Sebagian besar wanita di dunia menganggap mata besar sebagai standar kecantikan. Sayangnya nggak semua daari kita terlahir dengan mata besar, apalagi kamu-kamu yang memiliki fitur oriental. Kejamnya lagi, kadang matamu yang kecil dan cenderung sipit sering menjadi bahan ejekan oleh teman-temanmu. Kamu pun tak jarang merasa minder dengan mereka yang memiliki mata lebih belok.

Padahal, sebenarnya matamu yang kecil juga sama cantiknya, apalagi kalau kamu tahu bagaimana meriasnya sesuai dengan bentuk matamu. Lihat saja Chelsea Islan, meskipun dia bermata sipit, tapi nggak ada yang meragukan kecantikannya kan? Oleh karena itu, hari ini Hipwee Style mau mengajakmu untuk melihat beberapa jenis tampilan makeup yang pas untuk kamu yang bermata kecil. Cek yuk!

1. Cat eye atau makeup mata kucing akan mempertegas matamu. Gunakan eyeshadow dengan warna halus dan fokuskan pada pembentukan eyeliner yang runcing pada bagian kelopak mata.

mata kucing via guang.taobao.com

Makeup mata kucing alias cat’s eye memang nggak terlalu mudah untuk dibuat, tapi bukan berarti mustahil. Untuk membuat mata kucing, kamu cukup mengikuti delapan langkah mudah seperti di atas yang sebenarnya bisa dibikin lebih simpel lagi. Nih 3 langkah membuat mata kucing a la Hipwee Style.

  • Diasumsikan kamu sudah mengaplikasikan eyeshadow warna favoritmu, langkah pertama, langsung aja ambil eyelinermu dan buat outline sayap kecil di bagian terluar mata, Garis “sayap”nya harus menunjuk agak ke atas ya, ke arah alismu, untuk efek mata kucing yang sensual, seperti pada gambar nomor 2. Terus, tinggal diisi deh dengan eyeliner hitammu.
  • Langkah kedua adalah menyatukan sayap tersebut dengan dengan membetuk garis eyeliner dari ujung terluar hingga ujung terdalam, seperti pada gambar nomor 6. Biar gampang, tinggal ikutin aja garis kelopak matamu.
  • Setelah itu, kamu tinggal merapikan garis-garisnya dengan membubuhi concealer dengan kuas kecil terutama di pinggir “sayap”nya. Jadi deh!

2. Makeup dobel eyeliner adalah tampilan modern yang cantik untuk si mata kecil. Aplikasikan eyeliner hitam, kemudian tambahkan garis eyeliner warna di atasnya. Cantik!

Advertisement

dobel eyeliner

Kalau kamu bosan dengan warna-warna eyeliner hitam atau sewarna yang membosankan, cobain deh gaya dobel-color eyeliner. Selain akan membuat matamu yang kecil terlihat lebih tajam dan sensual, kamu juga akan terlihat lebih meriah dan siap untuk main bareng teman-teman!Karena kamu sudah tahu basic cara mengaplikasikan “mata kucing” dengan eyeliner, kamu tinggal megikuti langkah tersebut. Kemudian dengan teknik yang sama, tambahkan eyeliner warna favoritmu di atasnya. Jangan terlalu tebal ya, biar nggak dikira eyeshadow, hehe!

3. Atau kamu juga bisa bikin dobel warna di ujungnya saja. Caranya tinggal dibalik, aplikasikan eyeliner warnanya (pensil) dulu kemudian tumpuk dengan eyeliner hitam (liquid).

ujungnya aja via id.pinterest.com

Kamu juga bisa membuat tampilan double-colour cat’s eye dengan menambahkan warna di ujungnya atau di sayapnya saja. Caranya juga nggak susah kok, cuma butuh 4 langkah saja.

  • Pertama, seperti biasa, mulai dengan basenya dulu, terserah kamu. Kemudian aplikasikan dulu eyeliner warnanya seperti kamu membuat mata kucing di poin pertama. Tapi, kali ini, buat mata kucingnya agak tebal dan berlebih ya, karena nanti sebagian besar akan tertutup dengan liquid linermu.
  • Selanjutnya, gambar mata kucing yang lebih kecil dengan mengunakan liiquid liner seperti pada gambar nomor 2.
  • Langkah tiga adalah langkah optional, kamu bisa membubuhi bagian bawah mata dengan sedikit shimmer atau nggak, tergantung warna yang kamu pilih. Warna violet di atas terlihat cantik dengan warna emas, sama-sama warna ningrat.
  • Beri juga warna pada ujung mata bagian bawah yang sama dengan eyeliner di kelopak mata. Jadi deh!

4. Smoky eyes selalu bisa bikin mata kecilmu terlihat sensual. Agar terlihat lebih sensual, tambahkan warna emas untuk tampilan Golden Smokey Eyes di bagian tengah kelopak mata.

smokey eyes emas via www.duitang.com

Buat kamu yang malas mengaplikasikan eyeliner, kamu juga bisa merubah matamu yang kecil menjadi lebih sensual dan mencolok, kuncinya ada pada riasan eyeshadow yang bold dan tegas seperti riasan smoky eyes. Riasan smoky eyes yang satu ini sedikit berbeda dengan adanya tambahan shimmer atau glitter warna emas. Di sini kamu cuma butuh lima warna eyeshadow, yaitu warna terang, medium, dan gelap khas smoky eyes yang biasanya adalah coklat muda, coklat tua, dan abu-abu tua (atau hitam keabu-abuan). Kemudian warna emas, dan warna krem terang. Langsung aja cek yuk.

  • Pertama usapkan warna terang (coklat muda) pada daerah tulang alis seperti pada gambar 1.
  • Kemudian tambahkan warna medium untuk membuat garis luar kelopak mata seperti pada gambar 2.
  • Usapkan eyeshadow warna emas pada kelopak mata.
  • Berikan tambahan dimensi dengan mengaplikasikan warna abu-abu tua di ujung mata bagian luar seperti pada gambar 4.
  • Bubuhkan juga warna coklat tuamu di daerah garis mata bagian bawah untuk memberikan tampilan yang utuh dan melingkar.
  • Berikan sedikit highlight pada bagian dalam mata dengan menggunakan warna krem terangmu. Kamu pun siap tampil memukau dengan golden smoky eyesmu.

Simpel sih, tapi eyeliner putih yang diaplikasikan di kelopak mata dalam bagian bawah dapat memberi sedikit volume pada mata, jika memang kamu ingin matamu terlihat lebih besar!

eyeliner putih di bawah mata via 7beautytips.com

Oke, yang ini super gampang sih, tapi manfaatnya banyak banget. Kita nggak menyuruh kamu untuk nggak bangga dengan mata keciilmu yang imut dan oriental sih, tapi nggak salah juga kok kalau sekali-kali kalian ingin mata terlihat lebih besar dan belok. Caranya, gunakan eyeliner putih di bagian dalam kelopak mata seperti pada gambar di atas. Fungsinya? Warna putih tersebut akan memberi highlight dan menarik cahaya, membuat matamu terlihat lebih besar.

Tuh kan, mata kecilmu juga bisa terlihat memukau sama seperti mereka yang bermata belok. Dengan menguasai beberapa makeup basic di atas, kamu bisa terlihat lebih cantik tanpa terlalu ribet. Cobain deh!