Sebagai seorang muslimah sejati, menutup aurat pastinya adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Namun, terkadang pilihan untuk memakai pakaian yang tertutup dapat menghalangi kita untuk melakukan beberapa hal yang biasa dilakukan oleh orang lain.

Sebagai contoh, banyak cewek muslim berhijab yang tak bisa berenang di ruang publik. Nggak mungkin ‘kan kalau kamu, sebagai cewek berhijab, harus memakai bikini atau pakaian renang lain yang cenderung terbuka? Berenang memakai pakaian utuh pun tidak akan terasa nyaman dan dinamis!

Untungnya, sekarang telah hadir sebuah pakaian renang khusus untuk cewek berhijab yang bernama Burqini atau Burkini. Mau tahu lebih banyak tentang pakaian ini? Cek yuk!

Burkini didesain oleh dan untuk wanita muslimah agar olahraga publik bukan lagi sebuah angan!

burkini! via www.reddit.com

Burkini sendiri didesain oleh seorang warga Australia berdarah Lebanon bernama Aheda Zanetti. Nama Burkini sendiri merupakan gabungan antara kata Burka dan Bikini meskipun di sini kata Burka dipakai dengan cukup bebas. Ide untuk mendesain Burkini sendiri diinspirasi oleh keponakan perempuan dari Aheda Zanetti yang juga hobi berolahraga. Keponakan Zanetti yang mengikuti olahraga bola pantai merasa tidak nyaman dengan seragamnya yang tidak sesuai dengan hukum Islam. Si tante pun sudah berusaha untuk menemukan pakaian olahraga yang sesuai dengan hukum Islam namun hasilnya nihil. Alhasil, Aheda Zanetti mendesain sendiri Burkini tersebut dengan harapan bahwa wanita muslim dapat menikmati olahraga di ruang publik seperti di pantai dan kolam renang.

Burkini sangatlah nyaman karena terbuat dari bahan yang enteng dan cepat kering!

Advertisement

nyaman kok! via www.spiked-online.com

Sebelum Burkini diluncurkan, sebenarnya sudah ada beberapa jenis pakaian renang yang ditujukan untuk wanita muslim yang antara lain adalah produk Veilkini. Meskipun begitu, produk-produk sebelumnya banyak menuai kritik karena mereka menggunakan material-material yang cukup berbahaya dan tidak praktis seperti Lycra dan Neoprene.

Burkini sendiri didesain dengan material yang sangat nyaman. Materialnya menyerupai bahan pakaian menyelam, namun lebih longgar. Bahannya yang enteng tidak akan memberatkanmu ketika kamu berenang. Ditambah lagi, bahan Burkini juga cepat kering sehingga kamu bisa tetap kering meskipun berenang di lautan!

Tenang, Burkini tidak memperlihatkan lekuk tubuh kok! Kamu pun tidak perlu khawatir melanggar keyakinanmu!

aman lah! via www.spiked-online.com

Mungkin kamu khawatir bahwa Burkini akan memperlihatkan lekuk-lekuk tubuhmu! Namanya juga pakaian renang. Tapi tenang aja, girls! Burkini ini dibuat longgar sehingga tidak memperlihatkan lekukan-lekukan tubuh. Ditambah lagi, Burkini juga memiliki penutup kepala seperti hijab yang tidak mudah copot meskipun kamu pakai untuk menyelam! Dan pastinya, Burkini sangatlah menutup aurat, dengan bukaan hanya di bagian mata, telapak tangan, dan juga kaki!

Seperti layaknya bikini pada umumnya, Burkini hadir dalam berbagai macam warna!

warna-warni! via wwd.com

Layaknya baju renang atau pakaian mode lainnya, Burkini tentunya juga dibuat dengan berbagai macam pilihan warna dan motif! Warna-warnanya pun cukup bervariasi mulai dari yang berwarna cerah seperti pink, biru, dan ungu hingga yang gelap seperti warna hitam. Kamu pun bisa tetap bergaya dan memilih baju renang sesuai dengan selera pribadimu masing-masing!

Sangat banyak manfaat, Burkini pun juga sering dipakai oleh orang-orang non-muslim!

Non-muslim pun bisa memakainya via www.huffingtonpost.ca

Beberapa minggu yang lalu, Burkini sempat menarik perhatian banyak media internasional terutama di Prancis. Pemerintah Prancis telah melarang penggunaan Burkini di ruang publik karena tidak sesuai dengan nilai-nilai Prancis yang menghargai kebebasan dan Sekulerisme. Meskipun begitu, keputusan tersebut justru menuai kritik dari negara-negara lain karena dinilai rasis dan tidak penting!

Namun, bukannya semakin menghilang dari pasaran, pelarangan pakaian tersebut justru menambah banyak konsumer atau peminat burkini tersebut. Alasannya? Burkini banyak sekali memiliki fungsi seperti perlindungan menyeluruh dari sinar UV atau matahari. Banyak orang non-muslim yang memakai burkini untuk berenang karena alasan kesehatan, terutama mereka yang khawatir akan terkena kanker kulit!

Burkini sendiri juga sering dipakai oleh orang-orang non-muslim karena alasan religius. Di Israel, pakaian ini cukup populer di antara mereka Yahudi Tradisional yang juga selalu memakai pakaian tertutup.

Nah, buat kamu yang ingin berenang di publik tanpa berkompromi dengan keyakinanmu sebagai seorang gadis muslimah, burkini dapat menjadi jawaban yang tepat untukmu! Selain menutup aurat, Burkini juga sangat modis dan sehat untukmu! Gimana? Mau coba?