Nggak cuma busana kebanggaan Indonesia, batik juga bisa membuat penampilanmu makin mempesona. Motifnya yang beragam juga telah menjadi salah satu alasan, mengapa sampai sekarang batik masih tetap jadi idaman. Berbagai acara pun bisa tambah berkesan, jika busana batik yang menjadi pilihan. Bukannya kuno, pakai batik justru akan menjadikan penampilanmu semakin unik, menarik bahkan stylish.

Nah, saking fleksibelnya batik inilah yang mendorong Hipwee Style untuk mengupas tuntas bagaimana cara bergaya dengan batik, dari mulai ke kampus sampai pergi romantis berdua dengan pacar. Ini nih inspirasinya…

1. Ke kampus dengan perpaduan hijab, celana dan atasan batik panjang tentu akan membuatmu tampil lebih menawan.

santun nan stylish dengan batik @liraulia via instagram.com

Memilih baju batik sebagai atasanmu ketika pergi ke kampus itu nggak selamanya ketinggalan zaman, lho. Dengan padu padan yang pas dan tetap menjaga kesantunan, penampilanmu dengan batik akan lebih paripurna bahkan mendekati sempurna. Apalagi jika kamu berhijab, atasan batik longgar dan celana panjang akan menghasilkan look yang elegan dan sopan.

2. Bosan dengan baju yang itu-itu saja? Yuk, akali dengan blazer batik biar makin cantik.

blazer batik oke juga @hobibatik via instagram.com

Advertisement

Seperti yang kita tahu, pamor blazer batik kini telah menjamur mengalahkan atasan batik lainnya. Modelnya yang fleksibel dan bisa mengatasi rasa bosan kita terhadap baju yang itu-itu saja, menjadikan blazer batik sangat digandrungi dan iconic. 

“Asal baju dalamanmu polos, blazer batik bisa kapan saja kamu kenakan. Nggak harus ke kampus, kerja atau kondangan saja.”

3. Bergaya ala mbak-mbak kantoran, kamu bisa ke kampus dengan menjajal peplum batik ini sebagai andalan.

wiiih, bentuk peplum nih @aeternabatik via instagram.com

Bagi kamu yang suka tampil rapi ketika ngampus, peplum batik ini bisa sesekali dicoba agar tampak lebih unik namun tetap formal. Padukan dengan celana kain berwarna gelap atau rok span polos agar lebih maksimal dan enak dipandang.

4. Batik modern berwarna marun ini tak hanya simpel, tapi juga sangat casual untuk menemani langkahmu menuntut ilmu.

casual dengan batik @restichii via instagram.com

Dengan mengenakan celana jeans sebagai bawahannya, penampilanmu yang simpel namun tetap casual akan lebih maksimal dengan blus batik berwarna marun ini. Jangan kuatir kalau nantinya terlalu kaku, asal kamu juga menenteng tas atau mengenakan sepatu dengan aksen modern.

5. Supaya kelihatan awet muda, perpaduan baju batik dan hijab yang cerah ini bisa sesekali kamu coba.

tampil cerah dengan baju batik @una.abdullah via instagram.com

Karena bentuk, warna dan motifnya yang kian modern serta beragam, atasan-atasan batik kini sudah banyak mengusung warna cerah sebagai pilihan. Nah, kamu pun bisa ikut meramaikannya dengan inovasi kemeja cerah seperti biru, oranye, merah atau kuning kunyit saat pergi ke kampus atau kantor. Biar nggak failed, cocokkan outfit batikmu tadi dengan hijab yang memiliki kontras senada, ya.

6. Mini dress hitam bermotif batik ini dijamin takkan gagal, membuat kencanmu semakin romantis dan berkesan.

outfit batik buat kencan nih! @areviaa via instagram.com

Daripada pusing memikirkan baju apa yang cocok dipakai saat kencan atau pergi berdua dengan pacar, lebih baik kamu patenkan pilihan pada mini dress bermotif batik ini saja, deh. Bentuknya yang anggun tapi unik, dijamin membuat pacarmu takjub, karena ternyata batik membuatmu tampil lebih cantik.

7. Rok batik bercorak tradisional ini memang berbeda dari biasa, tapi kencanmu jadi seru karena sekaligus cinta sama budaya.

rok batik, uuuh kece! @aloysiamanda via instagram.com

Bagi kamu yang gemar memakai motif-motif batik dalam keseharian, rok batik bercorak tradisional ini sangat layak docoba karena berbeda dari biasa. Kencanmu yang super spesial pastinya akan tambah seru, karena sepanjang obrolan, kamu dan pasangan pasti akan membicarakan soal keunikan rok batik yang sedang kamu kenakan.

“Nggak harus pakai higheels atau atribut glamor lainnya, kamu malah bisa menggantinya dengan sneakers atau flatshoes biasa sebagai alas kaki.”

8. Atasan batik sleeveless dengan celana jeans juga sangat cocok jika kamu malas atau enggan pakai rok.

atasan batik sleeveless juga stylish lho @cheviaonline via instagram.com

Tak menjadi masalah kalau kamu malas atau nggak PD untuk pakai rok saat kencan. Kamu tetap bisa memasukkan aksen batik pada outfitmu, seperti atasan batik sleeveless yang dipadukan dengan celana jeans supaya tetap kelihatan casual tapi pantas.

9. Kebalikannya, kamu bisa memakai batik sebagai bawahan. Siap tampil ayu dengan celana kulot batik, girls?

atau bawahannya aja yang batik? via news-insurance.com

Layaknya penampilan orang dewasa yang menjunjung tinggi arti kesantunan, celana kulot bermotif batik ini harus segera kamu praktikkan. Pakai atasan kaus atau kemeja pun bebas kamu coba, karena saking fleksibelnya. Jinjing tas selempang berukuran kecil juga biar makin cantik, sehingga pacarmu tak bisa menahan mata untuk terus melirik. Ciyeee….

Jadi, mau coba padu padan baju batik yang mana nih? Share di kolom komentar, ya!