Seperti yang kita tahu, urusan style memang tak ada habisnya dan akan terus berputar. Misalnya saja, celana cut bray yang sempat eksis di era 80-an, kini mulai marak lagi dikenakan. Termasuk juga dress vintage yang sekarang jadi favorit hampir semua cewek, ternyata dulu juga jadi wardrobe zaman ibu kita remaja. Menarik untuk disimak, bahwasannya sebuah style tak akan selamanya bertahan, pun yang hilang bukan berarti punah.

Entah siapa yang memulai, tapi style tak akan benar-benar bisa abadi dan terus berganti. Seperti yang terjadi pada gaya hijab yang mulai booming di pertengahan tahun 2009-an, di mana saat itu banyak bermunculan komunitas hijaber yang concern terhadap fesyen hijab. Kali ini Hipwee akan mengulas mengenai metamorfosa perubahan style hijab dari tahun 2009-an sampai sekarang. Perhatikan perbedaannya, ya!

1. Dian Pelangi, kiblat fesyen hijab wanita Indonesia. Karyanya bahkan sudah melanglang buana sampai ke banyak negara

Dian Pelangi via hipwee.com

Dian Pelangi dikenal sebagai trendsetter gaya hijab di Indonesia. Dari mulai pemakaian pashmina, motif tie die, sampai turban, bisa dibilang semua dimulai dari gaya seorang Dian Pelangi. Lihat saja penampilannya dulu mengenakan pashmina warna pelangi yang dipakai dengan banyak lilitan dan jarum pentul di sana sini. Pokoknya, apapun yang Dian Pelangi pakai, orang akan dengan cepat menirunya.

Nggak heran sih, profesinya sebagai fesyen desainer membuat dia menciptakan style baru. Dari sinilah perkembangan style hijab berkembang sangat pesat, termasuk maraknya online shop hijab dan juga para fesyen desainer muslim baru yang kemudian bermunculan.

Advertisement

Memasuki pertengahan 2016, gaya hijab kembali ke bentuk sederhana yaitu segiempat. Dian tak lagi terlihat mengenakan pashmina dengan motif ramai seperti yang jadi ciri khasnya dulu. Kalau menurutmu, lebih cocok yang mana?

2. Zaskia Adya Mecca, jadi salah satu artis yang paling awal berhijab. Gaya kasualnya disukai banyak orang

Zaskia Adya Mecca via hipwee.com

Setelah berperan sebagai Sarah pada sinetron ‘Kiamat Sudah Dekat’ 2005 silam, Zaskia Adya Mecca jadi salah satu deretan artis yang paling awal berhijab, dimana pada masa itu belum banyak artis yang berhijab seperti sekarang ini. Pada mulanya, gaya hijab Zaskia hanya memakai kerudung instan seperti yang sering dikenakan ibu-ibu kita, kemudian dia tentu juga mengikuti tren dengan memakai pashmina yang dililit beberapa kali sehingga terlihat menumpuk di kepala. Kini, gaya kasualnya jadi salah satu trendsetter karena ia termasuk selebriti yang nggak neko-neko dalam berdandan. Hijab segempat juga yang ia kenakan sehari-hari, termasuk ke acara formal.

3. Indah Nada Puspita, blogger, selebgram dan juga penyanyi. Hijabnya dulu berlapis-lapis, sekarang sih yang simpel aja

Indah Nada Puspita via hipwee.com

Blogger, selebgram dan penyanyi Indah Nada Puspita merupakan gadis cantik yang punya banyak followers. Ia sering mengenakan hijab dengan berbagai gaya, mulai dari turban sampai pashmina yang dililit di kepala. Seperti yang terlihat pada gambar, Nada juga memperlihatkan salah satu style yang cukup banyak digemari pada masa itu, dimana pada satu sisi dibiarkan menjuntai. Di era tersebut, inner ninja atau dalaman kerudung jadi laris dipasaran karena penggunaan pashmina menuntut untuk memakai inner ninja tersebut. Kini, Nada juga lebih sering memakai kerudung segiempat yang lebih simpel dan praktis.

4. Zaskia Sungkar style-nya cukup mencuri perhatian. Dulu pakai pashmina, sekarang cukup pakai hijab square segiempat

Zaskia Sungkar via hipwee.com

Tak berbeda jauh dengan orang kebanyakan, Zaskia Sungkar termasuk jadi salah satu artis yang mengenakan pashmina saat awal mengenakan hijab. Meski begitu, ia dikenal dengan gaya hijabnya yang nggak neko-neko. Setelah berhijab, Zaskia jug mendirikan fashion brand muslim dengan namanya. Bersama dengan Dian Pelangi dan Barli Asmara, Zaskia sudah memamerkan rancangan busananya sampai ke beberapa negara. Kini, Zaskia sering tampil ‘hanya’ mengenakan hijab square segiempat. Heran, meski begitu, cantiknya nggak luntur!

5. Pakai pashmina atau segiempat, hijabnya selalu menutup dada. Itu ciri khasnya Ghaida Tsuraya, anak pertama Aa Gym

Ghaida Tsuraya via hipwee.com

Terakhir ada Ghaida Tsuraya. Putri pertama Aa Gym ini juga jadi salah satu influencer di dunia style hijab, lho. Meski juga mengenakan pashmina, gayanya selalu santun dengan dijulurkan memanjang menutup dada. Ghaida juga mempunyai brand fashion muslim yang menawarkan gaya baju dan hijab berwarna pastel. Sekarang, Ghaida lebih sering mengenakan hijab lebar segiempat tanpa dimodifikasi macam-macam.

Terlihat sangat jelas ‘kan perbedaan gaya hijab tahun 2009-an dengan gaya hijab saat ini?Dari situ makin membuktikan bahwa gaya hijab pun berputar, kembali ke muara awalnya dengan kerudung segiempat. Apakah kamu juga termasuk salah satu yang mengikuti tren gaya hijab?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya