamu tak suka motif, dalaman polos juga bisa kok, usahakan warnanya yang kalem atau netral, ya.

Motif belang horizontal akan terlihat chic jika dipadukan dengan jaket jeans, buat kamu yang berjilbab.

kalau pengen jaket jeansmu nggak monoton. Sumber via hijabkita.com

Memadukan jaket jeans dengan inner bermotif berpotongan panjang, penampilan berjilbabmu akan makin santun karena lekuk pantat akan tertutupi.

Biarpun tomboy, kamu juga harus peduli sama penampilan supaya nggak berantakan, ya. Share juga di kolom komentar, siapa saja temanmu yang tomboy!