Seiring berkembangnya fashion di Indonesia, Batik sebagai ikon kain tradisional pun mengikuti arus perkembangannya. Kini motif batik menjadi semakin beragam, nggak hanya hitam, putih atau coklat. Selain motif, jenis pakaian dari kain batik juga semakin banyak pilihannya, mulai dari celana, rok, blousse, vest hingga dress.

Bahkan model-model pakainnya itu bisa dibilang mengikuti perkembangan style yang ada. Salah satunya dress, untuk memenuhi dan mengimbangi kebutuhan fashion dengan trend yang ada, potongan model dress semakin stylish. Pastinya dress batik ini bisa dipakai ke segala kegiatan, mulai dari sekedar hangout, ke kampus, kantor, hingga ke kondangan.

Nah, untuk membantu kamu memilah-milah style dress batik lucu yang cocok untuk semua kegiatan. Kali ini Hipwee Style akan memberikan beberapa contoh pilihannya. Dijamin dress-dress ini nggak akan terlihat seperti daster kok! Yuk disimak, girls.

1. Maxi Dress batik berpola klasik yang di pakai Mbak Andien juga cocok buat kamu yang berhijab. Tinggal kasih outer seperti cardigan atau blazer.

maxi Dress via id.pinterest.com

Keklasikan motif parang pada batik nggak akan pernah lekang oleh waktu. Justru motif ini jadi salah satu andalan untuk membuat penampilanmu elegan. Contohnya maxi dress yang dipakai oleh Mbak Andien. Ptongannya memang sederhana, Hanya berhiaskan obi, tapi tak lantas membuat dress ini terlihat seperti daster kan.

Advertisement

Oh iya, maxi dress ini juga sah-sah aja untuk dipakai sama kamu yang berhijab. Kamu tinggal memadukannya dengan outer seperti cardigan atau blazer dengan warna cream atau coklat. Jangan lupa juga pashmina atau jilbab yang kamu pilih pun berwarna senada. 🙂

2. Dress batik dengan gabungan dua motif, ditambah layer tumpuk di rok, terlihat lebih playfull dan lebih awet muda.

Dress batik dua motif via id.pinterest.com

Sekarang ini juga ada banyak kain batik yang gabungan dari dua motif,. Selain menghilangkan kesan monoton, gabungan dua motif ini pun bisa memberi kesan playfull. Apalagi kalau dibentuk menjadi dress dengan tumpukan layer di rok, serta adanya pembagian gradasi motif antara bagian atas dan bawah. Dijamin penampilan kamu lebih imut dan pastinya awet muda.

3. Batik ternyata juga bisa jadi Cheongsam, ditambah adanya perpaduan motif parang dan motif khas Tiongkok, wah kelihatan lebih unik.

Bagaimana kalau motif batik ini digabung dengan motif khas Tiongkok? Wah pastinya jadi lebih unik. Seperti pilihan style batik di atas, yang modelnya dress-nya pun mengambil potongan Cheongsam-pakaian khas Tiongkok untuk wanita. Cocok banget buat kamu yang ingin tampil segar dan mencolok. Bisa juga jadi rekomendasi untuk acara imlekan kamu nanti. 🙂

4. Motif parang hitam putih yang dibuat dress berpotongan sepan dengan turtleneck bisa banget diandalkan untuk busana kondangan

Motif parang hitam putih via id.pinterest.com

Batik jadi salah satu busana andalan untuk kondangan. Tapi biar penampilan kamu nggak biasa dan lebih menawan, pilih dress batik yang berpotongan sederhana tapi tetap memberi kesan elegan, seperti dress bermotif parang hitam putih di atas. Potongannya dress yang merupakan perpaduan sepan dan turtlneck ini dijamin bisa jadi andalan busana kamu untuk kondangan. Dress ini jika ditumpuk dengan outer juga bisa loh dipakai oleh kamu yang berhijab. Nggak usah khawatir, penampilan hijabmu pun tetap terlihat sopan.

5. Perpaduan dua motif batik dengan potongan sepan yang juga dipadu layer di bagian atas, cocok sama kamu yang emang sophisticated.

Dress batik via www.instagram.com

Buat kamu yang sophisticated, kamu masih sering ragu kalau batik kurang bisa membuat penampilanmu maksimal. Eh, tunggu dulu, coba deh kamu tengok model dress batik satu ini. Perpaduan dua motif batik dengan potongan sepan yang juga dipadu layer seperti jubah ini nggak akan buat kamu menyesal memilihnya.

6. Ingin tampil menawan tapi tetap sederhana, dress batik coklat berhiaskan obi ini bisa kamu padukan dengan flat shoes berwarna hitam.

Dress batik via www.instagram.com

Pengen pergi ke kantor dengan batik, tapi nggak yang berlebihan atau tetap sederhana. Pilih aja batik motif waru berwarna coklat yang potongannya polos dan cuma berhias obi. Padukan juga dengan flat shoes berwarna hitam polos. Pastinya meski sederhana, kamu bakal tetap terlihat menawan lho!

7. Dress batik kamu juga bisa dibuat hangout, padukan saja dengan legging dan sepatu boots. Jangn lupa tambah aksesoris etnik ya!

Hangout bareng keluarga atau teman pakai batik sah-sah aja. Batik ini fleksibel kok, asalkan kamu bisa memadukannya dengan item fashion yang lain dengan pas. Seperti style Evita Nuh, di mana dress batik bermotif bunganya dipadukan dengan legging dan sepatu boots. Leggging dan sepatu yang kamu pilih memberi jaminan untuk bisa bergerak lebih leluasa.

8. Kain batik juga sah-sah aja di model seperti kaftan. Hijabmu pun tetap terkesan sopan dan anggun.

Batik kaftan via www.femalesia.com

Selain dress, batik juga bisa dimodel seperti kaftan. Nggak perlu khawatir terlihat aneh, justru motifnya yang bergam membuat kaftan kamu terlihat lebih seru. Untuk yang berhijab, kaftan batik ini pun tetap menjamin penampilanmu sopan dan anggun. Kalau mau terlihat lebih segar, ceria dan awet muda, kamu bisa memilih motif bunga yang lebih renggang dan warna yang lebih cerah. Siap deh ke kondangan, kantor ataupun sekedar bersilahturahmi ke rumah kerabar atau sodara.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya