Bepergian lintas kota, provinsi, pulau, atau negara pasti banyak yang sudah melakoni hal tersebut. Banyak alasannya, mungkin saja untuk sekadar jalan-jalan, menyelesaikan urusan kerjaan, hingga pergi liburan. Transportasi umum seperti kereta api dan pesawat pun sering kamu gunakan. Nggak jarang, baju yang kamu pakai pun jadi nggak terlalu dipusingkan.

Jangan jadi orang yang terlalu seadanya guys, kamu tetep bisa menawan dengan tampilan sederhana, kok. Dengan kaos saja, semua bisa diatasi. Tapi, ada juga beberapa hal yang perlu kamu siapkan untuk dipakai saat naik kendaraan darat dan udara ini guys. Siapa tau, kamu bisa ketemu jodoh di sana. Atau paling tidak, ketemu idolamu siapa yang bisa menebak. Berikut tips yang sudah terangkum, semoga bisa kamu coba!

1. AC-nya kereta kadang bikin kedinginan. Pake kaos turtle neck sama celana kainmu pas buat menghangatkan.

Emma Watson aja nggak khawatir kedinginan via www.glamour.com

Naik kereta api sekarang nggak akan kepanasan lagi. Mulai dari gerbong ekonomi sampe eksekutif, semuanya full AC! Kalau kamu naik tanpa persiapan, bisa-bisa kamu bakal dibuat kedinginan karena AC yang cukup kenceng. Untuk mengantisipasi, kamu pakai kaos berlengan panjang saja. Biar penampilan ikut dengan tren kekinian, memilih turtle neck bisa bisa dicoba! Tetap hangat kan jadinya?

2. Untuk berjaga-jaga, scarf jangan sampai tertinggal. Mau tidur sebentar di pesawat tetap nyaman, pengganti bantal.

Scarf sebagai penyelamat via www.glamour.com

Advertisement

Tampil yang sederhana dan mengedepankan kenyamanan memang banyak caranya. Buat dirimu senyaman mungkin saat naik pesawat dengan eksistensi scarf yang sudah kamu bawa dari rumah. Selain sebagai penghangat, sedikit rasa empuk bisa dirasa saat kamu pingin tidur. Walau pun nggak empuk-empuk banget, bisa kamu jadikan sebagai bantal alternatif, kan?

3. Sebagai item kesayangan cowok, jaket ber-hoodie jangan sampe kelupaan. Simple, nyaman, menghangatkan!

Pake hoodie aja~ via www.usmagazine.com

Sebagai kaum yang nggak suka ribet dalam berpakaian, jaket ber-hoodie adalah item kesayangan yang selalu dipunya oleh cowok. Rasa nyaman yang bisa diandalkan saat cuaca dingin menyergap ditambah lagi dengan sekali pakai, nggak bisa ditepis. Sambil bawa koper lalu naik pesawat, jaket ini jangan sampe terlewat. Nggak hanya buat cowok, untuk cewek yang ingin berjaga-jaga bawa jaket pun nggak masalah. Kalau terasa dingin, bisa langsung dipake!

4. Daripada pake baju ketat, kemeja longgar pun layak kamu pake. Sepatu nggak perlu tingi-tingi, yang penting pas dirasa kaki.

Kemeja dan sepatu via www.bloglovin.com

Untuk perjalanan jauh, kamu perlu punya skill khusus buat memilih-milih baju yang akan kamu kenakan. Tetap menawan waktu naik kereta, pake baju yang terlalu ketat bukanlah jawaban terbaik. Malah kamu nggak akan dibuat nyaman selama perjalanan. Punya kemeja longgar yang tertumpuk rapi di lemari? Pakai saja! Terlihat lebih rapi pun tak akan ada yang menyalahkan.

Ditambah lagi untuk alas kaki. Supaya lebih nyaman saat berjalan di atas transportasi umum ini, mending pake sepatu yang nyaman seperti sepatu teplek, slip on, atau sepatu kets kesayanganmu. Pake sepatu berhak tinggi pun nggak masalah, tapi apakah lebih enak saat kamu nggak bikin tumitmu ngilu terus-terusan?

5. Berkemeja sambil pake tas keril bisa jadi sekece ini. Pake hijab hitam saja udah cukup, kok

Bawa tas keril pun tetap cantik @ditiatri via www.instagram.com

Mau travelling dengan jasa kereta api sudah pernah dijajal oleh banyak orang. Mau bawa tas keril pun muat jika ditaruh di sana. Mau pakai kemeja kotak-kotak nggak masalah, apalagi buat kamu yang berhijab. Kamu tetap bisa keliatan penuh pesona saat pakai hijab warna hitam. Terkesan rapi sambil bawa tas besar ini nggak akan sekadar terhenti di angan.

6. Stok masker jangan ditinggal di kamar saja. Benda ini jadi penyelamat saat kamu tiba-tiba ketiduran

Mampir dulu beli masker via onehallyu.com

Jika kekebalan tubuh sudah mulai lemah, selain mengonsumsi obat dan banyak istirahat kamu juga perlu buat pake masker. Biar virusnya nggak menyebar ke teman-temanmu. Benda yang mudah didapat dimana saja ini bisa jadi penyelamatmu ketika ngantuk tiba-tiba melanda saat naik transportasi umum, lho. Ekspresi wajah yang nggak bisa dikontrol waktu tidur, bisa tertutupi walau hanya di bagian hidung hingga mulut. Saat nggak sengaja ngiler, kamu nggak malu-malu banget kan saat pake masker. Hehehe.

7. Nggak melulu celana, mau pake long dress atau rok juga boleh. Sesuaikan dengan mood dan cuaca di luar juga

Sesuai mood aja via www.popsugar.com

Pake celana memang bikin nyaman. Mau duduk model apa, tetap tertutup sempurna. Banyak gerak pun bukan kendala. Tapi, mood memang nggak bisa ditebak. Jika hati sedang ingin pake long dress atau rok, pakai saja tanpa perlu segan. Kamu bisa menyesuaikan dengan cuaca di tempat tujuanmu juga, kok.

8. Berbekal kaos stripes saja, tampil kece buat cowok saat naik kereta api layak dicoba. Mau langsung beraktivitas pun bisa

Kaos stripes yang woles via famousoutfits.com

Tampil sederhana memang yang paling disuka kaum adam. Mau bepergian naik kereta api atau pesawat, dengan kaos bermotif stripes ini penampilan keren ini bisa didapat. Ditambah lagi dengan lengan panjang, cukup menghangatkan tanpa harus pake jaket. Mau langsung beraktivitas setelah sampai di stasiun tujuan, bisa langsung dilakukan tanpa perlu ganti baju lagi.

9. Dalam satu gambaran, cowok lebih suka jalan dengan outfit ini. Jaket, celana, jeans, dan sepatu kets.

Kayak gini nih via www.vogue.com

Jika kamu penasaran dengan outfit yang dipake cowok, paket komplit inilah yang akan kamu dapati. Jaket, kaos, celana jeans, dan sepatu kets. Pilihan mutlak yang pasti bikin mereka nyaman dan nggak ribet.

10. Tempat tujuan lagi bercuaca dingin, pakai saja coat tebalmu. Sekalian scarf, warna hijab bisa mengikuti.

Mau pake coat nggak ada larangan kok via www.instagram.com

Selain dipake untuk bikin kamu nyaman dan nggak kedinginan di pesawat atau kereta, kamu juga harus mempertimbangkan dengan cuaca di tempat tujuanmu. Daripada ribet mengambil dari tas, pakai saja coat tebalmu saat naik pesawat. Saat turun pun kamu bisa langsung mengambil tasmu dan meluncur ke tempat tujuan. Sekalian pakai scarf juga bisa kamu coba. Untuk warna hijab, bisa disesuaikan kok. Pakai warna netral juga lebih aman. Tas atau koper jadi nggak terasa berat, kan?

Memilih baju yang akan dipakai buat berangkat travelling dengan transportasi umum sebenarnya nggak ribet kok. Sesuaikan saja dengan kondisi AC saat naik, kenyamanan buat kamu, hingga cuaca di destinasimu nantinya. Walau sedang dalam perjalanan, tetap bisa tampil menawan, kan? Selamat mecoba! 🙂