Apakah kamu tengah menyiapkan keperluan wisuda dan sedang mencari inspirasi untuk kebaya yang akan kamu kenakan di balik toga? Kalau begitu, selamat! Hipwee sudah mengumpulkan di bawah ini beragam desain kebaya yang cantik, anggun, dan bisa membuatmu tampil sempurna di hari istimewa nanti! Nilai plusnya lagi, kebaya-kebaya ini cocok untuk kita yang masih berusia 20-an dan tak ingin terlihat terlalu ‘dewasa’ kendati mengenakan pakaian formal.

Di antara model-model di bawah ini, yang mana yang jadi favoritmu?

1. Dengan pita satin di bawah dada, kebayamu terlihat anggun namun tetap ‘muda’

kebaya berpita satin via resseca.blogspot.com

Belakangan ini semakin banyak model kebaya yang diberi aksen pita, entah di bawah dada atau di atas pinggang. Aksen pita ini akan membuat tampilanmu terlihat manis dan muda, sehingga cocok kamu kenakan di hari istimewamu nanti.

Jahitkan pitamu menyatu pada kebaya. Pita yang lepas-pasang memang bisa membuatmu berganti-ganti gaya, tapi juga mudah miring atau ‘pindah’ dari posisi seharusnya saat dipakai.

2. Selain pita, aksen obi warna fuchsia juga bisa membuat penampilanmu lebih istimewa <3

Advertisement

Kebaya dengan obi bisa membuat penampilanmu lebih ‘bold’ via putrikembanggula.wordpress.com

Sebenarnya obi adalah kain yang digunakan untuk mengikat kimono dan keikogi (seragam karate), namun sekarang juga banyak diadaptasi menjadi aksesori kebaya. Obi dalam kebaya bisa menonjolkan lekuk tubuhmu dengan cara yang elegan. Nah, jika ingin menambahkan aksesori ini pada kebaya wisudamu nanti, pilihlah yang warnanya ‘berani’. Misalnya saja, warna fuchsia atau merah tua. Dengan ini, obi-mu akan menyita lebih banyak perhatian dan membuat penampilanmu lebih istimewa <3

3. Jika malas memakai kain bawahan, tea dress dari brokat bisa jadi siasat!

Tea dress dari brokat via instagram.com

Memang harus diakui, bagian paling tidak nyaman dari memakai kebaya adalah kain bawahannya yang membuat kita harus berjalan perlahan-lahan. Gaya jalan ini kadang terlihat tak natural, hampir mirip penguin yang asam urat.

Nah, kalau kamu tak ingin membebatkan kain namun ingin tetap terlihat anggun, ada baiknya untuk menjahit tea dress selutut saja. Bahannya brokat yang bisa dijahit jadi kebaya, sehingga dress ini sebenarnya sama formalnya kok dengan pakaian nasional Indonesia itu. Selain cantik, tea dress juga bisa kamu pakai ke banyak acara, mulai dari pernikahan sampai makan malam formal. Soal bahan, pastikan kamu memilih french lace atau paling tidak semi-french ya.

4. Jika ingin terlihat berisi, kebaya peplum bisa jadi pilihanmu di hari wisuda nanti

Detail kebaya peplum via www.pinterest.com

Sejak kira-kira 2 tahun lalu, atasan model peplum dengan berbagai warna dan bahan bisa kita temui dimana-mana — dari tempat kerja yang paling formal sampai mal dan restoran. Modelnya yang melebar di pinggang mampu memberikan kesan feminin tanpa harus menghilangkan sisi edgy pemakainya.

Sekarang kamu juga bisa lho menjahit kebaya dengan model peplum. Model ini bisa dipakai siapa saja, tapi terutama cocok untuk kamu yang bertubuh ruler atau straight. Alasannya? Perhatian orang akan tertuju pada ‘kipas mengembang’ di pinggangmu, yang akan membuat tubuhmu tampak lebih curvy atau berisi. Tapi kamu yang tubuhnya tak terlalu kurus pun bisa menjahit kebaya model peplum. Syaratnya, peplumnya di bagian belakang kebaya saja — bagian depannya biarkan ‘jatuh’ seperti kebaya biasa. Dengan begini kamu bisa tampil cantik, unik, tanpa takut terlihat terlalu ‘lebar’ ;’)

5. Kebaya kutu baru akan membuatmu terlihat paling beda saat wisuda — mungkin kamu satu-satunya yang memakai model ini di upacara nanti!

Kebaya kutu baru klasik via instagram.com

Sebenarnya mudah kalau kamu mau terlihat berbeda sendiri saat wisuda: kenakan saja kebaya kutu baru bermotif bunga. Kebaya kutu baru adalah kebaya Jawa yang banyak dipakai di zaman nenek dan ibu kita. Kerahnya jatuh lurus hingga ujung kain. Bagian dada hingga perutmu akan ditutup dengan kain segi empat yang disebut ‘kutu baru’.

Kamu tak usah takut terlihat tua, karena saat ini kebaya kutu baru justru sedang naik pamornya. Agar makin terlihat cantik, sampirkan selendang dengan warna senada dengan kebayamu atau kenakan kalung koleksi nenek atau ibumu. Dijamin deh, saat upacara wisuda nanti, kamu akan terlihat cantik dan paling beda sendiri.

6. Kamu yang berhijab tak perlu bingung lagi. Kebaya muslim sudah banyak pilihannya saat ini 🙂

Kebaya muslim kadang malah bisa lebih cantik… via busanamuslimodis.com

Kamu yang berhijab dan tetap ingin tampil syar’i tak perlu khawatir dengan model kebaya yang ada saat ini. Untuk menghindari kain bawahan yang ketat, kenakan rok lipit atau rok satin yang tetap bisa meninggalkan kesan anggun dan cantik. Kamu juga bisa menginstruksikan bapak/ibu penjahit untuk membuat kebayamu sedikit longgar, agar lekuk tubuhmu tetap mampu tersamarkan. Kamu juga bisa terlihat menarik namun tetap terkesan sederhana dengan mengenakan kebaya dari warna-warna pastel yang manis dan jilbab senada.

Tak perlu memakai terlalu banyak aksesoris, brokat kebaya sudah cukup mewah kok untuk membuat penampilanmu memukau :’)

7. Apapun yang akhirnya kamu kenakan, jangan terlalu dipusingkan. Toh kamu sudah punya apa yang seharusnya membuatmu bangga: toga sarjana.

Jangan terlalu pusing. Toga sarjana sudah cukup untuk membuatmu bangga 🙂 via www.klikgaleri.com

Wajar jika kamu punya impian untuk tampil cantik di hari wisuda. Bagaimanapun, ini adalah hari yang istimewa. Namun jangan sampai keinginanmu untuk tampil sempurna menjadikanmu pusing dan kerepotan sendiri. Jangan sampai urusan kebaya menambah bebanmu sedemikian rupa sampai kamu tak bisa mengurus yudisium atau harus menunda persiapan pindah dari kamar kost.

Kebaya apapun yang akan kamu pakai nanti, jangan terlalu dipusingkan. Toh kamu sudah punya sehelai pakaian yang seharusnya sudah cukup membuatmu bangga: toga sarjana.

Hari wisuda adalah harimu. Nikmati euforianya. Simpan rasa pusingmu untuk nanti saja, saat kamu mencari kerja.

Selamat berjuang, sarjana baru!