Jika kalian pernah melihat busana dengan model yang terbuka di bagian pundak, itulah yang disebut dengan off shoulder. Beberapa orang juga menyebutnya dengan baju model Sabrina. Meski busana ini menjadi tren di musim panas yang sudah lewat beberapa bulan lalu, namun masih banyak cewek yang kerap mengenakannya di berbagai kesempatan. Modelnya yang manis membuat pemakainya terlihat sangat chic dan fashionable.

Ternyata nggak hanya fashionista saja, para cewek berhijab pun bisa mengenakannya dengan modis dan lebih sopan. Tentunya, kamu diharuskan untuk mengenakan dalaman atau manset supaya nggak terlalu menampilkan kesan ‘bolongnya’.

Nah, berikut Hipwee Style berikan inspirasi beserta tips-tips untuk padu padan busana off shoulder dan hijab buatmu para pecinta fashion. Siap-siap ngiler sama inspirasinya!

1. Pilihlah manset berwarna senada dengan atasan off sholder untuk menampilkan kesan natural, lalu kenakan hijab berwarna kontras namun tetap senada dengan bawahanmu agar nggak monoton

warna dalaman yang senada via scontent-sit4-1.cdninstagram.com

Atasan off shoulder berwarna putih dengan lengan 3/4 akan sangat manis jika diberi tambahan dalaman atau manset berwarna putih juga. Untuk menyiasati agar warnanya nggak terlalu monoton, kamu bisa padukan dengan hijab berwarna kontras yang disesuaikan dengan aksen pada bawahan.

Advertisement

Misalnya jika aksen celana yang digunakan berwarna biru tua, maka samakan warna hijabmu. Atau, kamu juga bisa menyamakan warna hijab dengan warna sepatu yang dikenakan, lho!

2. Untuk tampilan yang lebih santai, kenakan atasan off shoulder tanpa lengan. Padukan dengan dalaman, hijab maupun bawahan berwarna kontras alias tabrak warna

Kamu bisa mengenakan atasan off shoulder tanpa lengan untuk tampilan santai dan kasual. Coba padukan dengan dalaman pastel yang berbeda warna, bawahan lebih kontras, dan hijab bercorak. Jangan takut untuk mencoba aksen tabrak warna, asal masih terlihat ‘nyambung’. Gaya ini cocok untuk traveling, nih!

3. Agar terlihat formal dan dinamis, kamu bisa memadukan jumpsuit off shoulder berlengan pendek dengan kemeja putih polos

pakai kemeja untuk kesan formal via scontent-sit4-1.cdninstagram.com

Kemeja putih polos akan memberikan tampilan yang dinamis dan formal. Kenakan sebagai dalaman jumpsuit off shoulder berwarna gelap. Untuk padu padan yang dinamis, pilih hijab dengan motif yang cocok, ya!

4. Atau, bisa juga kamu tampil kasual dengan mengganti kemeja putih polos dengan kaus bergaris lengan panjang. Jangan lupa, ganti hijabnya dengan warna polos. Lucu!

kasual dengan kaus bergaris via scontent-sit4-1.cdninstagram.com

5. Jika ingin tampil dengan layering, maka hindari busana off shoulder dengan banyak motif dan jangan terlalu ketat

bentuk layering via instagram.com

Pilih atasan yang berpotongan longgar. Hindari menggunakan off shoulder blouse yang terlalu ketat karena akan terlihat sesak dan membentuk tubuh saat dipadukan dengan kemeja atau atasan lainnya. Perhatikan juga penggunaan hijab agar sesuai dengan warna lainnya.

6. Kamu yang nggak bisa lepas dari rok, atasan off shoulder juga nggak kalah seru kok untuk dipadukan. Asal kamu pintar mix and match warna saja

padukan dengan rok via scontent-sit4-1.cdninstagram.com

Nah, jika rok yang kamu gunakan adalah model A-line yang mengembang lebar, pilih off shoulder yang sedikit pas badan supaya bisa dimasukkan ke dalam rok. Gunakan manset dengan warna polos muda. Cukup tonjolkan atasan off shoulder dan rok saja untuk warna kontrasnya.

7. Model off shoulder nggak hanya tampak modis untuk kesan kasual, tapi  juga akan terlihat anggun jika digunakan sebagai kostum kondangan

gaun off shoulder dengan dalaman kilap via id.pinterest.com

gaun putih dengan dalaman warna senada via scontent-sit4-1.cdninstagram.com

Nggak hanya sebagai atasan saja, kamu juga bisa tampil anggun dengan dress model off shoulder. Kuncinya, pastikan kamu memilih warna yang nggak terlalu cerah atau ramai, supaya nggak menghilangkan kesan elegan.

Model dress off shoulder ini memang berpotongan terbuka namun untuk dalamannya pun tetap ada. Jadi, kamu nggak perlu khawatir. Untuk hijabnya, pilihlah hijab simpel seperti turban atau pashmina untuk menutup dada jika ingin tampil lebih syar’i.

8. Jangan takut bermain aksesori meski busanamu sudah bertumpuk saat mengenakan off shoulder

jangan lupa asesorisnya via scontent-sit4-1.cdninstagram.com

Kenakan aksesori seperlunya, jangan mengenakannya secara berlebihan. Jika busana yang kamu kenakan polos dan tanpa motif, nggak ada salahnya jika menambahkan kalung panjang untuk pemanis penampilan. Atau, kamu juga bisa memilih sepatu dan tas yang eye catching. Pilihlah hijab polos untuk memberi kesan penampilan yang simpel namun tetap modis.

Meski berhijab, kamu masih dapat memadu-padankan  busana-busana yang sebelumnya membuatmu cemas, seperti atasan off shoulder ini. Asal sesuai dengan syariat wanita muslimah, nggak akan jadi masalah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya