Menjadi penduduk ibukota yang setiap hari berhadapan dengan ganasnya perjalanan, kemacetan, dan desakan di dalam kereta komuter tentu menjadi tantangan tersendiri. Bertemu dengan keringat, gerombolan orang yang ganas berebutan kursi, panas dan bosannya perjalanan tentu menjadi makanan sehari-hari untukmu pengais rejeki. Bahkan Hipwee pun sampai mengangkat keseharian gerbong komuter di artikel Pertanda KRL Gerbong Wanita Adalah Arena Hunger Games .

Jika Katniss Everdeen keluar dari Hunger Games sebagai pemenang dan langsung jadi kece abis setelah itu, kamu juga bisa dong seperti Katniss Everdeen (tapi nggak pake bunuh-bunuhan lho ya). Kamu tetap bisa kece meskipun keseharianmu tak jauh-jauh dari berdesakan di kereta komuter. Yuk intip tips dari Hipwee Style.

1. Pertama-tama, kamu harus siapkan wadah atau tas yang mampu menampung semua kebutuhan kamu. Tote bag adalah jawabannya.

Pakai totebag dengan kata-kata yang unyu seperti ini juga boleh lho via gte-premium.com

Menjadi pengguna komuter tentu sangat wajar jika bawaan kamu banyak. Oleh karena itu, kamu akan membutuhkan tempat yang bisa mewadahi semua bawaan kamu. Kamu mungkin akan membawa tas punggung atau handbag untuk membawa bekal kerjamu seperti laptop, notes, atau gadget. Namun barang-barang lain yang tak kalah pentingnya juga perlu dibawa lho, sehingga kamu akan membutuhkan wadah yang lebih besar. Totebag berukuran sedang bisa menjadi jawaban instan atas kebutuhanmu itu. Inspirasi totebag lucu dari Hipwee bisa kamu simak di sini.

2. Naik kereta komuter artinya akan ketemu dengan keringat dan debu. Kamu akan perlu set tissue basah untuk membersihkan wajahmu dari aneka debu jalanan.

Jangan lupa bawa tissue basah, Ladies via health.liputan6.com

Advertisement

Membawa tissue basah adalah wajib bagi kamu yang sering berada di perjalanan. Ketika wajah letih akibat debu dan keringat, menyekanya dengan tissue basah pasti rasanya jadi semriwing. Memang sih kamu bisa saja membersihkan dengan sabun muka, tetapi agaknya kurang praktis kalau kamu pakai di tempat kerja, apalagi di kereta komuter. Tissue basah yang ramah terhadap kulit adalah jawabannya.

3. Selalu lindungi kulitmu dengan skincare yang tipis-tipis saja, cukup pakai sunblock saja sudah cukup kok.

Makeup tipis via www.wowkeren.com

Pergi dengan kendaraan umum bukan alasan untuk membiarkan wajahmu polosan biasa saja. Perlindungan tetaplah perlu. Apalagi jika kendaraan yang kamu naiki identik dengan rasa panas, berdesakan, dan keringat. Ingat ya, merawat kulit merupakan investasi jangka panjang. Kalau kamu biarkan kulit kamu terpapar sinar matahari terus menerus maka timbulnya penuaan akan datang lebih cepat. Oleh karena itu, lindungi kulitmu dengan (minimal) sunblock agar aman dari bahaya sinar UV.

4. Untuk menghindari baru tidak sedap, selalu bawa body mist setiap saat.

Body mist penyelamat aromamu via cargocollective.com

Berdesakan dengan kerumunan orang yang sama-sama memproduksi keringat (dan juga kuman) memungkinkan rentan timbulnya bau tak sedap. Kamu yang dalam perjalanan menuju ke tempat kerja tentunya nggak mau kalau aroma badanmu menjadi penyebab klien tak mau dekat denganmu. Body mist dengan wewangian ringan ini bisa kamu semprotkan ketika sudah sampai di tempat kerja nantinya. Ingat ya, body mist itu berbeda lho dengan parfum. Kalau parfum itu cenderung memiliki wewangian kuat, tetapi body mist lebih ringan dan segar.

5. Untuk tampilan yang lebih prima, bawalah senantiasa satu set makeup untuk kamu pakai di tempat kerja nantinya.

Set makeup untuk mendukung penampilanmu setelah berkutat dengan ganasnya komuter dan perjalanan tentu menjadi hal yang penting untukmu. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan kamu ya. Dan yang paling penting, yang dibawa adalah makeup yang penting-penting saja. Apa itu indikator penting untuk sebuah makeup untuk kerja? Yang jelas kamu pasti lebih paham apakah kamu butuh memakai bulu mata ketika di kantor atau enggak.

6. Desak-desakan dengan orang lain di keramaian akan lebih pede kalau kamu sudah siap pakai deodoran dari rumah.

Pakai deodoran via www.vemale.com

Kamu nggak tau akan ketemu siapa di perjalanan. Agar kepercayaan dirimu terjaga, memakai deodoran tentu hal yang mutlak perlu. Bahkan sangat perlu kamu biasakan sehari-hari. Berada di kerumunan orang tentunya akan lebih percaya diri jika badanmu tidak berbau. Untuk itulah deodoran diperlukan.

7. Kamu pastinya akan banyak melangkah dan beraktifitas ketika di dalam komuter. Pakai alas kaki paling nyaman tetapi tetap chic untuk kakimu.

Alas kaki anti lecet via www.elevenia.co.id

Menaiki kereta komuter tentu akan banyak gerakan-gerakan yang kamu lakukan. Melangkah ke sana kemari sambil mencari tempat duduk kosong misalnya. Atau menanti kereta datang sambil menenteng totebag kesayanganmu. Sepatu yang cakeps untuk kerja kamu taruh saja di totebag. Nanti begitu sampai tempat kerja, tinggal ganti sepatu nyaman kamu dengan sepatu kerja yang kece. Tetap nyaman di perjalanan.

8. Baju adalah hal penting di perjalanan menembus kota. Pilihlah bahan pakaian yang menyerap keringat.

Baju menyerap keringat via argwork.blogspot.co.id

Sudah pakai deodoran, sudah pakai skincare anti sinar UV, rasanya ada yang kurang jika belum mengenakan pakaian yang menyerap keringat. Ya, agar aktifitas panas-panasan dan desak-desakan kamu di komuter bisa lebih nyaman, pakailah baju senyaman mungkin (tapi jangan piyama juga sih) yang menyerap keringat.

9. Maksimalkan penampilanmu dengan membawa baju ganti untuk kerja. Yakin, mau mengenakan baju yang kamu pakai untuk berdesakan di komuter tadi?

Tak jarang karena aktifitas komuter yang kamu lakukan itu dapat membuat pakaianmu lecek dan tertimpa aneka debu dan keringat. Padahal hari itu kamu ada jadwal presentasi. Ughh, pastinya nggak banget kan, nemuin klien dengan pakaian lecek. Untuk itu pertimbangkan juga untuk membawa baju ganti untuk jaga-jaga jika pakaianmu menjadi lecek termakan komuter. Yakali komuter bisa makan pakaian.

10. Step begitu sampai kantor, yang kamu lakukan adalah: pasang makeup, ganti baju, ganti sepatu dan semprotkan body mist.

Pakai makeup via klinikkecantikan.net

Akhirnya, kamu sudah sampai tempat kerja dengan selamat sentosa. Saatnya mengeluarkan barang-barang yang ada di totebag kamu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • bersihkan wajah terlebih dahulu dengan tissue basah
  • aplikasikan makeup
  • semprotkan body mist agar badanmu semakin wangiii
  • ganti baju kamu dengan baju kantor yang lebih kece
  • ganti alas kaki kamu dengan sepatu formal, sesuaikan dengan tempat kerja kamu
  • siap ketemu dengan klien!

Gimana, Ladies? Memang agak terlihat rempong tapi demi penampilan yang baik dan di sisi lain mengurangi kemacetan dengan naik kendaraan umum, tips-tips di atas dapat kamu praktikkan. Terutama bagi kamu yang tinggal di ibukota.