Siapa sih yang enggak tahu Kim Kardashian? Salah satu anggota dari klan Kardashian-Jenner ini memang terkenal banget. Walau ketenarannya dimulai sebagai bintang tamu di berbagai acara televisi, namun belakangan Kim lebih fokus sebagai social media influencer. Enggak cuma itu, istri dari rapper Kanye West ini juga didaulat sebagai salah satu ikon kecantikan dan fashion. Ia bahkan masuk ke dalam “100 Most Influential People” menurut majalah Time pada tahun 2015. Pada tanggal 21 Juni yang lalu, Kim baru saja mengeluarkan produk kosmetiknya sendiri yang diberi nama Kim Kardashian West (KKW) Beauty. Dan para beauty enthusiasts di seluruh dunia benar-benar penasaran dengan beauty line milik seorang Kim Kardashian ini! Memangnya apa sih yang spesial dari KKW Beauty ini?

Salah satu signature dari makeup Kim Kardashian adalah teknik contouring. Inilah yang kemudian menjadi inspirasi dari KKW Beauty

Buat yang enggak paham apa itu contouring, itu adalah teknik makeup yang bertujuan untuk mendefinisikan dan membentuk struktur tubuh menggunakan produk kosmetik dengan berbagai warna. Nah, contouring pada wajah biasanya berfungsi agar wajah terlihat lebih kecil dan langsing, serta fitur yang ada menjadi lebih jelas. Kim Kardashian sering banget menggunakan teknik makeup satu ini. Karena itu, KKW Beauty pun berisikan produk kosmetik yang bisa digunakan untuk teknik contouring tersebut. Sebelum cosmetics line satu ini launching, Kim sempat melakukan kolaborasi dengan adiknya yang juga enggak kalah terkenal, Kylie Jenner. Mereka merilis produk lip kit sebagai preview dari KKW Beauty. KKW Beauty sendiri mengeluarkan contouring kit yang terdiri dari contouring stick, highlighting stick, dan juga brush/sponge duo stick dalam satu paket.

Saking fenomenalnya, produk KKW Beauty sold out hanya dalam waktu kurang dari 3 jam loh!

Dalam rangka mempromosikan KKW Beauty, Kim Kardashian menggunakan akun Instagram resmi @kkwbeauty bersama sebuah situs resmi, yaitu kkwbeauty.com. Melalui media sosial tersebut, Kim menginformasikan kalau ada 4 shade dari contouring kit bernama “Creme Contour and Highlight Kits” yang ia jual, untuk mengakomodasi warna kulit berbeda yang dimiliki setiap orang. KKW Beauty ini dijual secara eksklusif dengan pemesanan melalui situs resminya. Jadi, orang-orang yang tertarik buat memiliki contouring kit ini harus gercep di depan laptop pada saat launching-nya! Launching perdana KKW Beauty sudah dilaksanakan pada tanggal 21 Juni yang lalu. Dan kalian tahu? Produknya ludes hanya dalam waktu kurang dari 3 jam loh! Contouring kit shade medium adalah produk pertama yang paling cepat habis stoknya, kemudian disusul oleh contouring kit shade light. Karena semua produknya sudah sold out, Kim Kardashian akan merilis kembali stok KKW Beauty pada tanggal 20 Juli pukul 12 siang waktu setempat. Wah, bakal seheboh pas launching pertama enggak ya?

KKW Beauty ternyata memunculkan kontroversi di kalangan beauty enthusiast. Mulai dari harganya yang mahal, sampai bentuknya yang sedikit ‘lucu’

Advertisement

Ternyata KKW Beauty cukup banyak menuai komentar negatif dari beauty blogger via www.mtv.co.uk

Meskipun produknya laku dalam waktu yang sangat singkat, ternyata KKW Beauty ini menimbulkan kontroversi di kalangan beauty enthusiast loh! Pertama, satu buah contouring kit diberi harga 48 US$ atau sekitar Rp 640.000, belum ditambah dengan shipping fee dan pajak kalau pembelinya berada di luar negeri. Walaupun harga segitu memang normal untuk produk kosmetik high-end, isi dari contouring stick dan highlighting stick tersebut sedikit banget, yakni sekitar 3,6 gram saja. Dengan jumlah segitu, produk ini enggak bakal bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Kedua, beberapa beauty blogger juga kecewa dengan disain produk KKW Beauty yang rawan patah, bahkan pada pemakaian pertama.

Bayangin aja betapa pedihnya mematahkan barang yang harganya lebih dari setengah juta rupiah dalam sekali percobaan! Bentuk brush-nya pun kena komentar oleh beauty blogger, yang katanya sedikit aneh dan mirip kayak ‘sesuatu’. Ada juga yang kecewa karena produk KKW Beauty enggak dibungkus dengan kemasan boks yang kuat, melainkan hanya berupa kantong yang sederhana. Ketiga, kualitas isi KKW Beauty yang kalah dibandingkan produk high-end dengan harga setara.

Mengesampingkan review-review negatif tersebut, terdapat beberapa poin kelebihan dari KKW Beauty ini, yaitu pilihan warna yang banyak yang seringkali dilupakan oleh produsen kosmetik. Selain itu, kemasan warna nude pink dari KKW Beauty juga terlihat menarik dan mewakili sosok Kim Kardashian. Ketiga, bentuk ketiga produk yang terdapat di dalam contouring kit ini mudah diaplikasikan dan hasil akhirnya terkesan alami. Namun begitu, masih banyak loh produk kosmetik lainnya, yang harganya bahkan enggak sampai 48 US$, dengan isi yang jauh lebih banyak dan kualitas lebih baik dibandingkan dengan KKW Beauty ini. Buat kamu para beauty enthusiast, mending uang yang sudah kamu tabung dibelanjakan untuk produk-produk high-end yang kualitasnya sudah terjamin. Atau enggak, banyak juga produk drugstore yang menyediakan contouring kit dengan kualitas bagus dan ramah di kantong.

Dengan kontroversi kayak gini, kita jadi sedikit ragu ya launching produk yang kedua bisa sefenomenal kayak pendahulunya. But who knows? Yang jualan aja manusia seterkenal Kim Kardashian!