Pernahkah kamu mendengar micellar water? Atau barangkali baru kali ini mendengarnya?

Micellar water merupakan sejenis cairan pembersih wajah berbahan dasar air yang kegunaannya mengangkat kotoran dan sisa make-up di wajah. Pemakaian micellar water ini sangat praktis, cukup dituangkan ke permukaan kapas, sapukan pada wajah, maka kotoran di wajah pun terangkat tanpa perlu basa-basi. Nggak heran, produk ini langsung banyak digandungi kalangan pecinta kosmetik meski harganya relatif jauh lebih mahal ketimbang produk pembersih wajah lainnya.

Bagaimana bisa produk kecantikan berbahan dasar air mampu menghapus noda dan kotoran di wajah? Jadi begini lho, asal-usul micellar water…

Molekul minyak berukuran kecil via bbeautyarabia.com

Micellar water pertama kali diciptakan pada awal tahun 90-an di kota Paris, Perancis. Saat itu, kualitas air di sana sangat buruk akibat terkontaminasi kandungan korosif, sehingga menimbulkan masalah bagi kulit. Sejak saat itu, para ilmuwan berusaha menemukan cairan dengan komposisi serupa yang dapat menggantikan manfaat air. Maka terciptalah micellar water sebagai alternatif pengganti air yang mampu membersihkan kulit.

Dilansir Huffington Post, Hadley King, MD, seorang ahli dermatologi menyebutkan bahwa micellar water mengandung micelles yang merupakan molekul minyak berukuran sangat kecil seperti butiran mikro yang tersimpan dalam air yang lembut. Molekul-molekul minyak ini mampu mengikat dan mengangkat berbagai kotoran, debu, dan sisa make-up yang menempel pada wajah. Sifatnya yang serbaguna dan praktis inilah yang membuat micellar water banyak dipopulerkan sebagai produk pembersih wajah.

Lalu, apa kelebihan micellar water dibanding pembersih wajah lainnya?

Advertisement

Ampuh bersihkan kotoran wajah via www.lorealparisusa.com

Meski hanya mengandalkan kandungan air, micellar water mampu mengangkat kotoran dan minyak berlebih akibat pemakaian make-up setelah seharian penuh beraktivitas. Selain itu, pembersih wajah berwarna bening ini juga memiliki fungsi melembapkan dan nggak bikin kulit kering. Seperti yang telah diungkapkan oleh pakar kecantikan dan perawatan kulit Amerika Serikat, dr. Tabasum Mir. Karena nggak mengandung alkohol, micellar water aman digunakan pada area kulit yang tipis seperti mata. Saking praktis dan serbagunanya, masih aman buatmu jika tanpa mencuci wajah setelah membersihkannya dengan micellar water, lho!

Karena berbahan dasar air, micellar water diakui lebih minim risiko dibanding produk pembersih wajah lain yang mengandung sabun, susu, minyak, alkohol, atau parfum

Minim efek samping via www.lipsnberries.com

Beberapa produk make-up remover yang berbahan dasar minyak atau alkohol terkadang menimbulkan efek samping jika nggak digunakan pada jenis kulit yang tepat. Memang, membersihkan wajah dengan make-up remover berbahan dasar minyak relatif ampuh mengangkat sisa make-up membandel, tapi jika jenis kulitmu berminyak maka berisiko menimbulkan jerawat. Begitu pula dengan make-up remover yang mengandung alkohol, efektif membersihkan namun berisiko mengangkat minyak alami kulit wajah.

Nah, micellar water adalah solusi gabungan pembersih dengan pelembap tanpa kandungan minyak apalagi alkohol untuk membersihkan wajah dengan tuntas. Nggak meninggalkan zat-zat kimia yang keras dan berbahaya pada kulit, nggak bikin kering dan nggak menipiskan lapisan kulit akibat gesekan alkohol.

Berita baiknya, micellar water aman digunakan untuk segala jenis kulit terutama kulit kering dan sensitif. Wah, senangnya!

Cocok untuk semua jenis kulit via www.elle.com

dr. Hadley King merekomendasikan produk pembersih micellar water bagimu yang memiliki kulit wajah kering dan sensitif. Kandungan alaminya yang ringan nggak akan mengiritasi wajah dan membuat kulit kering seperti yang ditimbulkan oleh produk pembersih dengan kandungan alkohol.

Micellar water juga cocok untuk untuk jenis kulit berminyak, termasuk kulit yang rentan berjerawat. Kamu bisa memilih produk micellar water yang dikhususkan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Mungkin micellar water nggak bekerja secepat pembersih wajah biasa untuk menghapus make-up yang tebal, namun kamu bisa menyiasatinya dengan cara mengusapkan krim penghapus make-up yang biasa kamu pakai untuk melakukan deep cleanse, baru setelahnya bersihkan dengan micellar water. Lalu tetap bersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah untuk hasil yang lebih maksimal.

Nah, sekarang kamu sudah tahu ‘kan apa itu micellar water dan serba-serbinya? Sebelum latah membeli produk berukuran besar yang dijual di pasaran, baiknya kamu coba dulu kecocokan micellar water dengan kulitmu, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya